KESEHATAN
7 Oktober 2019

Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengatasinya

Tak hanya di dalam mulut dan bibir, sariawan pun bisa muncul di lidah. Bagaimana mengatasinya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sariawan memang dapat menyerang siapa saja, tetapi pada beberapa orang tertentu akan jauh lebih rentan untuk mengalaminya.

"Kami biasanya melihat sariawan pada anak-anak yang sistem kekebalannya masih berkembang atau pada orang dewasa yang lebih tua, dimana sistem kekebalan mereka mulai menurun. Orang yang memiliki kondisi yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh juga lebih rentan," ujar Otolaryngologist, Tony Reisman, MD.

Tempat kemunculan sariawan pun tidak pandang bulu. Bahkan sariawan juga bisa muncul di lidah.

Rasa nyeri akibat sariawan di lidah tentu membuat rasa tidak nyaman, terutama saat sedang makan. Sebenarnya apa saja penyebab sariawan di lidah dan bagaimana cara cepat mengatasinya?

Penyebab Sariawan di Lidah

1. Luka di Lidah

penyebab sariawan di lidah - luka di lidah.jpg

Pernahkah Moms tiba-tiba secara tidak sengaja menggigit lidah ketika sedang makan?

Nah, akibat gigitan tidak sengaja ini bisa menimbulkan luka ringan yang pada akhirnya akan berkembang menjadi sariawan.

Tidak hanya karena akibat gigitan tidak sengaja, luka di lidah juga bisa terjadi ketika Moms menyikat gigi terlalu keras hingga menyebabkan luka dan sariawan.

Baca Juga: Jangan Bingung Dulu, Begini Cara Membedakan Radang Amandel dengan Radang Tenggorokan

2. Jamur Berlebih di Mulut

penyebab sariawan di lidah - jamur berlebih.jpg

Penyebab sariawan di mulut, termasuk pada bagian lidah yang paling umum adalah karena pertumbuhan jamur Candida albians yang berlebihan.

Sebenarnya jika jumlahnya kecil, keberadaan jamur tersebut yang hidup di dalam mulut bukan masalah, ya, Moms karena tidak berbahaya.

Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, bakteri menguntungkan yang aa di dalam tubuh akan membantu menjaga jamur Candida albicans terkendali.

Namun jika sistem kekebalan tubuh sedang terganggu atau keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh terganggu, jamur tersebut dapat berkembang di luar kendali. Karena itulah orang sedang sakit pun juga rentang terkena sariawan di lidah.

3. Faktor Makanan

penyebab sariawan di lidah - faktor makanan.jpg

Lidah bisa mengalami iritasi ketika Moms mengonsumsi makanan tertentu yang ternyata membuat lidah sensitif. Makanan pedas dan asam adalah salah satu contohnya.

Makanan atau minuman yang terlalu panas juga bisa membuat lidah iritasi hingga berakibat pada sariawan.

4. Bahan Kimia Pada Pasta Gigi atau Obat Kumur

penyebab sariawan di lidah - bahan kimia sls.jpg

Bahan kimia seperti SLS atau Sodium Lauryl Sulfate yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur juga bisa, lho, Moms menyebabkan sariawan.

Pada beberapa orang tertentu, bahan kimia SLS dapat membuat sensitif bagian lidah dan membuat luka iritasi.

Karena itulah sebelum memakai produk pabrikan, kenali dulu bahan-bahannya apakah termasuk aman untuk digunakan oleh Moms.

Baca Juga: Cegukan Pada Bayi, Apakah Berbahaya?

5. Infeksi Virus dan Bakteri

Sariawan Berkepanjangan Benarkah Kanker Lidah - sariawan dan kanker lidah.jpg

Salah satu penyebab sariawan adalah karena infeksi virus dan bakteri. Biasanya bakteri

Helicobacter pylori menjadi bakteri yang paling sering menyebabkan sariawan di daerah mulut dan lidah. Baketri ini juga yang menjadi penyebab herpes.

6. Sedang Melakukan Pengobatan Tertentu

obat darah tinggi

Pada pasien yang sedang melakukan perawatan kanker, termasuk kemoterapi dan terapi radiasi, juga termasuk orang yang rentan terhadap sariawan dam infeksi lainnya karena proses pengobatan tersebut dapat merusak atau membunuh sel-sel sehat.

Kondisi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti leukemia dan HIV, juga meningkatkan risiko sariawan.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

sariawan di lidah

Moms tidak perlu khawatir jika mengalami sariawan di lidah. Jika sariawan termasuk yang ringan, sariawan tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya. Moms tidak memerlukan obat untuk menghilangkannya.

“Anda bahkan mungkin tidak memerlukan diagnosis karena sariawan sering hilang dengan sendirinya begitu Anda menghentikan apa pun yang menyebabkan masalahnya,” jelas Tony Reisman, MD.

Reisman, MD, juga merekomendasikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dengan baik selama sariawan masih ada di lidah dan tunggulah selama tiga hingga empat minggu untuk melihat apakah sariawan dapat sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Kenali 6 Tanda Sakit Gigi yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter Gigi!

Namun jika sariawan di lidah juga disertai dengan infeksi, ada baiknya Moms segera berkonsultasi dengan tenaga medis.

Biasanya dokter akan memberikan resep obat berupa antibiotik atau anti peradangan untuk mengatasi sariawan di lidah tersebut.

(DI)

Artikel Terkait