BAYI
2 Juli 2020

Ini Penyebab Otitis Media pada Bayi, Wajib Tahu!

Bisa disebabkan oleh virus atau bakteri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjaga kesehatan telinga adalah hal yang penting. Jangan sampai dari bayi, Si Kecil mengalami kondisi gangguan di telinga. Salah satunya adalah otitis media.

Mengutip Mayo Clinic, otitis media merupakan infeksi pada telinga tengah, ruang berisi udara di belakang gendang telinga yang berisi tulang kecil bergetar telinga.

Kondisi infeksi ini cenderung dialami oleh anak-anak ketimbang orang dewasa. Karena itu, penting mengetahui apa yang menjadi penyebab dari otitis media pada bayi.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat, Sudah Coba?

Penyebab Otitis Media pada Bayi

penyebab otitis media pada bayi-1

Foto: En Marche

Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan), Bedah Kepala, & Leher RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp.THT-KL, menjelaskan apa yang menjadi penyebab otitis media pada bayi.

"Otitis media pada bayi adalah kondisi peradangan pada telinga tengah yang diakibatkan infeksi saluran napas atas. Infeksi saluran ini dapat meluas ke telinga tengah melalui saluran tuba eustachius yang lebih pendek pada bayi. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri," jelasnya.

Dalam Standford Children's Health, dijelaskan bahwa pertumbuhan virus dan bakteri ini dikarenakan tuba eustachius yang tidak berfungsi dengan baik. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini:

  • Pilek atau alergi yang dapat menyebabkan pembengkakan dan kemacetan lapisan hidung, tenggorokan, dan tuba eustachius (pembengkakan ini mencegah aliran cairan yang normal).
  • Malformasi tuba eustachius.

Dalam jurnal American Family Physician, sekitar 80 persen anak-anak akan mengalami setidaknya satu kali otitis media akut (AOM), dan 80-90 persen anak akan mengalami otitis media dengan efusi (OME) sebelum usia sekolah setidaknya satu kali.

Baca Juga: Mengenal Otitis Media, Infeksi Telinga Tengah pada Bayi

Gejala dan Durasi Anak Mengalami Otitis Media

penyebab otitis media pada bayi-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Kids Health, ada gejala dari otitis media pada bayi. Si Kecil mungkin akan mengalami hal-hal berikut:

  • Demam
  • Sulit makan, minum
  • Sulit tidur
  • Kesusahan mengunyah, mengisap, dan berbaring, karena menyebabkan perubahan tekanan yang menyakitkan di telinga tengah

Bayi belum bisa mengungkapkan rasa sakit yang dialami, sehingga pada bayi dengan otitis media, mungkin Si Kecil hanya dapat menarik telinga atau bayi menjadi rewel dan menangis lebih sering dari biasanya.

Otitis media ini sering hilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 hari, bahkan tanpa perawatan khusus.

Tetapi dalam beberapa kasus, infeksi dapat bertahan lebih lama (dengan cairan di telinga tengah selama 6 minggu atau lebih lama), bahkan setelah perawatan antibiotik.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Infeksi Telinga Bayi

Artikel Terkait