KESEHATAN
10 Agustus 2019

Penyebab Demam dan Bagaimana Mengatasinya

Demam sebenarnya merupakan cara tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyakit yang umumnya menyerang semua orang, berapapun usianya adalah demam. Demam dikenal sebagai peningkatan suhu tubuh di atas suhu tubuh normal. Namun, suhu tubuh orang-orang bervariasi, sesuai dengan tingkat aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Demam adalah salah satu cara tubuh paling efektif dalam melawan infeksi. Suhu tubuh rata-rata adalah 98,6 ° F (37 ° C). Tetapi suhu tubuh "normal" bervariasi dari orang ke orang tergantung dengan aktivitas yang dilakukan masing-masing.

Baca Juga: 4 Perawatan di Rumah yang Bisa Dilakukan Saat Anak Demam

Ini juga berubah pada siang hari, suhu tubuh bisa saja meningkat saat makan atau berolahraga. Suhu tubuh seringkali lebih tinggi di sore hari daripada saat kita bangun di pagi hari.

Lalu apa penyebab demam pada tubuh sebenarnya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Demam Muncul pada Anak

penyebab demam, mengatasi demam

Foto: today.com

Infeksi pada tubuh seperti flu, bisa menjadi penyebab demam yang paling umum. Kondisi lain juga dapat menyebabkan demam. Ini termasuk penyakit peradangan, seperti rheumatoid arthritis, reaksi terhadap obat atau vaksin, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Mengutip dari Harvard Medical School, beberapa gejala lain yang menunjukkan demam tidaknya seseorang adalah:

Baca Juga: Ternyata Ini Alasannya Sup Ayam Dapat Sembuhkan Batuk dan Demam

  • gejala lainnya seperti batuk, sakit perut, muntah, diare, atau sakit saat buang air kecil
  • operasi atau cedera yang baru-baru ini terjadi
  • vaksinasi terbaru
  • reaksi tubuh terhadap obat baru yang mungkin sedang kita pakai
  • virus bawaan saat kita melakukan perjalanan terkini, khususnya perjalanan ke luar negeri.

“Saat gejala-gejala ini muncul pada anak-anak, jangan hanya memberi perhatian pada penyakitnya saja, namun lihat juga kenyamanan anak," kata Dr. Alan Nager, direktur obat-obatan darurat dan transportasi di Children's Hospital Los Angeles.

Cara Mengatasi Demam

penyebab demam, mengatasi demam

Foto: verywellhealth.com

Seperti yang telah disebutkan, demam adalah salah satu tanda bahwa tubuh sedang melawan suatu infeksi virus. Ketika tubuh kita telah berhasil melawan infeksi tersebut, demamnya akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Balita Muntah Tanpa Demam? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Obat penurun demam seperti asetaminofen atau ibuprofen akan membantu mengatasi demam dengan menurunkan suhu tubuh untuk sementara, tetapi demam akan kembali datang jika tubuh kita masih perlu melawan lebih banyak virus.

“Tidak perlu memberikan obat pereda demam hanya untuk menurunkan demam,” kata Dr. Julie Kardos, dokter anak di CHOP Primary Care, Newtown, PA.

Namun dilansir dari Harvard Medical School, cara sederhana tanpa perlu minum obat yang bisa Moms lakukan adalah dengan minum banyak cairan untuk mendinginkan tubuh dan mencegah dehidrasi, makan makanan yang mudah dicerna, istirahat yang banyak, dan mandi dengan air hangat.

Atau jika tidak ingin mandi, kita bisa melap tubuh dengan lap yang sudah dibasahkan dengan air hangat.

Artikel Terkait