KEHAMILAN
28 Mei 2020

6 Penyebab Batuk Kering Saat Hamil dan Pengobatan Alaminya

Baik alergi hingga polutan udara ternyata menjadi salah satu penyebab batuk kering saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika Moms hamil, sistem kekebalan tubuh cenderung berubah sehingga rentan terkena pilek serta batuk. Nah, batuk kering pun kerap terjadi. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan yang berakibat aktifitas sehari-hari terhambat.

American Pregnancy Association mengungkapkan kabar baiknya walaupun Moms merasakan batuk kering biasanya tidak berbahaya bagi Si Kecil dalam kandungan. Namun, Moms penting untuk mengambil langkah-langkah preventif untuk menyembuhkan bahkan menghindari diri agar tidak terkena penyakit tersebut.

Baca Juga: Buah yang Aman Dikonsumsi dan Perlu Dihindari Saat Balita Batuk

Penyebab Batuk Kering Saat Hamil

Waspadai 3 Hal Ini Ketika Mengalami Batuk Saat Hamil 02.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Batuk kering merupakan batuk tidak produktif karena tak menghasilkan dahak atau lendir.

Tentunya, Moms pun jengkel dengan batuk kering ini yang memiliki sensasi menggelitik di tenggorokan.

Menurut Lawrence University, batuk kering disebabkan oleh infeksi seperti pilek dan flu, dan kadang-kadang karena iritasi tenggorokan dan alergi. Batuk kering yang persisten berhubungan dengan adanya iritasi dan mikroba di saluran udara. Lalu, apa saja penyebab batuk kering saat hamil?

1. Alergi

Penyebab batuk kering saat hamil menurut The University of Texas at Austin adalah alergi. Jika Moms mengalami alergi, paparan terhadap allergen dapat menyebab iritasi pada saluran udara dan menyebabkan batuk kering.

2. Kekebalan Tubuh Rendah

Moms, penyebab batuk kering saat hamil lainnya adalah kekebalan tubuh yang rendah sehingga membuat rentan terhadap berbagai infeksi dan alergi yang menyebabkan batuk kering.

3. Asma

Bila Moms sudah didiagnosis menderita asma sebelum kehamilan, ada kemungkinan berdasarkan MEDtube Science, akan mengalami sulit bernafas dan mengalami batuk kering saat hamil.

Baca Juga: Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

4. Rinitis Alergi

Ini adalah peradangan dan iritasi pada selaput lendir di dalam hidung, yang disebabkan oleh hipersensitivitas. Chest Foundation menerangkan kadar estrogen yang tinggi dalam tubuh dapat memperburuk kondisi ini, menjadi penyebab batuk kering saat hamil.

5. Infeksi virus

Pilek atau flu biasa yang disebabkan oleh infeksi virus cenderung menyebabkan batuk kering

6. Polutan Udara

Paparan polutan udara, seperti kabut asap, gas iritan, atau asap tembakau, yang mengiritasi bagian belakang tenggorokan dapat menyebabkan batuk kering.

Baca Juga:Bagaimana Mengatasi Batuk Kering Pada Bayi?

Pengobatan Rumahan untuk Batuk Kering saat Hamil

cepat hamil dengan obat batuk sirup hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stocks

Ketika mengalami batuk kering saat hamil, Moms pun pasti akan mencoba menghindari penggunaan obat-obatan secara sembarang. Nah, berikut ini bisa menjadi salah satu alternative pengobatan rumahan yang bisa dilakukan:

  • Tidur yang cukup untuk membantu menyembuhkan tubuh dan merangsang pemulihan
  • Minum jus jeruk untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredakan batuk kering.
  • Hindari alergen yang memperburuk batuk kering seperti debu, kotoran, dan polutan beracun.
  • Obat rumahan yang baik untuk batuk ekstrem adalah air hangat yang dicampur dengan jus lemon.
  • Mandilah dengan air hangat atau gunakan pelembab udara di kamar di malam hari untuk meningkatkan kadar air di udara dan meredakan batuk kering.
  • Berkumur dengan air garam suam-suam kuku bekerja di daerah yang meradang dan menghilangkan cairan berlebih
  • Berolahraga secara teratur untuk menangkal gejala batuk kering. Tambahan latihan ini dengan probiotik dan vitamin prenatal juga dianjurkan.
  • Minum banyak air akan membuat tetap terhidrasi dan membuang racun berbahaya, lendir, dan unsur asing lainnya dari tubuh.
  • Pasang pelembab untuk mengurangi hidung tersumbat
  • Jika batuk kering disebabkan oleh refluks asam, Moms dapat mengubah frekuensi dan jumlah makanan , dan mempertahankan posisi duduk, berdiri dan tidur yang sehat.
  • Campurkan setengah sendok teh khuskhus dan satu sendok teh madu dengan 3-4 sendok teh santan segar dan minum sebelum tidur sampai batuk sembuh.
  • Gosok dada berisi mentol dapat membuka saluran hidung dan memberikan bantuan segera.

Untuk menghindari batuk kering saat hamil, langkah terpenting yang harus diambil adalah mempertahankan gaya hidup sehat. Pastikan Moms makan bergizi, mendapatkan jumlah tidur yang diperlukan, dan berolahraga secara teratur. Selain itu, penting bagi untuk mengonsumsi vitamin prenatal, serta probiotik.

Baca Juga: Waspadai 3 Hal Ini Ketika Mengalami Batuk Saat Hamil

Artikel Terkait