BAYI
16 September 2020

Si Kecil Mengalami Penyakit Lipoma pada Bayi, Apa Itu?

Apakah kondisi ini perlu dikhawatirkan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat memiliki anak, Moms tentu ingin agar Si Kecil tumbuh optimal dan tidak memiliki kondisi yang serius pada dirinya.

Namun, ada beberapa hal yang butuh perhatian tertentu, terutama bila Moms tidak mengerti kondisi apa yang sedang dialami Si Kecil. Salah satunya adalah lipoma pada bayi.

Mengutip WebMD, lipoma adalah gumpalan lemak yang tumbuh di jaringan lunak tubuh. Meskipun diklasifikasikan sebagai tumor, tetapi adanya lipoma pada bayi biasanya tidak berbahaya.

Lipoma merupakan tumor yang paling umum terbentuk di bawah kulit. Sekitar 1 dari setiap 1.000 orang akan mendapatkan satu di beberapa titik. Moms paling sering menemukannya di tubuh bagian atas, lengan, atau paha.

Cari tahu lebih lanjut tentang kondisi lipoma berikut ini, Moms.

Baca Juga: Bayi Demam, Akibat Tumbuh Gigi Atau Pilek?

Penyebab Lipoma pada Bayi

penyebab lipoma pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Sebelumnya, Moms sudah mengetahui bahwa lipoma adalah tumor jinak jaringan lunak yang paling sering timbul pada bayi berasal dari jaringan lemak.

Menurut dr. Rosary, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah - Pondok Indah, penyebab timbulnya lipoma pada bayi masih belum diketahui.

"Faktor genetik kemungkinan berperan, karena lipoma biasanya dapat ditemukan pada beberapa orang dalam satu keluarga. Lipoma juga lebih sering ditemukan pada seseorang dan keluarga yang memiliki berat badan berlebih," jelas dr. Rosary.

Selain itu, dijelaskan juga ada yang menghubungkan lipoma dengan kelainan kromosom atau gen tertentu.

"Lipoma juga lebih sering ditemukan pada seseorang yang memiliki kelainan genetik tertentu, misalnya gardner syndrome, atau familial multiple lipomatosis," lanjutnya.

Baca Juga: Diagnosis dan Penanganan Tumor Otak pada Anak

Gejala Lipoma pada Bayi

gejala lipoma pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya, kondisi lipoma pada bayi muncul sebagai benjolan kecil dan lunak dengan lebarnya kurang dari 5 cm, dan bisa ada lebih dari satu.

Saat Moms menekan lipoma, mungkin terasa seperti adonan yang bergerak dengan mudah dengan tekanan jari.

Benjolan adonan ini biasanya tidak sakit, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit jika menabrak saraf di dekatnya atau memiliki pembuluh darah yang mengalir melalui saraf tersebut.

"Biasanya benjolan ini dapat bertambah besar, namun secara perlahan. Sebagian besar lipoma terletak di bawah kulit, tetapi sebagian kecil juga dapat ada di dalam tubuh seperti dalam saluran cerna atau saluran napas," jelas dr. Rosary.

Lebih lanjut, dr. Rosary mengatakan bila lipoma yang ada di bawah kulit sering ditemukan pada area lengan bawah, badan, dan leher belakang.

Baca Juga: Disentri pada Bayi? Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Pengobatan Lipoma pada Bayi

pengobatan lipoma pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Journal of Surgical Technique and Case Report, lipoma adalah tumor jaringan lunak paling umum yang ditemukan dalam praktik klinis. Lipoma terkadang terdeteksi secara kebetulan sebagai massa kepadatan lemak radiolusen intraperitoneal pada CT scan.

Timbulnya lipoma pada bayi masih berupa spekulasi. Ada yang mengaitkan trauma dengan pembentukan lipoma, yaitu sel lemak menembus keluar melalui jaringan yang mengalami trauma, atau trauma yang menyebabkan pelepasan zat inflamasi yang merangsang pembentukan sel lemak.

Namun saat ini belum ditemukan hubungan yang pasti antara trauma dan pembentukan lipoma.

Menurut Stanford Children's Health, lipoma pada bayi umumnya tidak berbahaya.

Tetapi jika lipoma berubah bentuk, mungkin perlu tindakan biopsi. Perawatannya mungkin termasuk operasi pengangkatan jika lipoma mengganggu anak.

Menurut Kids Health, sebagian besar lipoma dapat dibiarkan tanpa perawatan, tetapi jika salah satunya membesar, terinfeksi, menyebabkan masalah dengan gerakan, atau nyeri, maka perlu diangkat.

Meskipun lipoma tidak dianggap sebagai kondisi medis yang berbahaya, benjolan yang tidak biasa harus selalu diperiksa oleh dokter untuk menyingkirkan kemungkinan yang lebih serius.

Itu dia Moms, segala hal yang bisa diketahui tentang lipoma pada bayi.

Artikel Terkait