BAYI
24 Januari 2020

Ini Penyebab Epilepsi pada Bayi, Yuk Cari Tahu!

Kelainan genetik hingga pendarahan otak bisa jadi penyebab epilepsi pada bayi
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berdasarkan penelitian, bayi yang lahir prematur memiliki risiko menderita epilepsi saat dewasa. Menurut Dr Amanda Freeman, Consultant Paediatrician di Rumah Sakit Queen Alexandra Hospital, Portsmouth, Inggris, risiko kejang pada bayi paling tinggi adalah pada tahun pertama setelah kelahiran dan khususnya dalam bulan pertama kehidupan.

"Namun, risiko tertinggi ada pada bayi yang lahir terlalu dini," papar Dr. Freeman seperti dilansir dari Epilepsy Action

Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi mengalami epilepsi berupa kejang. Namun, penyebab epilepsi pada bayi prematur dan bayi yang terlahir cukup umur, ternyata tidak sama. 

Dr. Freeman mengelompokkan usia bayi menjadi tiga kelompok untuk memudahkan mengindentifikasi penyebab epilepsi pada bayi bergantung pada kelompok usianya. 

  • Bayi prematur atau prematur (lahir sebelum 37 minggu)
  • Bayi baru lahir (bayi cukup bulan hingga usia satu bulan)
  • Bayi (bayi berusia antara 1 bulan hingga 1 tahun)

Baca Juga: Bayi Prematur Berisiko Tinggi Terkena Epilepsi, Benarkah?

Penyebab Epilepsi pada Bayi Prematur

Perlu Tahu, Ini Penyebab Epilepsi pada Bayi

Foto: freepik.com

Bayi yang lahir prematur sangat rentan terhadap cedera otak dan rentan terhadap kejang pada minggu-minggu pertama kehidupan.

Penyebab epilepsi pada bayi prematur yang paling umum pada bayi prematur adalah pendarahan otak dan infeksi, meskipun penyebabnya tidak diketahui untuk semua bayi. Bayi dengan berat badan lahir rendah tampaknya sangat berisiko mengalami kejang.

Penyebab Epilepsi pada Bayi

Perlu Tahu, Ini Penyebab Epilepsi pada Bayi

Foto: istockphoto.com

Berbeda dengan penyebab epilepsi pada bayi perematur, ada beberapa penyebab epilepsi pada bayi baru lahir dan bayi di bawah 1 tahun. berikut ulasannya.

Baca Juga: Benarkah Diet Ketogenik Baik Untuk Anak Penderita Epilepsi?

1. Penyebab Struktural 

Si Kecil dilahirkan tepat waktu tetapi kekurangan oksigen ke otak. Ini disebut hipoksia perinatal dan dapat menyebabkan cedera pada otak yang disebut 'ensefalopati hipoksik-iskemik' atau terlahir dengan beberapa kerusakan pada otak mereka. 

Ini disebut displasia serebral atau disgenesis. Otak serebral berarti berhubungan dengan otak. Displasia atau disgenesis berarti perkembangan yang tidak biasa

2. Penyebab Metabolik 

Penyebab epilepsi pada bayi lahir dan bayi di bawah 1 tahun juga bisa jadi karena faktor metabolik, antara lain memiliki kadar glukosa, kalsium, atau magnesium yang rendah dalam darah.

3. Penyebab Infeksi

Infeksi seperti meningitis atau ensefalitis juga bisa jadi penyebab epilepsi pada bayi baru lahir dan bayi di bawah 1 tahun.

4. Penyebab Genetik 

Genetik juga bisa jadi penyebab epilepsi pada bayi baru lahir. Kejang turunan yang sembuh sendiri, atau memiliki kelainan seperti kekurangan GLUT 1, atau kelainan genetik, seperti sindrom Ohtahara untuk bayi baru lahir dan sindrom Dravet untuk bayi di bawah 1 tahun.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Kualitas Hidup Anak Penderita Epilepsi

Nah, itulah beberapa penyebab epilepsi pada bayi. Jika Si Kecil kemungkinan memiliki satu atau lebih faktor risiko di atas, tidak ada salahnya Moms menemui dokter ya untuk mendapatkan saran medis.

Artikel Terkait