2-3 TAHUN
8 November 2019

Mata Anak Merah, Apa Sebabnya?

Ada banyak hal bisa menyebabkan mata merah pada anak
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Kesehatan mata anak harus dijaga dengan baik. Sedikit saja terjadi gangguan, bisa menyebabkan aktivitasnya menjadi tidak nyaman.

Ia mungkin saja merengek atau rewel, karena mata merah biasanya akan dibarengi dengan rasa gatal.

Saat mata sedang merah, sebaiknya anak tidak menggosoknya karena bisa menyebabkan iritasi yang lebih parah lagi. Lalu, apa penyebab mata merah pada anak?

Penyebab Mata Merah pada Anak

Mata Merah pada Anak

Dilansir dari Harvard Health, penyebab mata merah adalah alergi dan infeksi. Ada tiga jenis mata mata merah (konjungtivitis), yakni:

  • Mata merah akibat alergi: gatal, hidung ingusan, dan bersin-bersin
  • Mata merah akibat virus: bersumber dari virus yang sama dengan virus penyebab flu, biasanya disertai hidung ingusan dan batuk
  • Mata merah akibat bakteri: berupa belek yang tebal, bisa disembuhkan dengan obat tetes mata antibiotik (atas saran dokter)

Baca Juga: Bayi Sakit Mata, Bagaimana Mengatasinya?

Gejala Mata Merah pada Anak

Mata Merah pada Anak

“Jika mata anak merah yang dibarengi dengan rasa gatal serta demam, maka ini bisa menjadi tanda alergi. Sedangkan infeksi mata bisa disebabkan karena penularan virus, bakteri, parasit atau jamur, yang gejalanya bervariasi sesuai dengan penyebabnya. Mata gatal karena infeksi dapat dibarengi dengan rasa nyeri, sensitif terhadap cahaya, terdapat lendir, dan seperti berpasir,” ujar Dr. Richard Gans, dokter mata dari Cleveland Clinic Main Campus.

Sederhananya, apabila Moms melihat ada cairan yang lebih dari sekadar air mata terdapat pada mata anak, yang disertai rasa gatal, maka hal ini bisa lebih dari alergi saja. Konjungtivitis menjadi salah satu penyakit mata yang sering dialami oleh anak.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Mata Bintitan Pada Anak

Gangguan mata ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan bahkan bisa terjadi karena reaksi dari alergi.

Moms bisa mengompres mata anak dengan kain yang direndam dalam air dingin atau susu. Moms juga bisa meminta anak untuk banyak minum air putih. Namun, semua cara tersebut hanya untuk mengurangi gejala agar tidak semakin parah.

Tentunya untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sebaiknya anak dibawa ke dokter mata. Hindari memberikan obat tetes mata sendiri karena mata anak masih sangat sensitif dan rentan terkena gangguan.

Mencegah Mata Merah pada Anak

mata bayi merah

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan risiko mata anak terkena alergi dan infeksi.

1. Mencegah alergi pada mata

Untuk mencegahnya, Moms harus mengetahui alergen yang sebabkan mata anak terasa gatal.

Umumnya, alergen bisa terdapat pada debu, air, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, makanan atau minuman, dan zat kimia tertentu.

Jika anak alergi pada debu, Moms bisa menjaga kebersihan kamar dan ruangan di rumah dengan pembersih udara yang tepat untuk mencegah alergi pada anak.

Saat bepergian ke luar rumah, anak juga bisa memakai masker atau kacamata untuk melindungi anak dari sumber alergennya.

Baca Juga: 4 Penyebab Mengapa Mata Bayi Belekan

2. Mencegah infeksi pada mata

Cara untuk mencegah infeksi mata terjadi pada anak adalah menjaga kebersihan area mata anak.

Konjungtivitis menjadi infeksi mata yang umum terjadi, disebabkan oleh virus atau bakteri, serta penyakit ini sangat mudah untuk menular.

Cara mencegahnya adalah biasakan untuk mencuci tangan baik sebelum makan atau sesudah menggunakan kamar mandi serta usahakan tidak menyentuh mata saat tangan dalam keadaan kotor.

Anak mungkin tidak terlalu peka dengan hal-hal tersebut sehingga diperlukan peran Moms sebagai orang tua untuk mengawasi dan mengajarkan anak tentang cara merawat kesehatan matanya.

Bila mata merah sudah terjadi pada anak, segera ke dokter untuk memeriksakannya ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait