BALITA DAN ANAK
26 Februari 2020

Ini Penyebab Perut Kembung Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Apakah anak Moms intoleransi laktosa?
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap anak bisa mengalami sakit perut kapan saja. Ini karena anak-anak suka makan apa saja dan kapan saja. Jika sudah mengalami perut kembung, maka Si Kecil pasti akan merasa tidak nyaman dan mendadak rewel.

"Anak-anak tidak dapat mengungkapkan dengan tepat untuk menggambarkan perasaan perut kembung. Mereka hanya akan mengatakan bahwa perut mereka terasa sakit," ungkap dokter Tamara Duker Freuman, RD, pakar kesehatan pencernaan dan penulis buku baru The Bloated Belly Whisperer.

Walau dapat diobati dengan segera, Moms dan Dads perlu tahu apa saja penyebab perut kembung pada anak seperti berikut.

Ini Dia Penyebab Perut Kembung Pada Anak

penyebab perut kembung pada anak

Foto: babycenter.com

Menurut para ahli kesehatan, penyebab utama perut kembung pada anak adalah adanya gas di dalam usus. Gas tersebut berada di dalam usus dan pencernaan Si Kecil melalui banyak cara.

Oleh karena itu, Moms dan Dads perlu memahami apa saja yang menjadi sumber gas di dalam perut anak serta bagaimana mengatasinya.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Mengurangi Perut Kembung pada Bayi

1. Menelan Udara Terlalu Banyak

penyebab perut kembung pada anak

Foto: news.wsu.edu

Menelan udara ekstra atau aerophagia, tidak hanya dapat menyebabkan anak merasa kembung tetapi juga mual dan kehilangan nafsu makan.

Beberapa anak memiliki kebiasaan menelan udara lebih banyak ketika mereka makan atau minum dengan cepat, menangis, dan juga mengunyah permen karet.

Bantu anak mengatasinya dengan membuatnya lebih tenang sehingga ia tidak memasukkan lebih banyak udara. Moms juga bisa memberikan simetikon yang dapat membantu meredakan gas di dalam perutnya.

2. Konstipasi

penyebab perut kembung pada anak

Foto: parenting.firstcry.com

Konstipasi atau yang umumnya dikenal sebagai penyakit sembelit umum sekali terjadi pada anak-anak. Terutama, jika anak-anak sudah bisa buang air sendiri.

Sembelit bisa menjadi penyebab perut kembung pada anak karena anak biasanya menahan rasa ingin buang air besar karena tidak nyaman dengan toilet di sekolah atau tempat umum lainnya.

Menahan buang air besar terlalu lama akan membuat anak merasa kembung, sakit perut, hingga buang air besar yang menyakitkan.

Untuk mengatasinya, berikan anak lebih banyak makanan berserat, cairan, dan juga ajak Si Kecil berolah raga.

Pastikan juga anak buang air besar setiap hari saat ia mandi secara teratur. Si Kecil yang mengalami konstipasi kronis harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Perut Balita Kembung Setelah Makan

3. Intoleransi Laktosa

penyebab perut kembung pada anak

Foto: kidsclinic.sg

"Jika anak memiliki intoleransi laktosa, tentu saja ia tidak dapat mencerna laktosa seperti gula dalam susu dan produk susu lainnya. Dengan intoleransi laktosa, usus kecil tidak menghasilkan cukup laktase yaitu enzim yang membantu mencerna laktosa," jelas Keri Gans, dietisian terdaftar dan penulis The Small Change Diet.

Ketidakmampuan untuk mencerna gula alami dengan baik dalam susu, biasanya terjadi selama masa kanak-kanak atau remaja.

Beberapa anak yang memiliki intoleransi laktosa mengalami kembung, kram perut, dan bahkan diare.

Untuk memastikannya, konsultasikan kondisi Si Kecil pada dokter kepercayaan Moms dan Dads.

4. Cegukan atau Sendawa

penyebab perut kembung pada anak

Foto: kidsdigfood.com.au

Penyebab perut kembung pada anak juga sering terjadi karena cegukan atau sendawa. Saat anak cegukan atau sendawa sebagian besar udara yang mengandung nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida keluar dari perut tetapi ada juga udara yang tertinggal.

Cegukan terjadi ketika diafragma mengalami iritasi. Beberapa hal yang dapat mengiritasi diafragma adalah makan terlalu cepat atau terlalu banyak, iritasi di perut atau tenggorokan, atau merasa gugup atau bersemangat. Biasanya, cegukan hanya berlangsung beberapa menit.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Merawat Bayi yang Mengalami Perut Kembung

5. Irritable Bowel Syndrome

penyebab perut kembung pada anak

Foto: houseofhealth.co.nz

Irritable Bowel Syndrome atau IBS juga merupakan penyebab perut kembung pada anak. Walau sering dianggap sebagai masalah perut orang dewasa, tetapi gejala ini juga dialami oleh banyak anak-anak.

Pemicu terjadinya IBS seperti susu, buah, makanan ringan olahan, dan cokelat. Untuk membantu mengatasinya, Moms bisa berkonsultasi pada dokter anak atau ahli nutrisi untuk menentukan apa saja makanan yang dapat meredakan gejala ini.

Dalam beberapa kasus, cara paling sederhana adalah dengan menambahkan lebih banyak serat ke dalam menu makanan Si Kecil.

Penyebab perut kembung pada anak tentu bisa diatasi. Dengan demikian, Si Kecil bisa kembali beraktivitas dengan ceria.

Artikel Terkait