FASHION & BEAUTY
27 Juli 2019

Ketahui Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

Membersihkan wajah terlalu sering juga bisa picu jerawat
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Lokasi munculnya jerawat dapat menjadi tanda untuk menunjukan masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh, termasuk jerawat di dagu.

Pada jurnal dari Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology, menunjukkan bahwa jerawat di dagu dan rahang sering dikaitkan dengan masalah hormon, terutama pada wanita.

"Anda dapat mengidentifikasi tipe jerawat hormonal berdasarkan jenis yang muncul," kata Dr. Jonquille Chantrey, yang berspesialisasi dalam estetika, dikutip dari Women's Health.

Biasanya terjadi dalam bentuk jerawat cystic (besar, benjolan merah yang nyeri), atau komedo, dan disebabkan oleh peningkatan produksi minyak di bawah kulit.

"Dagu juga merupakan area yang mudah disentuh orang sepanjang waktu, misalnya menggunakan tangan untuk bersandar di meja, dapat menambah kotoran dan menyebarkan minyak dan sebum," jelasnya lagi.

Ia menambahkan, "Ini adalah kebiasaan yang harus dihindari, dan jelas, setiap jerawat harus dibiarkan dan jangan dimainkan dengan tangan."

Baca Juga: Yuk, Kenali Jerawat Pada Bayi

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

jerawat dagu

Jika Moms punya jerawat di dagu, ada beberapa perawatan untuk atasi jerawat yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Meskipun tidak semua perawatan bekerja untuk semua orang, tetapi kebanyakan jerawat bisa dihilangkan dengan cara ini.

Moms juga bisa menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk membantu mengeringkan jerawat dalam beberapa hari atau minggu.

Berikut tips mengatasi jerawat di dagu:.

  • Mulailah dengan mencuci muka atau setidaknya dagu dan rahang dengan pembersih yang lembut.
  • Untuk menurunkan kemerahan atau mengobati rasa sakit, oleskan es yang dibungkus kain bersih di sekitar area yang berjerawat setidaknya kurang dari lima menit.
  • Oleskan salep jerawat. Banyak orang memakai produk yang dijual bebas dengan kandungan 10% benzoil peroksida bisa mengatasi jerawat dengan baik.
  • Jangan memegang dagu, karena semakin jarang menyentuh wajah, maka akan semakin cepat kulit sembuh.
  • Bila masih belum membaik, bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk jenis jerawat yang membandel.

Baca Juga: Atasi Jerawat di Bokong Dengan 4 Cara Ini

Hal yang Dapat Memperparah Munculnya Jerawat

jerawat dagu-2

Selain mengetahui cara mengatasi jerawat di dagu, penting juga bagi Moms untuk memerhatikan hal-hal yang justru memperparah kondisi kulit dan menyebabkan jerawat.

  • Cuci muka tidak lebih dari dua kali sehari. Membersihkan terlalu sering dapat mengiritasi jerawat.
  • Hindari menggunakan loofah, waslap, dan scrub yang keras. Menggosok terlalu banyak dapat memperburuk jerawat.
  • Jangan pernah memencet jerawat. Ini dapat menyebabkan lebih banyak peradangan dan terbentuknya jaringan parut.
  • Jangan menggunakan produk perawatan kulit yang bisa mengeringkan kulit. Hindari astringen berbasis alkohol dan ingat untuk selalu melembapkan kulit.
  • Jangan pernah tidur ketika masih memakai riasan wajah. Selalu cuci muka sebelum tidur.
  • Jangan mencoba produk perawatan baru setiap minggu. Biarkan kulit beradaptasi terhadap produk perawatan baru selama beberapa minggu sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi jerawat di dagu yang harus Moms ketahui. Apakah Moms juga mengalami masalah jerawat di dagu?

Artikel Terkait