PERNIKAHAN & SEKS
12 Oktober 2019

Agar Bisa Diatasi, Kenali 5 Penyebab Ejakulasi Dini

Tidak perlu khawatir, ejakulasi dini dapat disembuhkan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria melakukan ejakulasi lebih cepat saat sedang berhubungan seks daripada yang diinginkan oleh pasangannya.

Keluhan ini sebenarnya merupakan hal yang umum terjadi pada pria. Dikutip dari mayoclinic.org sekitar 30%-40% pria pasti pernah mengalami masalah ini pada suatu waktu.

Selama itu jarang terjadi, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Pasangan Moms baru dapat dikatakan mengalami ejakulasi dini, jika:

  • Selalu atau seringkali melakukan ejakulasi dalam satu menit penetrasi
  • Tidak dapat menunda ejakulasi selama hubungan intim hampir sepanjang waktu
  • Merasa tertekan dan frustrasi, dan cenderung menghindari keintiman seksual akibat ejakulasi dini

Mengacu dari keterangan di atas, maka Orami.com telah merangkum penyebab ejakulasi dini yang umum dialami oleh pria.

1. Pengalaman Pertama

listicle 1.jpg

Dilansir dari Healthline, penyebab ejakulasi dini paling umum adalah karena pengalaman seksual awal, tetapi seiring waktu akan hilang saat sudah sering melakukan hubungan seksual.

Hal ini biasanya disebabkan karena ketidakmampuan seorang pria mengendalikan diri untuk melakukan ejakulasi saat seks pertama.

Namun setelahnya, biasanya mereka sudah terbiasa dan bisa melatih diri untuk menunda ejakulasi.

Baca Juga: Berpotensi Merusak Hubungan, Ini 3 Dampak Ejakulasi Dini Pada Pasangan

2. Stres

listicle 2.jpg

Stres memang memicu banyak sekali penyakit maupun kesehatan mental. Salah satunya, stres berlebihan menjadi salah satu faktor penyebab ejakulasi dini.

Saat seorang pria sedang mengalami stres , alam bawah sadar akan membuat hubungan seksual terasa tidak nyaman, sehingga ada kemungkinan untuk terjadi ejakulasi dini.

"Ejakulasi dini memiliki efek mendalam pada pria, baik yang muda maupun yang tua. Padahal, jika mereka dapat memahami penyebab ejakulasi dini, mereka akan paham jika ini merupakan kondisi kesehatan yang dapat disembuhkan. Jadi mereka tidak perlu lagi merasa menderita, malu, atau tidak nyaman," ungkap ahli urologi San Francisco, Ira Sharlip, MD, yang juga merupakan penulis Definisi Ejakulasi Dini ISSM .

3. Pertengkaran dengan Pasangan

listicle 3.jpg

Pertengkaran yang dialami pasangan dapat menyebabkan rasa percaya diri menurun dan berkurangnya gairah dalam melakukan hubungan intim.

Jika dibiarkan berlarut larut, maka akan menjadi penyebab ejakulasi dini yang berkepanjangan.

Maka jika ada masalah, akan lebih baik untuk diselesaikan terlebih dahulu supaya tidak ada perasaan tertekan antara satu sama lain.

Baca Juga: Apa Hubungan Antara Ejakulasi Dini dan Infertilitas Pada Pria?

4. Riwayat Pelecehan Seksual

listicle 4.jpg

Salah satu penyebab ejakulasi dini yang lain adalah pasangan pernah mengalami pelecehan seksual di masa lalunya.

Jika benar, maka baiknya Moms rangkul dan ajak bertemu dengan psikolog untuk menyembuhkan luka masa lalu pasangan.

Karena tentunya itu tidak akan mudah dan dapat diselesaikan begitu saja. Jangan menyerah ya Moms!

5. Kelelahan

listicle 5.jpg

Kelelahan juga dapat menjadi penyebab ejakulasi dini yang paling sering terjadi. Jika pasangan mengalami kesulitan mempertahankan ereksi dan mengalami ejakulasi dini, mungkin diakibatkan oleh perasaan lelah sehingga pasangan ingin terburu-buru mengakhirinya.

Karena hal ini adalah masalah yang umum bagi pria. Jadi perlu diingat, ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan jika hanya terjadi sesekali.

Baca Juga: Gairah Seks Menurun Usai Melahirkan, Apakah Ini Normal?

Jika pasangan Moms mengalami ejakulasi dini, jangan terburu-buru menghakimi atau merasa tidak puas dulu, karena hal ini dapat disembuhkan. Namun, jika ejakulasi dini terus menerus terjadi, coba periksakan ke ahlinya ya.

Artikel Terkait