FASHION & BEAUTY
25 Oktober 2020

Hati-hati! Ini 5 Penyebab Penuaan Dini yang Harus Dihindari

Jarang menggunakan sunscreen adalah salah satunya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh kita, dari pergantian sel kulit hingga pemulihan, akan melambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan atau mengisi ulang. Hal ini menyisakan ruang untuk munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kelelahan.

Perubahan ini mungkin mengejutkan jika terjadi lebih awal dari yang Moms harapkan, oleh karena itu bisa disebut dengan penuaan dini. Tentu Moms tidak ingin hal ini terjadi.

Baca Juga: 5 Mitos Soal Kulit Wajah dan Tips Merawat Kulit Agar Selalu Sehat

Sayangnya tidak mungkin untuk menghindari perubahan ini sepenuhnya, tetapi ada cara untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di tubuh kita, yaitu dengan menghindari penyebabnya. Lalu apa saja penyebab penuaan dini?

Penyebab Penuaan Dini

Berikut ini beberapa penyebab penuaan dini yang jarang kita sadari dan harus dihindari.

1. Paparan Sinar Matahari yang Banyak

penuaan dini

Foto: everydayhealth.com

Penyebab penuaan dini pada kulit yang pertama ini mungkin sering Moms sepelekan. Padahal, radiasi matahari dapat mempercepat penghancuran kolagen di dalam kulit sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi menua lebih cepat dibandingkan usia kita yang seharusnya. Jadi mulai dari sekarang, pakai sunscreen dengan benar ya Moms.

2. Rokok dan Alkohol

penyebab penuaan dini

Foto: Orami Photo Stock

Kedua kebiasaan ini memang erat kaitannya dengan penyebab penuaan dini pada kulit. Seperti contohnya ketika Moms mengonsumsi alkohol, maka hal tersebut dapat menggangu proses aliran darah ke kulit. Akibatnya, kulit kita akan mudah timbul kerutan juga garis-garis halus.

Baca Juga: 4 Masker Bengkoang di Bawah 30 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

3. Akibat Kurang Tidur

penuaan dini

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab lainnya yang menjadi faktor pemicu penuaan dini pada kulit Moms adalah kurang tidur.

Pasalnya, regenerasi kulit terjadi selama kita tidur sehingga ketika Moms sering tidur larut dan begadang, sudah pasti pertumbuhan sel-sel baru tersebut akan menjadi terhambat. 

4. Bisa Karena Stres

penyebab penuaan dini

Foto: Orami Photo Stock

Stres juga menjadi penyebab penuaan dini pada kulit kita. Tidak hanya berdampak pada pikiran, namun ketika stres melanda, maka tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon kortisol dan adrenalin yang memicu proses penuaan.

Sebagai solusi, coba luangkan waktu untuk bersantai sejenak sambil merawat diri ke salon favorit kita di akhir pekan. Hati tenang, kulit pun senang.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Tua

5. Kekurangan Nutrisi yan Dibutuhkan Tubuh

penyebab penuaan dini

Foto: womenpla.net

Ternyata, tubuh yang kekurangan nutrisi juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit. Jika asupan gizi Moms tercukupi setiap harinya maka kulit dapat dengan lebih maksimal melawan radikal bebas saat melawan efek buruk sinar matahari.

Sebaiknya, mulai terapkan hidup sehat dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Itu dia Moms beberapa penyebab penuaan dini yang jarang kita sadari. Hindari selagi bisa untuk tetap mendapatkan kulit yang segar dan sehat ya, Moms!


Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari GLITZMEDIA.CO

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait