FASHION & BEAUTY
18 Oktober 2019

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Solusinya

Bisa jadi karena ada masalah kulit atau sebagai bentuk reaksi alergi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit kering, reaksi terhadap produk perawatan kulit, dan kondisi kulit, seperti eksim atau psoriasis, hanyalah beberapa masalah yang dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas.

Udara dingin, mandi air panas, dan kelembaban yang berfluktuasi juga dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas, terutama di musim dingin. Kulit yang mengelupas pada sebagian besar tubuh disebut dermatitis eksfoliatif.

Baca Juga: Apa Dermatitis Atopik Pada Balita Akan Terus Berlanjut Sampai Dewasa?

Bagi orang-orang yang memakai make-up, menutupi kulit yang mengelupas dapat memperburuk masalah dan memperburuk kondisi kulit. Tetapi bersabar menunggu hingga kulit berhenti mengelupas juga cukup sulit.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dan apa sebenarnya penyebab dari kulit wajah mengelupas?

1. Terbakar Sinar Matahari

kulit wajah mengelupas

Dilansir dari Healthline, ini adalah penyebab paling umum dari kulit wajah mengelupas. Kulit terbakar terjadi akibat paparan sinar matahari keras tanpa perlindungan yang memadai (krim tabir surya.)

Sinar UV membunuh sel-sel kulit kita, yang menyebabkan kemerahan dan sensasi terbakar. Kulit mati mulai terkelupas dan sel-sel kulit baru menggantikannya.

2. Menjalani Pengobatan

kulit wajah mengelupas

Kulit wajah dapat mengelupas sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Obat tekanan darah, penisilin, obat topikal, dan obat kejang dapat menyebabkan kulit kita bersisik dan mengelupas.

Baca Juga: Kulit Bayi Mengelupas, Apakah Normal?

3. Reaksi Alergi

kulit wajah mengelupas

Alergi adalah penyebab lain dari pengelupasan kulit. Mungkin Moms makan sesuatu atau menggunakan kosmetik baru atau sabun cuci, yang menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

Kulit biasanya akan mengalami iritasi ringan atau ruam, tetapi reaksi yang lebih serius mungkin membuat kulit wajah mengelupas.

“Reaksi alergi dapat menyebabkan kerusakan kulit langsung melalui respons peradangan,” jelas Ranella Hirsch, presiden skincare doctors di Boston.

Menurut Rebecca Baxt, dokter kulit dari Baxt CosMedical di New Jersey, kulit wajah mengelupas juga dapat terjadi akibat infeksi biasa seperti flu hingga batuk yang parah.

4. Eksim

kulit wajah mengelupas

Eksim menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik, biasanya di lipatan tubuh seperti siku dan lutut, yang juga bisa membuat kulit mengelupas. Eksim biasanya terjadi pada anak-anak, terutama di bagian dalam lengan, kaki, dan di tempat lain.

"Kulitnya biasanya akan kasar disertai dengan rasa gatal dan sering disertai alergi dan hayfever," jelas Jonathan Kantor, direktur medis di Florida Center for Dermatology, di St. Augustine, Florida. Perawatan untuk eksim biasanya dengan krim kortikosteroid dan pelembap.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas, salah satu cara sederhana yang bisa Moms lakukan adalah dengan menggunakan pelembap.

Menggunakan pelembap tepat setelah mencuci dan mengeringkan wajah dapat membantu mengunci kelembapan.

Hal ini dapat mengobati kulit yang terkelupas akibat kekeringan. Cara terbaik adalah menggunakan pelembab yang bebas pewangi.

Menurut American Academy of Dermatology, pelembap yang mengandung bahan seperti shea butter, asam laktat, asam hialuronat, dapat membantu menenangkan kulit kering.

Artikel Terkait