DI ATAS 5 TAHUN
28 Februari 2019

Ada Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak, Normalkah?

Penyebabnya bukan sakit atau kurang gizi kok, Moms
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Lingkaran hitam di bawah mata merupakan sesuatu yang umum kita lihat pada orang dewasa. Namun, lingkaran hitam di bawah mata anak tentunya membuat Moms khawatir bukan?

Apalagi ada yang mengatakan kalau lingkaran hitam di bawah mata anak bisa menjadi tanda penyakit serius. Wah, apa benar begitu? Mari simak ulasannya!

Pendapat Pakar

ada lingkaran hitam di bawah mata anak normalkah 1

Menurut Andrew J. Bernstein, MD, dari Clinical Pediatrics Northwestern University, lingkaran hitam di bawah mata anak memang bisa disebabkan oleh penyakit, tapi kasus seperti itu sangat jarang terjadi.

Lingkaran hitam di bawah mata anak adalah hal normal yang terjadi akibat berbagai faktor eksternal yang tidak bisa dikendalikan. Kondisi mata anak juga bisa kembali seperti sedia kala bila penyebabnya diatasi.

Baca Juga: Dampak Buruk Terlalu Lama Lihat Gadget Pada Mata Anak

Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak

ada lingkaran hitam di bawah mata anak, normalkah 2

Penyebab lingkaran hitam di bawah mata anak dan dewasa itu pada dasarnya sama, yaitu karena kulit di area sekitar mata lebih tipis dan transparan ketimbang bagian wajah yang lain.

Kondisi kulit mata yang seperti itu membuat jaringan halus dan pembuluh darah di sekitar mata tidak tertutupi dengan sempurna, sehingga tampak seperti lingkaran gelap.

Selain itu, lingkaran hitam di bawah mata anak juga bisa disebabkan oleh:

- Kurang tidur. Saat kurang tidur, pembuluh darah di bawah mata melebar tapi retensi cairan meningkat.

- Alergi. Saat hidung tersumbat karena alergi, aliran darah terhambat dan membuat pembuluh darah di bawah mata melebar dan menjadi lebih gelap. Hidung tersumbut juga bisa disebabkan oleh pembengkakan amandel.

- Adenoid membengkak, sehingga anak lebih sering bernapas lewat mulut ketimbang hidung.

- Warna kulit dan genetik.

- Kebiasaan mengucek mata, biasanya karena alergi atau saat sedang lelah.

Yang pasti, para pakar kesehatan sudah sepakat kalau lingkaran hitam di bawah mata anak tidak disebabkan oleh kurang gizi ya, Moms.

Moms perlu segera membawa Si Kecil ke dokter bila lingkaran hitam dibarengi dengan munculnya gejala seperti penglihatan yang menurun, pusing cukup parah, atau rasa mual.

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan Mata yang Ternyata Tidak Terbukti Kebenarannya

Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak

ada lingkaran hitam di bawah mata anak, normalkah 3

Cara paling mudah untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata anak itu adalah dengan mendapatkan cukup tidur dan istirahat yang berkualitas.

Selain dengan menjalankan rutinitas tidur yang baik, juga dengan tidak bermain gadget menjelang waktu tidur.

Bagi buah hati yang memiliki alergi ringan, menjauhkan alergen sudah bisa membantu mengurangi penyebab lingkaran hitam di bawah mata anak.

Sedangkan immunotherapy bisa dilakukan untuk mengurangi reaksi parah pada anak yang memiliki alergi akut.

Jadi sebenarnya lingkaran hitam di bawah mata anak itu sebenarnya tidak berbahaya. Yang penting, segera cari dan atasi penyebabnya agar kondisi kulit di bawah mata anak kembali normal.

(WA)

Artikel Terkait