FASHION & BEAUTY
12 Mei 2020

Jerawat di Dahi Meradang, Ini Penyebabnya

Jerawat yang meradang di bagian dahi memang membuat tidak nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Jerawat menjadi masalah kulit yang dapat terjadi pada siapa saja. Umumnya, memang dimulai saat usia pubertas, namun dapat berlanjut ketika seseorang sudah memasuki usia dewasa.

Meskipun jerawat dapat muncul di bagian wajah mana saja, pada intinya masalah kulit ini disebabkan oleh penyumbatan pori-pori di kulit. Hal ini yang diungkapkan dalam American Dermatology of Association.

Jerawat di dahi kerap dialami oleh banyak orang. Selain penyumbatan sel kulit mati pada pori-pori wajah, sebenarnya banyak faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab jerawat di dahi menjadi meradang. Nah, ini ulasan selengkapnya.

Penyebab Jerawat di Dahi

Jerawat di Dahi Meradang, Ini Penyebabnya-2.jpg

Foto: max-wellness.com

Menurut Dr. Mara C. Weinstein Velez, dokter kulit di University of Rochester Medical Center, jerawat di dahi umumnya terjadi pada pemilik kulit yang berminyak.

Masalah pada pemilik kulit berminyak seperti pori-pori wajah yang tersumbat, wajah mudah kusam, dan akhirnya muncul komedo hingga jerawat.

Selain itu, faktor lainnya bisa menjadi penyebab jerawat di dahi, misalkan gaya rambut.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Mencegahnya

Gaya rambut berponi lebih berpotensi untuk sebabkan jerawat di dahi yang meradang. Poni rambut akan menjebak kotoran, minyak, dan produk rambut di daerah tersebut.

“Jerawat di dahi juga bisa disebabkan oleh ragi yang jatuh dari kulit kepala dan terperangkap di pori-pori sepanjang garis rambut ketika keringat berlebih dan minyak menumpuk di area tersebut,” ungkap Dr. Mara, menjelaskan.

Tidak hanya gaya rambut berponi, ternyata jerawat di dahi juga dapat dipicu oleh beberapa jenis produk rambut yang mungkin tidak cocok dengan Moms.

Jadi, lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan dan penataan untuk rambut, ya!

Faktor Penyebab Jerawat di Dahi Meradang

Jerawat di Dahi Meradang, Ini Penyebabnya-2.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, adapun hal lainnya yang bisa sebabkan jerawat di dahi meradang, yaitu seperti:

  • Perubahan hormon karena jerawat umum terjadi ketika kadar hormon berfluktuasi, seperti masa kehamilan atau menjelang menstruasi.
  • Tingkat stres yang tinggi juga dapat sebabkan jerawat.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu karena beberapa jenis obat dapat menyebabkan efek samping seperti jerawat.
  • Kurang menjaga kebersihan kulit dan rambut dengan baik juga berpotensi sebabkan penyumbatan pori-pori di kulit hingga sebabkan jerawat.
  • Iritasi kulit juga bisa sebabkan jerawat meradang di dahi. Seperti misalnya, memakai makeup yang tidak cocok dengan kulit di area dahi atau mengenakan topi dapat mengiritasi dahi dan menyebabkan jerawat.
  • Terlalu sering menyentuh wajah juga bisa menyebabkan jerawat. Ingat, Moms, sebenarnya tangan kita adalah sumber kuman yang bisa membuat kulit terinfeksi bakteri.

Melihat banyak penyebab yang menjadi pemicu munculnya jerawat di dahi, sebaiknya Moms menemukan pemicu yang paling cocok.

Setelah itu, Moms bisa menemukan cara ampuh untuk mengatasi jerawat di dahi yang meradang.

Baca Juga: Mari Simak Penyebab dan Cara Membasmi Jerawat Batu di Wajah

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi

Jerawat di Dahi Meradang, Ini Penyebabnya-3.jpg

Foto: beautyglitch.com

Jerawat di dahi bisa diatasi dengan rutin membersihkan wajah dengan produk pembersih yang lembut.

Sebaiknya, Moms juga memakai produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk menjaga kulit tetap bersih dan mencegah pori-pori tersumbat.

Obat topikal jerawat yang bisa dipakai juga sebaiknya mengandung sulfur yang dikenal sebagai sodium sulfacetamide. Selain itu, jaga kebersihan rambut dengan keramas yang rutin dan pastikan memakai topi yang sudah bersih,” ujar Dr. Mara.

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat Punggung dan Penanganannya

Itulah yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di dahi yang meradang.

Nah, sebaiknya hindari memencet jerawat, ya, Moms karena bisa menyebabkan bekas jerawat yang menghitam dan susah untuk hilang.

Artikel Terkait