PERNIKAHAN & SEKS
24 Maret 2020

5 Penyebab Perempuan Susah Orgasme, Perhatikan Moms!

Susah orgasme nyatanya banyak dialami oleh para perempuan. Lantas, apa penyebabnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam setiap hubungan seksual, setiap pihak baik laki-laki maupun perempuan berhak mendapatkan kesenangan, yakni mencapai orgasme.

Namun, sayangnya masih banyak perempuan yang susah mencapai orgasme, meski sudah berusaha semaksimal mungkin.

Dilansir dari jurnal Female Sexual Arousal: Genital Anatomy and Orgasm in Intercourse, orgasme dari hubungan seksual memang lebih sering terjadi pada laki-laki dibanding perempuan.

Penyebab Susah Orgasme

Lantas, mengapa perempuan susah orgasme? Hal apakah yang harus dilakukan agar orgasme bisa dicapai? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Tingginya Rasa Cemas

5 Alasan Mengapa Orgasme Tak Dapat Dicapai 1.jpg

Menurut psikiater dari New York, Grant Hilary Brenner, MD, kecemasan bisa menyebabkan pikiran terganggu dan mungkin jadi salah satu penyebab perempuan susah orgasme.

Bahkan, survei terbaru dari Valparaiso University di Indiana menunjukkan lebih dari separuh perempuan yang berjuang untuk orgasme menghubungkan masalah ini dengan kecemasan.

“Perempuan dengan citra tubuh negatif juga cenderung melaporkan stres dan kecemasan,” ungkap dr. Brenner dalam Psychology Today.

Untuk itu, agar bisa mencapai orgasme, Moms harus bisa menyingkirkan segala kecemasan yang ada ketika berhubungan seks.

Baca Juga: 5 Posisi Seks yang Menjamin Orgasme Cepat

2. Kurangnya Foreplay

5 Alasan Mengapa Orgasme Tak Dapat Dicapai 2.jpg

Selain kondisi psikologis, pasangan pun ikut berperan penting apabila Moms mau mencapai orgasme. Untuk itu, kurangnya foreplay pun bisa jadi alasan kenapa Moms susah orgasme.

Mungkin Dads sedang sangat ingin melakukan hubungan seks sehingga kurang memperhatikan foreplay atau mungkin waktu yang dimiliki terbatas.

"Kebanyakan wanita membutuhkan sekitar 20 menit waktu rangsangan untuk mencapai 'platform orgasme', ketika klitoris paling sensitif dan tubuh siap untuk stimulasi," kata seksolog Yvonne K. Fulbright, penulis Hot Guide to Safer Sex.

3. Tidak Merasa Nyaman dengan Pasangan

bertengkar dengan suami

Orgasme adalah pengalaman yang rentan dan sangat intim. Kadang-kadang, tubuh kita bisa merasa terhalangi apabila kita tidak merasa sepenuhnya percaya dengan pasangan.

Meskipun Moms dan Dads sudah menikah dalam waktu lama, rasa tidak nyaman ini mungkin bisa timbul karena pernah ada pengalaman yang kurang mengenakkan sebelumnya. Misalnya seperti perselingkuhan, kritik pedas saat berhubungan seks, atau dibohongi.

Baca Juga: 3 Makanan yang Bisa Memaksimalkan Orgasme Wanita

4. Tidak Buang Air Kecil Sebelum Bercinta

5 Alasan Mengapa Orgasme Tak Dapat Dicapai 3.jpg

Moms, hal yang satu ini juga bisa jadi pemicu susah orgasme, lho. Buang air kecil setelah berhubungan seks memang bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih, tetapi ada baiknya jika buang air kecil pun dilakukan sebelum bercinta.

“Sebab, bisa sangat sulit untuk mencapai orgasme ketika kandung kemih Anda penuh,” ujar Jenny Block, penulis O Wow: Discovering Your Ultimate Orgasm.

Selain itu, pikiran pun jadi terdistraksi karena Moms menahan pipis dan punya kekhawatiran pipis akan keluar saat berhubungan seks.

5. Terlalu Banyak Mengubah Posisi

3 Posisi Seks.jpg

Saat berhubungan seks, mencoba posisi baru memang selalu jadi tantangan. Namun, apabila Moms dan Dads terlalu banyak mengubah posisi, hal ini bisa jadi penyebab susah orgasme.

"Anda perlu mengembangkan ritme, dan sekali Anda merasa diri Anda sudah menuju klimaks, sensasinya harus konsisten atau Anda akan kehilangan momentum,” ujar Gloria G. Brame, PhD, seksolog dari Georgia.

Baca Juga: Ternyata, Ini 6 Rahasia Agar Perempuan Orgasme Maksimal

Moms, itulah beberapa alasan mengapa selama ini Moms susah orgasme. Hal yang paling penting ialah, rilekskan tubuh, seimbangkan waktu foreplay, dan percaya pada pasangan.

Carilah posisi yang paling membuat Moms nyaman dan paling Moms sukai. Mudah-mudahan, orgasme pun bisa dicapai, ya!

Artikel Terkait