TRIMESTER 2
25 September 2019

4 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan Pada Trimester Kedua

Trimester kedua berarti akhir mual dan lelah di pagi hari, juga timbulnya jenis nyeri tertentu
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Tak dapat dipungkiri, kehamilan membawa beberapa perubahan besar dalam hidup dan tubuh Moms. Sementara, sebagian besar dipenuhi dengan kegembiraan serta penuh harapan.

Akan tetapi, berat yang ditambah juga perubahan fisik lainnya yang datang seiring dengan pertumbuhan Si Kecil dalam perut dapat menyebabkan rasa sakit di sisi Moms.

Salah satunya adalah nyeri sisi kanan terutama pada trimester kedua. Dilansir dari Healthline, nyeri perut sebelah kanan pada trimester kedua ini tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya mudah ditangani dan bersifat hanya sementara.

Tapi, bukan berarti Moms menyepelekan apabila terus mengalami nyeri perut sebelah kanan pada trimester kedua karena bisa jadi pertanda yang lebih serius sehingga memerlukan bantuan dari pihak medis.

Baca Juga: Segar dan Enak, Ini 3 Resep Minuman Kurma yang Layak Dicoba

Penyebab Umum Nyeri Perut Sebelah Kanan

1. Ketegangan Otot

Tegang otot

Saat tubuh Moms beradaptasi untuk mengakomodasi Si Kecil yang tumbuh di perut, Moms juga akan menambah berat badan.

Berat badan yang naik merupakan hal yang harus dilalui oleh sebagian besar Moms yang tengah mengandung agar bisa memberi makan Si Kecil.

“Tapi bagian sebagian besar wanita penambahan berat badan membuatnya secara tidak sengaja menarik otot sehingga tegang. Ini paling sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga saat kehamilan,” kata Ob-Gyn, Traci C. Jonson, MD.

Nyeri perut sebelah kanan biasanya disebabkan karena otot yang tegang dan terjadi ketika membungkuk, mencari posisi yang nyaman, atau mengangkat sesuatu yang berat.

Moms pun mungkin merasakan sakit dari ketegangan otot hingga menyebar ke sakit punggung.

2. Nyeri Ligamen Bundar

Nyeri perut sebelah kanan

Selama kehamilan, rahim Moms mengembang seperti balon saat Si Kecil tumbuh. Ligamen bundar seperti tali yang membantu menahan rahim di tempatnya. Mereka menjadi lebih lembut dan meregang saat rahim membesar.

Terkadang ligamen bundar menjadi iritasi atau terlalu kencang. Ini sering dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kanan bawah Moms terutama saat trimester kedua.

Moms mungkin merasakan sakit yang tajam atau sakit yang tumpul. Ini biasanya terjadi pada trimester kedua, karena berat bayi dan cairan ketuban meningkat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melahirkan Normal Setelah Caesar?

Moms mungkin mengalami nyeri ligamen bulat ketika bangun tidur di pagi hari atau ketika bergerak terlalu cepat. Bahkan batuk atau bersin yang keras dapat menyebabkan nyeri ligamen.

Anda biasanya dapat meredakan nyeri perut sebelah kanan ini dengan masuk ke posisi yang lebih nyaman. Peregangan lembut, bergerak perlahan dan melenturkan pinggul juga membantu.

3. Masalah Pencernaan

Sakit-Perut-Hero.jpg

Moms, hal yang sering terjadi juga adalah gas, konstipasi, dan kembung saat kehamilan. Nah, keadaan tersebut juga dapat menyebabkan rasa nyeri sisi kanan saat kehamilan.

Dilansir dari WebMD, masalah pencernaan yang tidak nyaman dipengaruhi oleh naik turunnya kadar hormone selama kehamilan. Perubahan hormon pun biasa terjadi di trimester kedua.

Untuk meringankan rasa kembung, dan sakit ada baiknya Moms minum banyak air dan menambahkan lebih banyak serat ke dalam menu makan.

Hindari juga makanan yang menyebabkan gas seperti susu, gorengan, pemanis buatan, kacang polong, kol bunga, dan brokoli.

4. Kram

Kram perut

Saat hamil ketidaknyamanan akibat kram dapat menjadi bagian normal dari masa kehamilan. Kran pun menyebabkan nyeri sisi kanan di perut bagian bawah hingga pertengahan.

Saat trimester kedua, terkadang Moms mengalami kram saat rahim membentang.

Hubungan seksual di trimester kedua dan ketiga Anda juga dapat memicu nyeri kram. Segala jenis kram dapat menyebabkan sakit atau menusuk rasa sakit.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Gerakan Senam Hamil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Perawatan Nyeri Perut Sebelah Kanan

Penulis buku What to Expect When Your’re Expecting, Heidi Murkoff menerangkan nyeri perut sebelah kanan yang disebabkan ketegangan otot atau ligament biasanya bisa ditenangkan dengan perawatan di rumah.

”Rasa sakit yang disebabkan oleh gas mungkin lebih baik jika Anda memperhatikan apa yang Anda makan,” terangnya.

Meringankan nyeri otot, ligamen yang sakit, dan kram dengan:

  • Mengubah posisi
  • Berbaring
  • Berjalan atau bergerak
  • Menggunakan botol air panas atau bantalan panas
  • Mandi air hangat
  • Pijat
Artikel Terkait