KEHAMILAN
16 Juni 2020

Ini Penyebab Spider Veins pada Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Tidak sama dengan varises ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selama hamil, Moms mungkin melihat pembuluh darah bergigi dan halus tampak mengalir di kaki seperti sengatan matahari atau jaring laba-laba. Tapi jangan cemas, karena hal ini biasa disebut spider veins, yang biasanya muncul di kaki dan wajah selama kehamilan.

Spider veins merupakan pembuluh darah berwarna ungu atau biru yang biasanya muncul selama kehamilan pada kaki, pergelangan kaki, atau wajah ibu hamil. Spider veins biasanya tidak menimbulkan rasa sakit yang sangat tetapi dapat membuat kaki terasa berat.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Varises Saat Hamil yang Mudah Dilakukan

Jika Moms telah beraktivitas lama di kaki, kulit di sekitar pembuluh darah ini juga bisa terasa gatal, bahkan berdenyut.

Apa ya yang jadi penyebab spider veins muncul pada ibu hamil?

Penyebab Spider Veins pada Ibu Hamil

spider veins

Foto: parenting.firstcry.com

Dilansir dari U.S. Department of Health and Human Sercices, ditemukan bahwa penyebab spider veins saat hamil adalah karena masalah pada katup di vena dapat mencegah darah mengalir secara normal dan menyebabkan spider veins.

Jantung kita memompa darah yang diisi dengan oksigen dan nutrisi melalui arteri ke seluruh tubuh. Pembuluh balik atau vena kemudian membawa darah dari berbagai bagian tubuh Moms kembali ke jantung.

Baca Juga: Bagaimana Mencegah Varises Pada Ibu Hamil?

Biasanya, pembuluh darah kita memiliki katup yang berfungsi sebagai katup satu arah. Tetapi, jika katup tidak menutup dengan benar, darah dapat bocor kembali ke bagian bawah vena daripada menuju ke jantung.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak darah yang tersangkut di vena, membangun tekanan yang melemahkan dinding vena, sehingga menyebabkan pembuluh darah tumbuh lebih besar.

Spider Veins ini mungkin terasa menyakitkan atau tidak nyaman untuk tubuh kita, akan tetapi kabar baiknya, spider veins pada ibu hamil tidak akan memengaruhi bayi.

Spider Veins Sering Dikira sebagai Varises

spider veins

Foto: parents.com

Spider veins kadang-kadang disalahartikan sebagai varises, yaitu vena bengkak yang biasanya terlihat lebih besar dari spider veins.

“Varises adalah pembuluh darah besar, menonjol, bengkak, dan seperti terpelintir. Mereka biasanya berkembang di kaki dan dapat dilihat dari permukaan kulit,” kata Dr. John Morris, ahli Bedah Vaskular di Grand Rapids, MI.

Baca Juga: 6 Penyebab Mulut Ibu Hamil Sering Terasa Hambar

Sedangkan spider veins menurut Dr. John Morris adalah pembuluh yang lebih kecil, merah, ungu, dan biru yang juga berputar. Spider veins juga mudah terlihat melalui kulit dan biasanya terlihat di kaki dan wajah.

Ternyata penyebab spider veins pada ibu hamil adalah karena menumpuknya darah yang tersangkut di pembuluh vena dan tidak membahayakan janin. Jadi jika spider veins muncul saat Moms hamil, jangan panik ya Moms.

Agar sirkulasi darah di kaki terjadi berjalan lancar, cobalah berolahraga duduk lalu berdirin dan mengangkat kaki, untuk membantu mendorong sirkulasi darah, yang dapat membantu mencegah spider veins selama kehamilan.

Artikel Terkait