KESEHATAN
13 Mei 2020

4 Penyakit Ini Dapat Menyerang Pankreas, Hati-hati!

Jaga kesehatan pankreas dengan baik agar terhindar dari berbagai gangguan pankreas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, jangan sepelekan kesehatan organ pencernaan di dalam tubuh, salah satunya pankreas.

Fungsi pankreas penting untuk penyerapan vitamin dan nutrisi dalam makanan, dan kadar glukosa yang seimbang berguna untuk kesejahteraan seluruh tubuh. Hal ini terkait dengan fungsi hati, ginjal, sistem saraf, otak, dan sistem kardiovaskular.

“Pankreas menghasilkan berbagai enzim untuk membantu memecah karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan untuk dijadikan energi. Pankreas juga menghasilkan hormon khusus yang melakukan perjalanan melalui darah dan membantu mengatur berbagai fungsi tubuh,” ungkap Dr. Dana Andersen, dokter spesialis bedah digestif di Bethesda, Maryland, dilansir dari News in Health.

Baca Juga: Jamur di Usus Bisa Memicu Kanker Pankreas, Benarkah?

Penyakit yang Dapat Menyerang Pankreas

penyakit pankreas 1.jpg

Foto: crowdresearch.uwa.edu.au

Waspada terhadap beberapa penyakit pankreas ini, yaitu:

1. Pankreatitis

Pankreatitis terjadi ketika pankreas mengalami peradangan, yang disebabkan karena enzim-enzim yang dihasilkan oleh organ pencernaan memicu reaksi kimia dan membahayakan kesehatan tubuh.

Penyakit pankreas ini bisa terjadi secara akut atau tiba-tiba dan sebabkan komplikasi dan kronis yaitu berkembang pelan-pelan.

Pankreatitis kronis dapat semakin parah ketika memiliki kebiasaan minum alkohol dan gaya hidup yang tidak sehat.

Akibat dari penyakit ini adalah fungsi pankreas mengalami penurunan dan mengganggu proses pencernaan di dalam tubuh.

2. Kanker Pankreas

Kanker pankreas disebabkan karena tumbuhnya tumor di dalam pankreas. Sayangnya, sulit untuk mendeteksi kanker pankreas sejak awal.

“Gejala kanker pankreas bisa saja terlihat tidak jelas, seperti sakit perut, sakit kuning, tubuh terasa gatal parah, penurunan berat badan secara drastis. Gejala awalnya bisa juga karena mual, muntah, dan masalah pencernaan,” ujar Jordan Knowlton, praktisi perawat di University of Florida Health Shands Hospital.

Adapun faktor yang meningkatkan risiko mengalami penyakit kanker pankreas adalah riwayat genetik, punya kebiasaan merokok atau minum alkohol, mengidap diabetes jangka panjang, dan pernah mengalami peradangan pada pankreas.

3. Diabetes

Ketika pankreas tidak dapat memproduksi insulin, maka terjadilah penyakit diabetes, baik tipe 1 dan tipe 2. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami berat badan berlebih atau obesitas.

Menurut Dr. Dana juga, obesitas bisa membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin, sehingga dibutuhkan lebih banyak insulin untuk mencapai pekerjaan metabolisme yang lancar di dalam tubuh.

Hal ini akhirnya memberikan tekanan pada pankreas. Ketika sudah mengidap diabetes, pengidap akan selalu membutuhkan suntik insulin karena pankreas yang dirusak oleh sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan agar Tidak Sakit Perut Lagi

4. Fibrosis Kistik

Fibrosis kistik adalah penyakit genetik yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket.

Akibatnya, terjadi penyumbatan pada beberapa organ tubuh, terutama paru-paru dan sistem pencernaan yang juga mengalami gangguan dan bahkan kerusakan. Pengidap diabetes yang fungsi pankreasnya juga sudah rusak rentan terkena penyakit ini.

Cara Menjaga Kesehatan Pankreas

penyakit pankreas 2.jpg

Foto: amopportunities.org

Agar tidak terkena penyakit yang menyerang pankreas, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, namun yang terutama adalah membiasakan memiliki gaya hidup sehat dan pola makan yang dijaga. Lebih lengkapnya, begini cara menjaga kesehatan pankreas, yaitu:

  • Pola makan dengan nutrisi seimbang dan rendah lemak. Perbanyak konsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  • Jaga berat badan agar tetap ideal dengan rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Hal ini untuk menghindari obesitas yang bisa mengancam kesehatan pankreas.
  • Batasi pengonsumsian alkohol dan hindari merokok. Kebiasaan konsumsi alkohol meningkatkan risiko pankreatitis akut dan kronis hingga kanker pankreas.
  • Melakukan pemeriksaan fisik tahunan, terlebih lagi jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker pankreas. Gejala awal kanker pankreas sulit dideteksi, sehingga dibutuhkan skrining medis untuk mengetahui dan menanganinya dengan lebih tepat.

Baca Juga: Coba 5 Hal Ini Agar Pencernaan Ibu Hamil Bebas dari Masalah

Itulah penyakit yang dapat menyerang pankreas, waspada karena dapat membahayakan kesehatan tubuh hingga menyebabkan kematian. Selalu jaga kesehatan pankreas mulai dari sekarang, ya!

Artikel Terkait