TRIMESTER 1
3 Juli 2019

5 Penyakit Langganan Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

Kaki dan tangan yang bengkak bisa jadi indikasi Moms sedang terserang salah satu penyakit ini lho
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat hamil, Moms cenderung mengabaikan setiap masalah kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan. Misalnya sesak napas, hal ini bisa disebabkan oleh berat badan Moms yang semakin bertambah. Kaki menjadi bengkak? Juga hal yang biasa jika kita sedang hamil.

Meski terlihat sepele, hal-hal ini sebenarnya bisa menjadi pertanda bahwa sebenarnya tubuh kita sedang berjuang melawan penyakit atau kondisi tertentu yang memerlukan perawatan khusus. Bahkan saat hamil, Moms berisiko terserang berbagai penyakit, karena kondisi kekebalan tubuh kita sedang lemah.

"Wanita hamil lebih rentan terhadap penyakit. Mereka memiliki respons yang lebih signifikan daripada wanita yang tidak hamil, dan perawatan yang dibutuhkan mungkin terbatas karena kekhawatiran akan janin," kata Jason James, direktur medis di Miami's FemCare Ob-Gyn.

Nah, untuk Moms yang sedang membaca artikel ini dan sedang dalam kondisi hamil, yuk waspadai beberapa penyakit ibu hamil yang rentan terjadi ini!

Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan?

1. Preeklamsia

penyakit pada ibu hamil

Mengutip dari Mayo Clinic, preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang seringkali ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kerusakan organ-organ tubuh lainnya, seperti ginjal.

Penyakit ibu hamil ini biasa mulai terjadi saat usia kehamilan mulai memasuki usia ke-20 minggu atau lebih hingga saat Moms akan melahirkan.

Jika dibiarkan dan tidak ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius pada ibu dan bayi, termasuk kekurangan darah untuk plasenta. Selain itu, risiko penyakit jantung juga lebih rentan terjadi.

Gejala umum preeklamsia seperti bengkak pada tangan dan kaki, sesak napas, sakit kepala, dan berkurangnya volume urin.

2. Penyakit Kelima (Fifth Disease)

penyakit pada ibu hamil

Mengutip dari Centers for Disease Control and Prevention, penyakit kelima adalah penyakit ruam ringan pada ibu hamil yan disebabkan oleh parvovirus B19.

“Meskipun tidak berbahaya dan membawa dampak buruk bagi ibu hamil dan calon bayi, penyakit ini mampu menyebabkan konsekuensi kehamilan yang serius,” ujar James.

Bahkan dalam beberapa kasus, bayi akan mengalami anemia berat yang disebabkan oleh infeksi penyakit kelima pada ibu, hingga risiko keguguran.

Baca Juga: 5 Dampak Terhadap Janin Apabila Ibu Hamil Menderita Penyakit Autoimun

3. Depresi

penyakit pada ibu hamil

“Jika tidak ditangani dengan serius, maka akan menyebabkan implikasi yang besar pada kehamilan ibu,” ungkap Sherry Ross, pakar kesehatan wanita di Pusat Kesehatan Saint John Providence di California.

Banyak wanita hamil yang juga mengalami beberapa bentuk depresi atau kecemasan. Faktor-faktor seperti tidak bisa tidur nyenyak, fluktuasi hormonal, dan rasa tidak tidak siap tentang kehamilan dapat menyebabkan wanita hamil mengalami depresi.

Penyakit ibu hamil ini jika terus berlanjut, juga akan memengaruhi janin bahkan mengakibatkan bahaya keguguran.

4. Diabetes

100516_diabetesbloodtest_THUMB_LARGE.jpg

Moms mungkin pernah mendengar jika wanita yang sedang hamil bisa terserang diabetes gestasional, karena gula darah yang tinggi selama kehamilan. Namun, penyakit ini hanya terjadi saat hamil saja, begitu Moms sudah melahirkan, penyakit ini akan hilang dengan sendirinya.

“Sampai lima atau enam tahun terakhir, tidak disadari bawa penyakit ini hanya terjadi saat kita sedang hamil saja,” ucap Lauren Streicher, profesor kebidanan dan ginekologi klinis di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Moms yang menderita diabetes gestasional, perlu melakukan diet ketat untuk menekan penyakit selama kehamilandan perlu dipantau secara teratur pasca-kehamilan apakah berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Gestational Diabetes Saat Hamil

5. Kanker Payudara

penyakit pada ibu hamil

Penyakit ibu hamil selanjutnya adalah kanker payudara. Kanker payudara memiliki kaitan dengan kehamilan dan seringkali tergantung pada usia seseorang.

Mengutip dari Organisasi Kanker Payudara Susan G. Komen, wanita yang melahirkan anak pertamanya di usia yang muda, memiliki resiko terserang kanker payudara lebih besar. Mengapa? Hal ini erat kaitannya dengan sel payudara.

Saat hamil, sel-sel payudara kita bertumbuh dengan cepat. Kerusakan genetik apa pun yang terjadi ketika mereka tumbuh, dapat menyebabkan kanker payudara. Peluang kerusakan genetik ini meningkat seiring bertambahnya usia.

Itulah beberapa jenis penyakit ibu hamil yang rentan terjadi. Jadi persiapkan diri Moms ya jika tanda-tanda dari salah satu penyakit ini sudah muncul, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis pasti, sekaligus perawatan yang tepat.

Artikel Terkait