3-5 TAHUN
14 Mei 2019

Kenali 6 Penyebab Pertengkaran Anak dengan Saudaranya

Dengan komunikasi yang baik, pertengkaran saudara bisa dihindari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan

Moms yang punya anak lebih dari satu pasti tahu betul, kalau hal sepele saja terkadang bisa jadi penyebab pertengkaran besar antara anak dengan saudaranya.

Jangan salah, Moms. Menurut psikolog anak dan penulis buku parenting Dr. Richard C. Woolfson, hal sepele seperti berebut mainan atau remote TV sebenarnya hanya pemantik pertengkaran saudara.

Di balik itu seringkali ada masalah terpendam yang jadi penyebab pertengkaran anak dan saudara sebenarnya, terutama kalau salah satu anak terlihat sering memulai pertengkaran tanpa alasan jelas.

Supaya anak dan saudaranya bisa akur dan rukun, coba kenali dan atasi beberapa penyebab pertengkaran saudara berikut ya, Moms.

Baca Juga: Ketika Kakak Cemburu Pada Si Adik, Apa Yang Harus Dilakukan Orang Tua?

1. Perbedaan Kebutuhan

6 Penyebab Pertengkaran Anak Dengan Saudara Kandung 1.jpg

Berbeda usia, sudah tentu berbeda pula kebutuhan setiap anak ya, Moms.

Balita yang masih suka bermain mungkin belum paham kalau kakaknya sedang belajar dan tidak boleh diganggu, dan sang kakak yang ingin dibantu mungkin tidak mengerti kalau adiknya belum bisa membereskan mainan sendiri.

2. Stres

6 Penyebab Pertengkaran Anak Dengan Saudara Kandung 2.jpeg

Jangankan anak sekolah yang bisa stres karena pelajaran di sekolah dan tekanan teman sebaya, balita juga bisa stres karena mengantuk, lapar, atau lelah.

Saat salah satu anak sedang stres, sedikit saja gangguan bisa memicu pertengkaran saudara.

Jadi sebaiknya berikan anak pemahaman untuk memberikan saudaranya kesempatan untuk beristirahat dan menenangkan diri sebelum mengajak bermain atau mengobrol.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Sibling Rivalry Menurut Psikolog Anak

3. Mencari Perhatian Orang Tua

6 Penyebab Pertengkaran Anak Dengan Saudara Kandung 3.jpg

Menurut pakar parenting Judy Arnall, anak yang merasa tidak diperhatikan juga bisa mencari perhatian orang tua secara negatif dengan memulai pertengkaran tanpa alasan jelas.

Kalau sepertinya ini yang jadi penyebab pertengkaran saudara, jangan dihadapi dengan memarahi, menghukum atau menyalahkan salah satu anak. Lebih baik abaikan dan mulai luangkan lebih banyak waktu berkualitas dengan setiap anak.

Jangan lupa berikan pujian saat mereka sedang bermain bersama dengan akur ya, Moms.

4. Merasa Diperlakukan Tidak Adil

6 Penyebab Pertengkaran Anak Dengan Saudara Kandung 4.jpg

Ini dia, salah satu penyebab pertengkaran saudara yang paling klasik. Di mata anak yang masih menganggap adil itu harus persis sama segalanya, sedikit perbedaan saja bisa jadi sumber pertengkaran.

Untuk menghindari pertengkaran saudara karena ada yang merasa diperlakukan tidak adil, berikan pengertian kalau setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda, tapi perbedaan tadi tidak berlaku untuk kasih sayang Moms dan Dads yang sama besar untuk semua anak.

5. Merasa Dibandingkan

6 Penyebab Pertengkaran Anak Dengan Saudara Kandung 5.jpg

Tidak ada yang suka dibandingkan dengan orang lain, bahkan dengan saudara kandung sekalipun.

Kalau anak sering bertengkar dengan saudaranya tanpa alasan jelas, coba Moms introspeksi, jangan-jangan sering membandingkan anak dengan saudaranya?

Baca Juga: Berapa Tahun Beda Jarak Usia Terbaik Untuk Kakak dan Adik?

6. Merasa Tidak Didengarkan Pendapatnya

6 Penyebab Pertengkaran Anak Dengan Saudara Kandung 6.jpeg

Membuat perubahan rutinitas atau mengambil keputusan yang mempengaruhi hidup anak tanpa berdiskusi dengannya juga bisa membuat buah hati kesal dan memulai pertengkaran dengan saudaranya lho, Moms.

Jadi tak ada salahnya mulai mengajak anak berdiskusi tentang hal kecil seperti aktivitas yang akan dilakukan di akhir pekan atau menu camilan besok, supaya saat besar nanti mereka juga terbiasa mengungkapkan pendapat untuk masalah keluarga yang lebih besar.

Semua penyebab pertengkaran tadi sebenarnya sangat bisa dihindari dengan komunikasi yang lancar antara anak dengan orang tua maupun antar saudara.

Jadi pastikan semua anak merasa aman dan nyaman untuk bercerita apapun pada Moms dan Dads, ya.

Nah, apa yang biasanya Moms lakukan saat anak sedang bertengkar dengan saudaranya?

(WA/INT)

Artikel Terkait