DI ATAS 5 TAHUN
19 April 2019

Penyebab Masalah Tulang pada Anak dan Cara Mengatasinya

Berbagai masalah tulang yang terjadi pada anak, bisa disebabkan oleh faktor sepele hingga faktor bawaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Masalah tulang pada anak bukanlah hal sepele yang bisa Moms tidak pedulikan. Terkadang, orang tua hanya terpaku pada penyebab-penyebab besar saja, sehingga luput dari hal kecil yang memiliki kemungkinan menjadi sumber masalah ini.

Oleh sebab itu, hal-hal kecil yang dapat menjadi penyebabnya, harus Moms singkirkan dan perbaiki. Bahkan sejak dini. Karena jika sudah terlalu lama dan Si Kecil sudah semakin besar, masalah tulang pada Si Kecil bisa menjadi hal yang sulit untuk ditemukan solusinya.

Jadi, lebih baik mencegah sejak dini daripada mengobati kan? Sekarang saatnya Moms untuk tahu, hal-hal sepele apa yang bisa menjadi penyebab masalah tulang pada anak.

Baca Juga: Seperti Apa Tahapan Perkembangan Tulang Anak?

1. Tas Sekolah yang Berat

bone2

Foto: todayschristianwoman.com

Hal ini mungkin jarang Moms sadari. Padahal hampir setiap hari ketika sekolah, Si Kecil pasti membawa tas. Baik itu tas ransel, tas selempang maupun tas jinjing. Semua jenis-jenis tas ini bisa menjadi faktor penyebab masalah tulang Si Kecil. Mengapa?

Sekolah adalah tempat Si Kecil untuk belajar, karenanya ia harus membawa buku-buku sebagai bahan pembelajarannya. Semakin tinggi kelas Si Kecil, maka pelajaran yang diterima pun otomatis akan semakin banyak.

Bayangkan setiap hari Si Kecil membawa buku yang banyak dalam tas sekolahnya dan menggendongnya dipunggung atau bahu. Sudah pasti hal ini akan memicu kelainan tulang.

Solusinya, Moms bisa membelikan Si Kecil tas model troli. Layaknya koper, tas model ini bisa ditarik, sehingga tidak perlu di gendong di punggung. Dengan begitu, membawa buku yang berat pun, tulang Si Kecil akan tetap terhindar dari risiko.

Baca Juga: Memilih Tas Sekolah Anak

2. Cara Duduk yang Salah

bone1

Foto: spineuniverse.com

Cara duduk juga bisa menjadi penyebab masalah punggung pada anak. Duduk terlalu lama dalam posisi yang tidak baik dapat menyebabkan perubahan pada postur tubuh pada manusia.

Beberapa dari Si Kecil memilih duduk dengan posisi miring atau membungkuk saat sedang belajar atau sedang makan. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama dan terus berulang akan menyebabkan anak menderita masalah tulang.

Untuk mencegahnya, Moms harus membiasakan Si Kecil dengan posisi duduk yang benar sejak dini. Dalam kondisi apa pun atau situasi apa pun, ajarkan Si Kecil untuk duduk dengan posisi tegak dan tidak membungkuk.

Jika Moms sering mengingatkan dan mengajarinya, tentu cara tersebut akan tertanam dalam kepala Si Kecil dan menjadi sebuah kebiasaan pada akhirnya.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Balita Duduk Dengan Posisi W

3. Faktor Genetik

bone3

Foto: medicalnewstoday.com

Masalah punggung pada Si Kecil juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Ada satu saja anggota keluarga yang juga mengalami masalah tulang belakang yang sama, bukan tidak mungkin akan menurun pada Si Kecil.

Sebagai solusi, Moms harus cermat dalam menjaga kesehatan tulang Si Kecil. Berikan Si Kecil makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk tulang. Bantu Si Kecil untuk banyak mengkonsumsi sayur, telur, susu, buah-buahan, dan kacang.

Semua makanan ini bisa Moms aplikasikan dalam bekal makan Si Kecil, sehingga Moms tidak perlu memaksanya untuk makan, tetapi bisa dimakan dengan sukarela. Selamat mencoba ya, Moms.

Dari faktor penyebab masalah tulang di atas, ketiganya sama-sama memiliki kemungkinan yang besar sebagai penyebab masalah tulang. Untuk itu, Moms harus benar-benar membantu Si Kecil agar terhindar dari faktor penyebab tersebut.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait