KESEHATAN
27 September 2019

Penyebab Depresi Secara Biologis dan Psikologis, Simak Penjelasannya di Sini!

Masih penasaran apakah penyebab depresi sebenarnya? Kenali apa saja faktor biologis, psikologis penyebab depresi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

Depresi merupakan gangguan yang penyebabnya bisa multifaktor meski dalam beberapa kasus, pemicunya mungkin merupakan faktor tunggal. Namun, di banyak kasus, kombinasi beberapa faktorlah yang menjadi penyebab depresi.

Berikut ini, faktor-faktor utama yang bisa menjadi penyebab depresi. Yuk disimak!

1. Faktor Biologis

Penyebab insomnia faktor psikologis - depresi.jpg

Foto: dreamstime.com

Belum ada yang yakin 100 persen apa yang bisa melahirkan depresi. Salah satu teori yang dikembangkan adalah depresi lahir dari ketidakseimbangan zat yang terjadi secara alami di area yang disebut neurotransmiter, yaitu otak dan sumsum tulang belakang.

“Sampai sekarang, sebagian besar teori tentang penyebab biologis depresi telah berfokus pada gagasan bahwa depresi disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmiter seperti serotonin dan norepifenin,” ujar Dr. Lisa E. Kalynchuk, ahli depresi dari University of Victoria, Kanada.

Baca juga: Kenali Tanda dan Gejala Depresi pada Anak

2. Faktor Psikologis

Ini Dia yang Bisa Jadi Penyebab Depresi 03 elitedaily.com Alexey-Kuzma-girls.jpg

Foto: elitedaily.com

Setiap orang dipengaruhi oleh berbagai peristiwa. Bisa jadi peristiwanya sama, tetapi hasilnya berbeda untuk masing-masing individu. Pengalaman dan cara berpikir seseorang menentukan bagaimana ia menjalani kehidupan, dan bagaimana suatu peristiwa memengaruhi kemunculan depresinya.

Bibit negatif dalam pikiran seseorang bisa menjadi faktor psikologis penting yang menumbuhkan depresi. Terutama, saat dia harus melalui berbagai situasi sulit yang membuatnya menderita secara emosional,” ungkap Dr. David Gitlin, ketua American Psychiatric Association's Council on Psychosomatic Medicine dan wakil ketua klinis di Brigham and Women's Hospital, AS.

Bibit negatif ini bisa tumbuh dari pola asuh yang kaku dan sarat kritik. Pola asuh demikian dapat membentuk anak menjadi pesimis dan melihat dunia dengan cara negatif.

Baca juga: Mengenal Pola Asuh Hyper Parenting Dan Dampaknya Bagi Anak

Faktor Lingkungan

Depresi sering kali dipicu oleh situasi kehidupan yang sangat menegangkan atau peristiwa lain seperti kematian orang yang dicintai, pindah tempat tinggal, pindah sekolah, perceraian, kesulitan keuangan atau kehilangan pekerjaan.

Isolasi sosial

Ini Dia yang Bisa Jadi Penyebab Depresi 04 womenworking com.jpg

Foto: womenworking.com

Salah satu akar depresi adalah terjadinya konflik dengan seseorang atau kelompok yang membuat individu menjauh dari kelompok. Penyebabnya bisa saja masalah keluarga, pekerjaan yang tak ada habisnya, atau tempat kerja yang penuh tekanan. Bagi sebagian orang, masalah kesehatan, terutama yang kronis, menjadi penyebabnya.

Rasa kecewa atau takut yang muncul membuat dirinya tertekan. Kadang, sampai menarik diri dari kehidupan dan malas bertemu orang-orang yang sebenarnya ingin menghibur. Isolasi sosial ini membuatnya semakin larut dalam depresi.

Baca juga: Suami Merasa Tersisih dan Cemburu pada Teman, Lakukan 6 Hal ini

Moms, itulah penyebab depresi secara garis besar. Semoga Moms bisa lebih peduli dengan kesehatan mental, ya.

(HEN/DIN)

Artikel Terkait