BAYI
11 Februari 2020

6 Penyebab Diare pada Bayi, Jangan Panik Dulu!

Diare bisa membuat anak dehidrasi, maka perhatikan hal-hal berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Diare adalah cara tubuh membersihkan diri dari kuman, bisa berlangsung selama beberapa hari bahkan seminggu. Biasanya saat diare terjadi disertai juga dengan demam, mual, muntah, kram, dan dehidrasi.

Diare merupakan kondisi di mana kotoran yang dikeluarkan punya tekstur cair dan berair.

Pada sebagian kasus, diare bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tetapi untuk kasus yang lebih parah, diare bisa berlangsung sampai beberapa minggu dan bisa membuat tubuh jadi sangat lemas dan kekurangan cairan.

Penyebab Diare pada Bayi

Jika bayi Moms mengalami hal ini, segera konsultasikan ke dokter anak untuk perawatan secepatnya, ya. Lantas, sebenarnya apa sih penyebab diare pada bayi? Berikut daftarnya!

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

1. Infeksi

Penyebab Diare Pada Bayi1.jpg

Penyebab diare pada bayi yang pertama adalah infeksi. Dilansir dari US National Library of Medicine, diare pada bayi bisa disebabkan karena infeksi yang berasal dari virus, bakteri, atau parasit.

Bayi bisa mengambil kuman-kuman ini lewat kontak dengan makanan atau air yang tidak bersih. Bayi bisa saja menyentuh benda-benda berkuman dengan tangannya kemudian memasukkan tangannya ke dalam mulut.

Kejadian inilah yang bisa menyebabkan diare pada bayi.

2. Keracunan Makanan

Penyebab Diare Pada Bayi2.jpg

Penyebab diare pada bayi yang selanjutnya adalah keracunan makanan. Pada bayi yang sudah diberikan MPASI, keracunan makanan bisa jadi penyebab diare. Ada beberapa bahan makanan yang mungkin belum bisa diterima dengan baik oleh perut Si Kecil, maka terjadilah diare.

Gejalanya biasanya terjadi dengan cepat, disertai dengan muntah dan mual. Selain karena tidak cocok dengan bahan makanan, alat yang digunakan Si Kecil mungkin saja kotor sehingga membuat perutnya sakit dan diare.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

3. Penyakit Seliaka

Penyebab Diare Pada Bayi 6.jpg

Penyebab diare pada bayi yang selanjutnya adalah penyakit seliaka. Penyakit Seliaka atau Celiac disease merupakan reaksi tubuh ketika mengonsumsi bahan makanan yang mengandung gluten yakni protein yang ditemukan dalam gandum.

Pada beberapa anak, bawaan penyakit ini sudah ada dari kecil atau bersifat keturunan. Saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, usus kecil akan terluka dan menyebabkan diare.

4. Radang Usus

Penyebab Diare Pada Bayi3.jpg

Penyebab diare pada bayi yang selanjutnya adalah radang usus. Peradangan kronis pada saluran pencernaan, seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn bisa menyebabkan diare pada bayi.

Penyakit ini bisa memengaruhi bagian-bagian dari saluran pencernaan, mulai dari mulut ke anus. Namun, biasanya penyakit ini lebih sering terjadi pada bagian akhir usus kecil atau usus besar.

5. Penyebab Tidak Diketahui

Penyebab Diare Pada Bayi5.jpg

Penyebab diare pada bayi yang selanjutnya adalah penyebab yang tidak diketahui. Menurut mayoclinic.org, kadang-kadang, pada masa kanak-kanak terutama usia 1 sampai 3 tahun, ada suatu kondisi di mana anak akan mengalami diare tapi tidak diketahui penyebabnya.

Diare ini akan berlangsung selama beberapa hari dan akan sembuh dengan sendirinya. Pada jenis diare ini, anak tidak akan mengalami penurunan berat badan atau terhambatnya pertumbuhan.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

6. Penyebab-penyebab Lain

Penyebab Diare Pada Bayi4.jpg

Selain poin-poin di atas, ada pula penyebab diare pada bayi lainnya. Misalnya seperti intoleransi gula, iritasi usus, alergi makanan, alergi obat, atau terlalu banyak minum jus buah.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan diare pada bayi. Apabila diare berlanjut setelah lebih dari 3 hari disertai demam, mual, sedikit buang air kecil, mulut kering, atau menangis tanpa keluar air mata, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan secepatnya ya, Moms.

(SR/ERN)

Artikel Terkait