GAYA HIDUP
24 September 2019

Ini Penyebab dan Gejala Kanker Payudara pada Perempuan

Berbagai penyebab dan gejala kanker payudara yang wajib Moms diketahui.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tahukah Moms, kanker payudara merupakan kanker yang paling umum terjadi pada perempuan. Tidak hanya itu, kanker payudara juga menjadi penyebab utama kedua kematian setelah kanker paru-paru.

Pada tahun 2018, data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa telah ada 627.000 perempuan yang meninggal dunia karena penyakit ini. Memang cukup menakutkan, tetapi kanker payudara bisa dicegah sebelum lanjut ke stadium yang lebih parah.

Kemajuan teknologi medis, seperti adanya skrining, sudah meningkatkan tingkat kelangsungan hidup penderita kanker payudara. Menurut American Cancer Society (ACS), lebih dari 3,1 juta orang yang selamat dari kanker payudara di Amerika Serikat berkat adanya skrining tersebut.

Kanker payudara ini biasanya terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal pada payudara. Namun, apa saja penyebab kanker payudara? Simak informasi berikut ini.

Penyebab Kanker Payudara

beautiful-woman-breast-examination-by-herself-bse-breast-cancer-awareness-bse_1150-7640.jpg

Foto: Freepik.com

Setelah masa puber, payudara perempuan terdiri dari lemak, saluran payudara, lobulus, dan jaringan ikat. Kanker biasanya terbentuk di lobulus atau saluran payudara.

Lobulus merupakan kelenjar yang menghasilkan susu. Sedangkan saluran payudara merupakan tabung yang menjadi jalur untuk menyalurkan susu dari lobulus ke puting.

Kanker menyebabkan adanya sel berkembang biak secara tidak terkendali. Sel-sel yang tidak terkendali ini bisa menyerang jaringan payudara sehat lainnya dan dapat menuju ke kelenjar getah bening di bawah lengan.

Baca juga: Kata Siapa Pria Tak Bisa Terkena Kanker Payudara? Kenali Gejala dan Faktor Pemicunya!

Kelenjar getah bening ini merupakan jalur utama yang membantu sel-sel kanker bergerak ke bagian lain dari tubuh. Gaya hidup, faktor genetik, dan lingkungan sekitar diperkirakan menjadi penyebab terjadinya kanker payudara.

Gejala Kanker Payudara

beautiful-woman-breast-examination-by-herself-bse-breast-cancer-awareness-bse_1150-7640.jpg

Foto: Freepik.com

Di tahap awalnya, kanker payudara mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Dalam banyak kasus, tumor mungkin terlalu kecil untuk dirasakan, tetapi kelainan tersebut masih bisa dilihat melalui mammogram. Jika tumor bisa dirasakan, tanda pertama biasanya berupa benjolan baru di payudara yang sebelumnya tidak ada.

Baca juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

Namun perlu diingat, tidak semua benjolan adalah kanker. Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa hal ini bisa menjadi gejala kanker payudara yang harus Moms waspadai.

  • Adanya benjolan di payudara
  • Rasa nyeri di payudara
  • Timbul kemerahan
  • Bengkak di seluruh atau sebagian payudara
  • Kulit terkelupas di area puting
  • Perubahan ukuran di payudara
  • Adanya benjolan atau bengkak di bawah lengan.

Baca Juga: Jomblo dan Ibu Tidak Menyusui Berisiko Kanker Payudara, Lho!

Jadi, cobalah raba payudara Moms. Jika merasa ada benjolan disertai dengan gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter, ya!

(MA/KM)

Artikel Terkait