DI ATAS 5 TAHUN
28 Juni 2019

Waspada, 4 Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Demam Pada Anak

Jangan disepelekan, bisa jadi karena penyakit yang berbahaya lho Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Penyakit demam pada anak bisa datang kapan saja tanpa kita duga. Beberapa jam yang lalu kita bisa melihat Si Kecil dalam kondisi yang baik-baik saja, lalu beberapa jam kemudian, panas demam menyerang tubuhnya. Pasti Moms mendadak panik jika mengalami kondisi seperti ini.

Namun, demam pada anak bisa jadi merupakan salah satu gejala dari penyakit yang ringan maupun berbahaya, sehingga memerlukan penanganan yang lebih lanjut. Kira-kira apa saja penyakit yang menyebabkan demam pada anak? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips Efektif Mengatasi Demam Setelah Imunisasi pada Anak

1. Peradangan Otak

demam pada anak

Demam pada anak, bisa jadi tanda penyakit meningitis atau peradangan otak. Si Kecil yang menderita penyakit ini akan mengalami demam tinggi, yang juga disertai dengan sakit kepala hingga kejang-kejang.

Untuk itu, Moms harus segera membawa anak untuk mendapatkan penanganan medis dari dokter. Jika terlambat ditangani, bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan otak hingga kematian. Jadi jangan ragu untuk memeriksakan anak ya Moms.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Menurunkan Panas Saat Anak Demam

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

demam pada anak

Sesuai namanya, penyakit ini ditandai dengan gejala demam pada anak. Saat terserang DBD, anak akan mengalami demam tinggi yang terkadang disertai dengan menggigil. Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah membawa anak mendapat perawatan medis.

Beberapa gejala lainnya yang akan kita temui adalah penurunan trombosit, mengalami mual-mual, pusing, hingga muntah-muntah. Selain itu, bintik-bintik merah juga akan mulai terlihat di kulit Si Kecil. Makanya, tetap waspada ya Moms.

3. Tifus

demam pada anak

Tifus sama berbahayanya dengan penyakit demam berdarah dan meningitis. Penyakit satu ini hampir pernah dialami oleh semua orang.

Bagian tubuh yang pertama kali diserang oleh penyakit ini adalah organ pencernaan. Jika sudah begitu, maka anak akan mengalami demam tinggi juga. Demam ini disertai dengan gejala lain seperi pusing, nyeri pada tubuh, hingga diare.

Penyakit ini agak susah dideteksi, makanya diperlukan tes darah untuk mengetahui apakah Si Kecil benar terserang tifus atau tidak.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Bahayanya Demam Berdarah Saat Kehamilan

4. Flu

demam pada anak

Flu atau influenza adalah penyakit infeksi virus yang bisa ditularkan melalui bersin atau batuk pada anak. Biasanya flu bisa sembuh dengan cepat, namun pada kondisi tertentu bisa juga tidak dan malah menyebabkan demam pada anak.

Jika flu yang diderita masuk kategori berat, Si Kecil akan mulai mengalami demam tinggi hingga 38 derajat celcius ke atas. Hal ini diikuti juga dengan merasa sakit pada sekujur tubuh, badan lemas, dan sakit kepala.

"Jika demam pada anak disebabkan karena penyakit ringan, kami selalu merekomendasikan perawatan suportif," kata Dr. Estevan Garcia, wakil ketua kedokteran darurat di Maimonedes Medical Center di Brooklyn. "Pastikan mereka terhidrasi dengan baik dan makan dan minum yang cukup,” lanjutnya.

Itulah beberapa penyakit penyebab demam pada anak. Moms tidak perlu khawatir dengan demam yang timbul. Justru demam adalah pertanda baik bahwa tubuh melawan racun yang ada dalam tubuh.

Artikel Terkait