PROGRAM HAMIL
24 April 2019

Penyebab Masalah Kulit yang Muncul Saat Trimester Pertama Kehamilan

Apakah Moms merasakan salah satunya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Ada banyak perubahan kulit saat hamil yang mungkin dirasakan. Misalnya muncul jerawat, noda hitam, tumbuh bulu di tempat yang tidak biasa dan memburuknya kondisi kulit lainnya. Perubahan kulit saat hamil ini nyatanya banyak dialami oleh ibu hamil.

“Banyak wanita jadi lebih cerah bercahaya dan merona di wajahnya, tetapi tak sedikit yang mengalami banyak perubahan pada wajahnya,” kata David Leffel, MD, Profesor dermatologi di Yale School Of Medichine.

Saat hamil aliran darah akan berlangsung dengan cepat dan sejumlah faktor lain yang menghasilkan muncul merah pada wajah atau kerusakan kulit lainnya, tambahnya.

Baca Juga : Bolehkah Menggunakan Krim Pemutih Wajah Saat Hamil?

Penyebab Masalah Kulit

aneka masalah kulit yang dialami trimester pertama kehamilan 01
pregnancyhealth.net

Masalah kulit yang banyak terjadi saat Moms hamil disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan.

Tak hanya masalah kulit saat hamil, perubahan hormon juga mempengaruhi kulit , rambut, dan kuku.

Moms yang sangat terganggu disarankan untuk ke dokter kulit untuk mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana menanganinya.

“Konsultasi dengan dokter menjadi penting karena ibu hamil akan mendapatkan masukan medis yang baik untuk kulit Moms tetapi tidak membahayakan bayi dalam kandungan,” kata George Kroumpouzos, MD, PhD.

Penyebab masalah kulit saat hamil berikutnya adalah kulit yang jadi sensitif. Moms jangan sampai salah menggunakan lotion pelembab karena bisa-bisa bukan lembab yang Moms dapat malah kulit merah yang berbahaya.

Iritasi kulit juga bisa terjadi jika Moms sembarangan menggunakan lotion atau obat–obatan lainnya. Saran dan masukan dari dokter kulit sangat membantu agar Moms bisa merawat kulit saat hamil.

Perlu diingat jangan hanya memerhatikan kesehatan kulit, Moms juga wajib memperhatikan kesehatan bayi dalam kandungan.

Ada beberapa kandungan dalam produk perawatan kulit yang tidak boleh digunakan karena sangat berbahaya untuk bayi dalam kandungan.

Baca Juga : 4 Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Aneka Masalah Kulit Saat Hamil

aneka masalah kulit yang dialami trimester pertama kehamilan 02
thisisinsider.com

Jerawat menjadi masalah kulit saat hamil yang umum dialami perempuan. Moms jangan terlalu khawatir dengan jerawat yang hadir di wajah saat hamil trimester pertama.

Untuk mengobati jerawat, Moms tidak boleh sembarangan. Datang ke dokter kulit lalu tanyakan obat apa yang baik dan cocok untuk jenis kulit Moms.

Biasanya dokter akan memberikan obat diantaranya accuntane dan retin-A saat Moms tidak dalam masa hamil.

Tapi ketika Moms hamil baiknya gunakan obat–obatan yang sudah teruji dengan wanita hamil. Moms bisa menggunakan asam laktat, minyak pohon teh atau belerang untuk mengobati jerawat. 

Hal paling perlu diperhatikan adalah jangan menyentuh, memencet untuk tujuan memecahkan jerawat karena itu hanya berdampak lebih parah.

Sebelum menyentuh area wajah, Moms sebaiknya mencuci tangan. Masalah lain biasanya muncul pada kulit saat hamil adalah menjadi kering dan gatal. Biasanya hal ini terjadi bersamaan keduanya.

Untuk mengatasi hal ini, Moms bisa dengan cara banyak mengkonsumsi air mineral. Selain banyak minum, Moms bisa menggunakan pelembab di waktu malam sebelum tidur.

Baca Juga: 6 Tahapan Skincare di Malam Hari Agar Kulit Glowing

Jangan lupa minta rekomendasi kepada dokter kulit Moms mana yang baik digunakan saat hamil.

Hal lain yang bisa dicoba adalah mandi dengan air hangat karena ini bisa mengurangi gatal pada kulit kering.

Nah, apakah Moms pernah mengalami masalah kulit saat hamil? Waktu itu, apa yang Moms lakukan untuk mengatasinya?

(GSA)

Artikel Terkait