KESEHATAN
30 April 2020

5 Penyakit Bawaan yang Membuat Infeksi COVID-19 Menjadi Fatal

Penyakit ini juga lebih rentan terinfeksi virus corona
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hingga per tanggal 30 April 2020, sudah ada lebih dari 3 juta jiwa yang terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia, dengan total angka kematian lebih dari 200.000 jiwa.

Virus corona dapat memberikan gejala ringan hingga berat, yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan orang terinfeksi tersebut. Khususnya pada orang dengan penyakit bawaan, terinfeksi COVID-19 bisa jadi hal yang fatal.

Lalu, apa saja penyakit bawaan yang bisa memperparah infeksi COVID-19 menjadi sesuatu yang mematikan? Berikut ini penjelasannya, Moms.

Baca Juga: COVID-19 Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anak, Ini Langkah yang Dapat Dilakukan

Penyakit Bawaan yang Memperparah COVID-19

Pada Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dijelaskan bahwa pasien dengan infeksi COVID-19 yang serius atau fatal cenderung memiliki setidaknya satu kondisi kesehatan utama yang mendasarinya.

Penyakit bawaan yang bisa membuat infeksi COVID-19 fatal yaitu diabetes, penyakit kardiovaskular, gangguan pernapasan, penyakit ginjal, dan kanker.

1. Diabetes

penyakit bawaan-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal American Diabetes Association, disebutkan bahwa orang dengan penyakit bawaan diabetes, terutama diabetes melitus tipe 1, punya peningkatan risiko infeksi yang serius.

Mengutip International Diabetes Federation, ketika orang dengan diabetes mengembangkan infeksi virus COVID-19, bisa lebih sulit diobati karena fluktuasi kadar glukosa darah dan, mungkin, adanya komplikasi diabetes.

Alasannya mungkin ada dua. Pertama, sistem kekebalan terganggu, membuat tubuh lebih sulit melawan virus dan proses pemulihan lebih lama. Kedua, virus dapat berkembang di daerah dengan kadar glukosa darah yang tinggi.

Baca Juga: Daftar Rujukan Rumah Sakit COVID-19 di Indonesia

2. Penyakit Kardiovaskular

penyakit bawaan-2

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit kardiovaskular juga termasuk dalam penyakit bawaan yang dapat memperparah infeksi dari COVID-19. Mengutip American Heart Association, kondisi yang termasuk dalam penyakit kardiovaskular adalah:

  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Aritmia (detak jantung abnormal)
  • Masalah katup jantung

3. Gangguan Pernapasan

penyakit bawaan-3

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit asma termasuk salah satu gangguan pernapasan yang termasuk penyakit bawaan. Melansir Partners Asthma Center, jika salah satu dari orang tua biologis punya asma, maka kemungkinan besar anaknya akan menderita asma.

Asma dan gangguan paru obstruktif kronis melibatkan penurunan fungsi paru-paru. Pasien dengan kondisi ini sering menggunakan obat penekan kekebalan kortikosteroid, yang mengurangi kekebalan terhadap infeksi pernapasan.

Secara umum, setiap kondisi medis serius dapat membuat organ vital kurang mampu menahan tekanan biologis yang disebabkan oleh infeksi. Dampaknya, mengakibatkan peradangan.

Baca Juga: 10 Mitos dan Fakta Tentang Virus Corona yang Harus Moms Ketahui

4. Penyakit Ginjal

penyakit bawaan-4

Foto: Orami Photo Stock

Lebih khususnya, CDC menyebutkan penderita penyakit ginjal kronis yang menjalani dialisis atau cuci darah, juga termasuk kelompok yang rentan memiliki infeksi COVID-19 yang fatal.

Tetapi, perlu dicatat bahwa orang dengan penyakit ginjal kronis tahap awal belum tentu langsung menjalani cuci darah. Pada situs DaVita, prosedur cuci darah atau transplantasi ginjal dibutuhkan bila terjadi gagal ginjal.

Selain itu, penggunaan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) juga dapat menekan fungsi kerja ginjal, menyebabkan penyakit ginjal kronis.

"Penggunaan NSAID seperti ibuprofen untuk kondisi kronis seperti radang sendi, dapat menekan ginjal ketika dikonsumsi dalam jangka panjang dan bahkan menyebabkan penyakit ginjal kronis," jelas Dr. Fred Pelzman, profesor kedokteran klinis di Weill Cornell Medicine.

Dampaknya, kondisi ini berpotensi menimbulkan masalah terhadap infeksi COVID-19 karena infeksi sering menyerang ginjal.

5. Kanker

penyakit bawaan-5

Foto: Orami Photo Stock

Orang yang mengidap penyakit bawaan kanker juga dapat memiliki infeksi COVID-19 yang fatal. Hal ini karena jenis perawatan yang didapatkan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Mengutip Cornell University, sistem kekebalan yang sangat lemah, misalnya karena perawatan kanker, atau kondisi lain yang mengharuskan pasien minum obat penekan kekebalan, dapat membuat mereka lebih rentan terinfeksi COVID-19 dengan kondisi serius.

Itu dia Moms, beberapa daftar penyakit bawaan yang bisa mengakibatkan dampak yang fatal dari infeksi virus COVID-19.

Artikel Terkait