KEHAMILAN
11 Mei 2020

4 Penyebab Pusing saat Hamil, Mitos atau Fakta ya?

Ternyata semua ada penjelasan medisnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pusing-pusing saat menjalani kehamilan merupakan hal yang umum terjadi. Penyebab pusing saat hamil cukup beragam, bisa karena perubahan hormon ataupun faktor lain.

Penyebab Pusing saat Hamil

Namun, ternyata banyak mitos juga di baliknya. Simak penjelasan medisnya seperti yang sudah Orami rangkum di bawah ini.

Baca Juga: Sering Pusing Saat Hamil, Adakah Bahayanya?

1. Pertanda Hamil Anak Perempuan

mitos fakta kehamilan

Pusing saat hamil muda sering dikaitkan dengan gender bayi. Pernahkah Moms mendengar mitos ini? Pusing selama kehamilan adalah hal biasa dan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Penyebab pusing saat hamil utamanya adalah jantung Moms memompa lebih banyak darah dari biasanya, sehingga detak jantung meningkat, dan sirkulasi melambat. Hal ini dapat membuat Moms pusing bahkan pingsan. Terutama jika Moms bangun dari duduk atau berbaring terlalu cepat.

2. Ciri Punya Bayi Kembar

mitos fakta kehamilan

Jika memiliki bayi kembar, mitosnya sang ibu akan mengalami pusing, mual dan muntah yang berlebihan. Penjelasan medisnya, hal ini memang gejala umum kehamilan.

Sehingga kalaupun bukan bayi kembar yang dikandung, Moms akan tetap merasakan pusing-pusing, mual dan muntah. Saat menjalani masa kehamilan, tekanan dari rahim yang membesar atau posisi bayi, dapat menekan pembuluh darah utama.

Ini yang bisa jadi penyebab Moms pusing saat hamil.

Baca Juga: 6 Penyebab Pusing Saat Hamil dan Cara Alami Mengatasinya

3. Gara-gara Tidur Telentang

mitos fakta kehamilan

Kalau ini memang benar. Posisi tidur saat Moms hamil penting untuk tubuh. Menurut American Pregnancy Association, jika Moms tidur terlentang di akhir kehamilan, akan memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah besar yang membawa darah dari tubuh bagian bawah kembali ke jantung.

Ini yang jadi penyebab Moms pusing luar biasa saat hamil.

Dilansir dari Mom Loves Best, aliran darah ke bayi lebih optimal jika Moms tidur menghadap sisi kiri. Dr. Irena Ilic, MD menyarankan cobalah menggunakan bantal kehamilan untuk menopang perut dan punggung.

’’Atau letakkan di antara lutut untuk menjaga mereka agar lutut tidak menekan punggung dan pinggul,’’ ucapnya.

4. Menyebabkan Keguguran

mitos fakta kehamilan

Pusing yang berujung pingsan sering dikaitkan dengan keguguran, namun bukan berarti penyebabnya. Kondisinya berbeda pada setiap perempuan.

’’Beberapa perempuan pusing, yang lain tidak. Beberapa perempuan pingsan, yang lain tidak,” kata dokter kandungan Dr Claire Hein dikutip dari Made for Mums.

’’Kita semua adalah individu dan tubuh kita semua beradaptasi sedikit berbeda, atau mampu mengatasi lebih baik dengan tekanan yang berbeda dari yang lain,’’ jelasnya.

Dr Hein menambahkan, terkadang ada penyebab pusing saat hamil lain yang lebih serius. Tetapi bidan atau dokter akan tahu pertanyaan mana yang harus diajukan untuk mengesampingkan hal ini atau untuk memutuskan apakah tes lebih lanjut perlu dilakukan.

Baca Juga: Kapan Sakit Kepala Kala Hamil Harus Dikhawatirkan?

Itulah beberapa penyebab pusing saat hamil dan penjelasannya. Pusing adalah hal yang biasa, tetapi Moms harus tetap membicarakannya dengan dokter.

Pusing disertai dengan ucapan tidak jelas, penglihatan yang terganggu, atau gejala mengkhawatirkan lainnya mungkin merupakan tanda dari masalah yang lebih serius.

Moms harus berbicara dengan dokter tentang apa yang dirasakan, sehingga ia dapat membantu memahami kondisi kesehatan Moms dan bayi.

(CIL)

Artikel Terkait