DI ATAS 5 TAHUN
9 Juni 2020

Penyebab Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah Dan Cara Mengatasinya

Kenapa ya, terkadang anak tantrum dan berulah setelah pulang sekolah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, pernahkah dibuat bingung dengan penyebab anak tantrum setelah pulang sekolah?

Apalagi kalau Si Kecil yang biasanya kalem dan ceria mendadak jadi pendiam, berulah, berteriak, atau tidak mau mendengarkan Moms sesampainya di rumah.

Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi anak tantrum setelah pulang sekolah? Silakan simak penjelasan berikut untuk tahu lebih banyak ya, Moms.

Penyebab Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah

Penyebab Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah Dan Cara Mengatasinya 1.jpg

Foto: Schoolnotices.co.uk

Psikoterapis asal Kanada Andrea Loewen Nair menyebutnya sebagai after school restraint collapse, sebuah fenomena dimana anak tidak lagi memiliki energi untuk mengendalikan diri atau menahan perasaan yang dipendamnya selama di sekolah, dan meluapkannya dalam bentuk meltdown, tangisan, tantrum, atau malah menutup diri.

Berbeda dengan tantrum biasa yang dilakukan anak untuk mendapatkan keinginannya atau mengetes batasan aturan orang tua, perilaku tidak biasa anak sepulang sekolah adalah caranya melepaskan stress dan lelah.

Moms mungkin tidak sadar, tapi selama di sekolah sebenarnya Si Kecil sudah berusaha sekuat tenaga bersikap baik pada guru dan teman, mengendalikan diri supaya bisa konsentrasi penuh di kelas, juga menahan rasa lelah dan kantuk. Apalagi tidak ada Moms yang biasa jadi tempat aman dan nyamannya.

Hal yang sangat menguras energi bagi anak yang kemampuan pengendalian diri, sosial, dan emosionalnya masih dalam tahap perkembangan.

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Tantrum Tanpa Bantuan Gadget

Hindari Ini Saat Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah

Penyebab Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah Dan Cara Mengatasinya 2.jpg

Foto: Todaysparent.com

Mendisiplinkan anak mungkin jadi insting pertama orang tua saat buah hati berulah, tapi lebih baik tahan diri untuk tidak melakukannya jika Si Kecil tantrum setelah pulang sekolah ya, Moms.

Kurang bijak pula kalau Moms langsung memberikan perintah atau menyuruhnya melakukan kewajiban di rumah segera setelah ia sampai di rumah, baik itu untuk menyelesaikan PR, mengerjakan tugas rumah tangga, dan lainnya.

Saat menghadapi penyebab anak tantrum setelah pulang sekolah, yang terpenting adalah mengutamakan empati dan mengajarkan pada anak kalau ia bisa melepaskan stress dan perasaan yang dipendamnya secara sehat.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Anak Tantrum di Depan Umum

Mengatasi Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah

Penyebab Anak Tantrum Setelah Pulang Sekolah Dan Cara Mengatasinya 3.jpg

Foto: Eatthis.com

Hal pertama dan paling sederhana yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi anak tantrum setelah pulang sekolah adalah dengan memberikan waktu tenang. Cukup sambut Si Kecil di rumah dengan senyuman dan pelukan hangat, lalu biarkan ia menghabiskan waktu sendiri selama beberapa saat.

Jika Moms menjemputnya di sekolah, berikan sedikit camilan untuk dimakan selama perjalanan pulang untuk mengganjal perutnya yang mungkin mulai merasa lapar. Tahan diri untuk tidak langsung memberondongnya dengan pertanyaan tentang pengalamannya hari itu.

“Moms juga bisa mendengarkan keluhan atau tangisan anak setelah pulang sekolah dengan penuh perhatian dan pengertian, tanpa menghakimi atau memberikan pendapat, supaya ia merasa lebih lega.” jelas psikoterapis anak Katie Hurley, LCSW, kepada pbs.org.

Pastikan dalam rutinitas harian anak juga ada cukup waktu untuk bermain dan menghabiskan waktu sendiri, beristirahat dengan teratur, serta bercengkrama dengan anggota keluarga lain ya, Moms.

Baca Juga: Balita Mengamuk? Ketahui Perbedaan Tantrum dan Sensory Meltdown

Saat sudah bisa menyesuaikan diri dengan suasana dan rutinitas sekolah, juga seiring dengan perkembangan sosial, emosional, mental, dan fisiknya yang semakin matang, penyebab anak tantrum setelah pulang sekolah juga akan hilang dengan sendirinya.

Nah, cara apa yang biasanya Moms lakukan untuk mengatasi anak tantrum setelah pulang sekolah?

Artikel Terkait