BAYI
7 Juli 2020

5 Penyakit yang Diturunkan Ayah Kepada Anak, Wajib Tahu!

Apa semua penyakit ayah secara genetis akan diderita anak juga kelak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bayi lahir dengan membawa gen orang tuanya. Anak laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu Y sedangkan anak perempuan memiliki dua kromosom X.
Jadi, ketika Moms dan Dads melihat sifat anak yang mirip itu tentu bukan kebetulan. Sayangnya gen tak hanya mewarisi sifat tapi juga resiko penyakit bawaan.

Baca Juga: Penyakit Keturunan Penyebab Batuk pada Bayi, Ini Dia Jenisnya

Penyakit yang Diturunkan Ayah ke Anak

Ada beberapa penyakit bawaan yang diturunkan langsung oleh ayah kepada anak. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Infertilitas

Lima Penyakit yang Diturunkan Ayah Kepada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit yang diturunkan ayah ke anak yang pertama adalah infertilitas. Studi menunjukkan bahwa pria yang memiliki jumlah sperma rendah dan mendapat fertilisasi in-vitro (IVF) dapat menularkan sifat infertilitas mereka kepada putra mereka.

Penelitian terbaru menyatakan bahwa infertilitas adalah salah satu sifat genetik yang diwarisi dari ayah.

Para ilmuwan telah mengamati peningkatan tingkat infertilitas kromosom Y di beberapa etnis, dengan hingga seperempat dari pria Jepang terkena kelainan tersebut.

Namun, ini dapat terjadi pada pria dari semua etnis. Satu-satunya cara untuk secara akurat menentukan apakah seorang pria membawa kelainan genetik terkait kromosom Y adalah melalui penyaringan pembawa genetik.

2. Hemofilia

Lima Penyakit yang Diturunkan Ayah Kepada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit yang diturunkan ayah ke anak yang selanjutnya adalah hemofilia. Hemofilia adalah kelainan darah yang biasanya diturunkan kepada anak laki-laki. Darah penderita hemofilia tidak menggumpal dengan baik karena kekurangan faktor pembekuan.

Ada dua jenis utama hemofilia: hemofilia tipe A, tipe B, dan tipe B Leyden yang kurang dikenal. Untuk yang terakhir, biasanya pasien mengalami episode perdarahan berlebihan di masa kanak-kanak, tetapi memiliki beberapa masalah perdarahan setelah pubertas.

Ada juga tipe C yang merupakan jenis hemofilia paling langka. Jenis hemofilia ini biasanya tidak diturunkan, tetapi terjadi secara spontan pada orang dewasa untuk alasan yang tidak diketahui.

Pola pewarisan hemofilia A, B, dan B Leyden diwarisi dalam pola terkait kromosom X karena gen yang bertanggung jawab untuk perkembangan bentuk-bentuk hemofilia ini terletak pada kromosom X.

Anak laki-laki lebih rentan karena memiliki satu kromosom X dan Y tadi. Sementara anak perempuan memiliki dua salinan kromosom X yang kecil kemungkinan baginya untuk mengembangkan penyakit kecuali anak perempuan ini mewarisi dua salinan mutasi dari orang tua yang menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Bagaimana Gen Ayah Memengaruhi Penyakit Turunan Pada Anak?

3. Talasemia

Lima Penyakit yang Diturunkan Ayah Kepada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit yang diturunkan ayah ke anak yang selanjutnya adalah talasemia. Talasemia terjadi ketika ada kelainan atau mutasi pada salah satu gen yang memproduksi hemoglobin.

Jika hanya salah satu dari orang tua yang menjadi pembawa talasemia, maka anak dapat mengembangkan suatu bentuk penyakit yang dikenal sebagai thalassemia minor. Biasanya ini tak memiliki gejala tapi rentan menjadi pembawa.

Sementara jika kedua orang tua adalah pembawa talasemia, maka sangat memungkinkan anak mewarisi bentuk penyakit talasemia yang lebih serius.

4. Diabetes

Lima Penyakit yang Diturunkan Ayah Kepada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit yang diturunkan ayah ke anak yang selanjutnya adalah diabetes. Diabetes diturunkan melalui sejumlah gen pengontrol yang memengaruhi sistem imun tubuh. Anak-anak penderita diabetes tipe 1 biasanya memiliki ayah yang juga mengidap diabetes tipe 1, dibandingkan ibu yang menderita penyakit sama.

Belum diketahui dengan pasti kontribusi gen-gen yang terletak pada kromosom seks dengan kejadian diabetes tipe 1.

5. Masalah Jantung

Lima Penyakit yang Diturunkan Ayah Kepada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit yang diturunkan ayah ke anak yang selanjutnya adalah masalah jantung. Dikutip dari Journal of Brasilian Society of Cardiology, anak juga dapat mewarisi gen dari ayah mereka yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Ini disebabkan oleh susunan genetik unik seorang ayah yang memiliki gen itu.

Masalah jantung biasanya diwariskan melalui kondisi kromosom X ayah maupun kromosom X pada ibu yang abnormal. Lebih dari 85 persen kasus penyakit jantung bawaan pada anak disebabkan oleh banyak faktor yang diwariskan.

Baca Juga: 5 Cara Memutuskan Warisan Emosi Negatif saat Hamil

Itulah beberapa penyakit yang bisa diturunkan dari ayah ke anak. Orang tua mungkin khawatir tentang anak-anak mereka yang mewarisi kelainan genetik yang sama dengan orang tuanya.

Oleh karena itu, mendidik diri sendiri tentang kesehatan sejarah keluarga adalah langkah yang baik sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

Dengan menggunakan informasi ini, calon orang tua dapat memeriksa tanda bahaya apa pun atau melihat opsi apa yang tersedia untuk didiskusikan dengan dokter.

Artikel Terkait