PERNIKAHAN & SEKS
10 Juni 2020

Kentut saat Berhubungan Seks, Kenapa Bisa Terjadi?

Kentut saat berhubungan seks memang sangat memalukan ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, dari 10 momen paling memalukan dalam hidup, kentut saat berhubungan seks pasti jadi salah satunya bukan?

Padahal, hubungan seks harusnya sensual, panas, dan intim. Tapi, kalau kentut saat berhubungan seks, yang ada bisa kebauan dan terganggu oleh suara yang luar biasa.

Namun, menariknya, kentut saat berhubungan seks dialami oleh banyak orang, lho, Moms. Lantas, mengapa bisa kentut saat berhubungan seks dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: 5 Posisi Seks untuk Suami Istri dengan Perbedaan Tinggi Badan yang Jauh

Penyebab Kentut Saat Berhubungan Seks

Mengapa Bisa Kentut Saat Berhubungan Seks dan Bagaimana Mengatasinya? 1.jpg

Pada dasarnya, mengeluarkan gas adalah refleks tubuh manusia, Moms. Bahkan, saat tidur pun manusia bisa kentut beberapa kali. Kentut ini tidak hanya dipicu dari dalam, tetapi bisa juga dipicu ketika ada dorongan datang dari luar.

Dilansir dari Cleveland Clinic, vagina terletak dengan dubur, jadi ketika otot-otot vagina Moms menegang saat berhubungan seks, dubur mungkin tidak dapat menahan gas seperti biasanya.

Gerakan mendorong yang terjadi di vagina juga bisa meningkatkan tekanan di sekitar bokong Anda dan mendorong udara keluar. Hal inilah yang menghasilkan kentut.

Baca Juga: Sering Kentut dan Bersendawa, Hati-Hati Terkena Penyakit Ini

Kentut pun sangat mungkin terjadi ketika Moms sedang mengalami orgasme karena otot-otot di bawah menjadi rileks, sehingga kentut pun bisa keluar apalagi jika sudah ditahan sejak awal.

Saat berhubungan seks, Moms bisa juga mengalami queefing atau “kentut vagina.” Namun hal ini hanyalah hasil dari kantung udara yang terjebak dan didorong keluar dari vagina Moms.

Mengeluarkan gas atau kentut bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena menelan udara berlebih seperti menggunakan sedotan atau karena bakteri dalam tubuh yang kesulitan mencerna makanan Moms.

Pencernaan pun tidak berhenti begitu saja saat Moms berhubungan seks. Untuk itulah, kentut bisa berpotensi terjadi kapanpun, bahkan saat berhubungan seks.

Cara Mencegah Kentut Saat Berhubungan

Mengapa Bisa Kentut Saat Berhubungan Seks dan Bagaimana Mengatasinya? 2.jpg

Apabila kentut saat berhubungan seks bisa menghancurkan suasana, ada beberapa hal yang bisa Moms coba lakukan:

  • Pergi ke toilet sebelum berhubungan seks.
  • Minum obat anti gas (sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter).
  • Makan lebih sedikit makanan yang mengandung gas seperti kacang, kembang kol, atau kol.
  • Hindari minuman bersoda.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Kentut Vagina?

Jika Moms sudah melakukan hal-hal tersebut dan masih saja kentut saat berhubungan seks, mungkin ini saatnya untuk belajar menerimanya.

Berikan pengertian juga bagi Dads bahwa hal tersebut wajar dan sangat manusiawi. Jadi, lain kali apabila Moms kehilangan kendali dan kentut, Dads bisa menganggap hal tersebut tak terjadi.

Kejadian lucu seperti ini pun bisa dijadikan kenangan konyol bersama di kemudian hari, lho, Moms. Jadi, jangan terlalu stres karena kentut saat berhubungan seks bukanlah akhir dari dunia.

Artikel Terkait