KESEHATAN
13 Mei 2020

5 Penyebab Laringitis dari Kebiasaan Sehari-hari

Selain infeksi virus dan bakteri, ternyata kebiasaan tertentu dapat menyebabkan laringitis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Jangan pernah sepelekan kondisi kesehatan tenggorokan, karena nyatanya banyak gangguan kesehatan yang dapat menyerang.

Jika Moms mengalami suara serak, parau, hingga seolah menghilang, hal itu menjadi tanda lebih dari sekadar radang tenggorokan saja. Bisa jadi Moms mengalami laringitis yaitu peradangan pada pita suara.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Boston Medical Center pada 2013. Terdapat 3,47 kasus laringitis kronis pada setiap 1.000 orang.

“Gejala utama laringitis adalah perubahan suara atau bahkan hilangnya suara. Selain itu, gejala lain yang dapat terjadi tenggorokan terasa sakit dan gatal serta pengidap juga mengalami demam,” ungkap Dr. Stacey Silvers dari New York.

Selain itu, dokter yang praktik di Madison Skin and Laser Center ini mengungkapkan, infeksi saluran pernapasan atas bisa memicu penyakit laringitis.

Selain itu, penyakit lainnya seperti bronkitis, pneumonia juga bisa menjadi penyebab laringitis.

Baca Juga: Bayi Bisa Alami Laringitis, Catat 5 Gejala Ini

Kebiasaan Penyebab Laringitis

penyebab laringitis (1).jpg

Foto: earnoseandthroatct.com

Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada laring atau kotak suara yang berisikan pita suara.

Tentunya kondisi laringitis bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih lagi mereka yang bekerja dengan menggunakan suara untuk berbicara. Sebaiknya cegah penyakit laringitis dengan menghindari beberapa kebiasaan berikut ini:

1. Terlalu sering berteriak atau bersuara keras

Kebiasaan ini meningkatkan risiko alami laringitis. Sebaiknya, pergunakan suara dengan sebaik-baiknya.

Jika tenggorokan sudah terasa tidak nyaman dan suara sudah serak, segera istirahatkan suara dengan tidak berteriak.

2. Pola hidup tidak sehat

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minum alkohol juga bisa sebabkan laringitis. Alasannya, cairan tubuh akan mudah berkurang dan tenggorokan juga mudah terasa kering.

3. Menghirup bahan kimia yang mengiritasi tenggorokan

Dilansir dari Harvard Health Publishing, menghirup bahan kimia dan debu menjadi penyebab utama laringitis kronis dan gangguan pernapasan lainnya. Biasanya hal ini terjadi di lingkungan sehari-hari dan kondisi pekerjaan.

Hindari faktor pemicu tersebut dan sebaiknya cukupkan cairan tubuh dengan minum air putih dan istirahatkan suara jika terjadi iritasi.

Baca Juga: 4 Cara Mengobati Radang Amandel Anak dengan Bahan Alami

4. Makan terlalu cepat

Kebiasaan makan terlalu cepat dan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna dapat sebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung ke tenggorokan lewat kerongkongan. Kondisi ini juga memicu laringitis.

5. Kurang minum air putih

Sudah seharusnya tubuh tercukupi cairannya dan sebaiknya hindari terjadinya dehidrasi. Hal ini bisa membuat tenggorokan mudah terasa kering sehingga jadi penyebab laringitis.

Ketahui Jenis Laringitis

penyebab laringitis (2).jpg

Foto: familydoctor.org

Laringitis bisa dibedakan menjadi laringitis akut dan kronis.

Gejala pada laringitis akut biasanya berlangsung dalam jangka pendek dan biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus.

Terlalu banyak menggunakan suara dengan keras juga bisa sebabkan laringitis akut.

Sedangkan pada laringitis kronis, gejalanya bisa berlangsung lebih lama.

Penyebab laringitis kronis juga lebih banyak dan berat, seperti sinusitis kronis, infeksi jamur, reaksi alergi, iritasi dari asam lambung, kebiasaan merokok hingga mengonsumsi alkohol.

“Infeksi jamur saat menggunakan inhaler steroid untuk asma atau masalah pernapasan ternyata juga bisa sebabkan laringitis kronis. Steroid ini membuat kamu berisiko tinggi terkena infeksi jamur. Pita suara yang terinfeksi jamur akan terdapat plak putih dan harus segera diobati,” ujar Dr. Laura Tully, dokter THT dari Ohio.

Meskipun laringitis bukan penyakit berbahaya dan gejalanya dapat membaik dengan sendirinya, tapi sebaiknya Moms mengetahui kebiasaan yang bisa menjadi penyebab terjadinya laringitis.

Baca Juga: Jangan Bingung Dulu, Begini Cara Membedakan Radang Amandel dengan Radang Tenggorokan

Itulah yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya laringitis. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter apabila gejalanya yang dialami sudah berhari-hari agar segera penanganan yang tepat.

Artikel Terkait