KESEHATAN
13 November 2019

Ibunda Nirina Zubir Meninggal Mendadak dalam Tidur, Ini Dia 4 Penyakit yang Jadi Penyebab Orang Meninggal dalam Tidur

Bisa disebabkan karena penyakit jantung

Sumber: Instagram.com/nirinazubir_

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kabar duka datang dari artis sekaligus pembawa acara cantik Nirina Zubir. Sang ibu, Cut Indria Martini, meninggal dunia pada Selasa (12/11/2019) di kediaman Nirina dan keluarga.

Dilansir dari laman Kompas, ibu Nirina Zubir meninggal dengan cukup mendadak, karena Nirina mengatakan ibunya meninggal dalam tidur, dan tidak menderita sakit apapun sebelumnya.

Cerita bermula saat Nirina bersiap-siap untuk berangkat kerja, namun sang adik memberitahunya bahwa sang ibu sudah terbujur kaku. Adik Nirina kemudian meminta bantuan pada Nirina untuk membangunkan ibunya, saat itu ibu Nirini sudah meninggal karena tubuhnya terasa dingin dan kaku.

Baca Juga: 6 Selebritis yang Terjangkit HIV/AIDS, Bahkan Ada yang Hingga Meninggal

Bahkan untuk lebih memastikan, Nirina meminta bantuan tetangganya yang dokter untuk memeriksa. Saat itu, dinyatakan bahwa ibu Nirina Zubir sudah meninggal.

“Meninggal dalam tidur bisa saja disebabkan karena seseorang tidak sadar bahwa dirinya memiliki penyakit yang fatal,” jelas Brandon Peters, ahli saraf dan dan spesialis kesehatan tidur.

Lalu apa saja penyakit yang jadi penyebab orang meninggal dalam tidur? Simak di bawah ini.

1. Aritmia Jantung

ibu nirina meninggal, penyakit yang menyebabkan orang meninggal mendadak

Foto: medium.com

Penyakit yang jadi penyebab orang meninggal dalam tidur yang pertama adalah artimia. Kasus kematian mendadak banyak terjadi pada orang-orang dengan usia 20-55 tahun.

Menurut Journal of the American Heart Association, penyebab orang meninggal secara mendadak pada orang dewasa bisa jadi kerena disebabkan penyakit jantung.

“Mereka yang meninggal secara tiba-tiba di malam hari atau siang hari bisa jadi menderita penyakit aritmia jantung,” jelas Dr. Candace Schoppe, ahli patologi forensik dan pemeriksa medis untuk Wilayah Dallas.

Baca Juga: Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak

Dengan irama jantung yang abnormal ini, pasokan listrik jantung terganggu. Jantung seseorang bisa menjadi sangat besar, baik karena mereka mengkonsumsi banyak alkohol atau memang gemuk.

Jantung juga bisa membesar karena kondisi jantung bawaan.

2. Sleep Apnea

ibu nirina meninggal, penyakit yang menyebabkan orang meninggal mendadak

Foto: healthline.com

Penyakit yang jadi penyebab orang meninggal dalam tidur yang selanjutnya adalah sleep apnea. Berdasarkan The New England Journal of Medicine, penyebab seseorang meninggal secara mendadak bisa terjadi karena sleep apnea.

Pasien yang menderita sleep apnea memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat masalah jantung antara jam 10 malam hingga 6 pagi. Pada populasi umum, waktu ini adalah yang paling tidak mungkin untuk kematian jantung mendadak.

3. Kekurangan Kalium

ibu nirina meninggal, penyakit yang menyebabkan orang meninggal mendadak

Foto: todaysparent.com

Penyakit yang jadi penyebab orang meninggal dalam tidur yang selanjutnya adalah kekurangan kalium.

Kekurangan kalium juga bisa menjadi penyebab orang meninggal secara mendadak. Istilahnya adalah hipokalemia. Keadaannya ini bisa mengakibatkan kelemahan dan kelumpuhan otot.

Selain itu, kelumpuhan akibat hipokalemik biasanya terjadi di tengah malam atau dini hari, yang konsisten menyebabkan orang meninggal secara mendadak.

Baca Juga: Catat, Ini Dia Bahayanya Jika Ibu Hamil Kurang Kalium

Makan karbohidrat yang berlebihan atau tekanan fisik dan mental lainnya merangsang perubahan kalium ke dalam sel pada malam hari, sehingga mengakibatkan gangguan pada kalium homoeostasis, yang menjadi penyebab orang meninggal secara mendadak.

4. Penyakit Keturunan dalam Keluarga

ibu nirina meninggal, penyakit yang menyebabkan orang meninggal mendadak

Foto: webmd.com

Penyakit yang jadi penyebab orang meninggal dalam tidur yang selanjutnya adalah penyakit keturunan.

Menurut Dr. Candace Schoppe, kondisi genetik yang dapat menyebabkan kematian mendadak termasuk "channelopathies."

Kelompok penyakit ini melibatkan gangguan dalam aliran ion seperti kalium, natrium dan kalsium di seluruh sel. Channelopathies bertanggung jawab atas aritmia jantung fatal pada orang yang lebih muda.

Channelopathies tertentu menyebabkan orang meninggal secara mendadak dalam tidur.

Itu dia Moms beberapa penyakit yang jadi penyebab orang meninggal secara mendadak dalam tidur.

Artikel Terkait