3-5 TAHUN
22 Juli 2019

Penyebab Suara Balita Serak dan Cara Mengatasinya

Sering berteriak dan menangis dengan keras bisa membuat suara balita serak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, pernahkah mendapati suara balita serak tapi tidak tahu persis apa penyebabnya?

Jangan khawatir dulu Moms, kalau menurut informasi dalam situs KidsHealth, suara serak adalah salah satu jenis disfonia atau gangguan suara yang memang sering terjadi pada anak dan balita karena berbagai kondisi yang mempengaruhi struktur atau fungsi laring.

Biasanya suara balita serak akan membaik dengan sendirinya dalam hitungan jam atau hari, namun ada juga serak kronis yang tidak kunjung membaik bahkan setelah hitungan minggu atau bulan.

Suara serak yang terdengar kasar dan kurang jelas sebenarnya terjadi akibat adanya tarikan, iritasi, atau peradangan di pita suara sehingga tidak bisa bergetar dan memproduksi suara dengan normal.

Suara balita serak sementara paling sering terjadi karena demam atau flu yang membuat pita suara meradang. Texas Children’s Hospital juga menyebutkan beberapa penyebab lain suara balita serak, yaitu:

  • Alergi.
  • Infeksi yang membuat cairan hidung menetes ke tenggorokan.
  • Berteriak, menangis, atau bernyanyi terlalu lama atau terlalu keras.
  • Batuk berkepanjangan.
  • Menghirup udara kotor seperti asap rokok atau polusi kendaraan.

Lalu apa saja penyebab suara balita serak berkepanjangan? Silakan baca sampai selesai untuk tahu jawabannya ya, Moms.

1. Benjolan Jinak Di Sekitar Pita Suara

Penyebab Suara Balita Serak Dan Cara Mengatasinya 1.jpg

Foto: kidshealth.com

Seperti disebutkan dalam laman Hassenfeld Children’s Hospital, penyebab serak kronis pada balita yang paling umum adalah adanya benjolan atau gumpalan jinak di bagian bawah maupun pada permukaan pita suara.

Benjolan atau gumpalan tersebut akan membuat suara balita serak karena pita suara jadi sulit untuk membuka, menutup, serta menggetarkan udara secara normal untuk membuat suara.

2. Luka Berulang Pada Pita Suara

Penyebab Suara Balita Serak Dan Cara Mengatasinya 2.jpg

Foto: lisaraleigh.com

Suara balita serak berkepanjangan juga bisa disebabkan oleh luka berulang pada pita suara akibat menangis, berteriak, atau berbicara terlalu keras dalam jangka waktu panjang.

Pasalnya, penggunaan suara berlebihan bisa menyebabkan munculnya benjolan dan polip pada permukaan pita suara.

Selain itu, pita suara yang sudah sering membengkak karena banyak digunakan untuk berteriak juga bisa menjadi kaku dan membentuk benjolan.

3. Luka Akibat Penanganan Medis

Penyebab Suara Balita Serak Dan Cara Mengatasinya 3.jpg

Foto: sparkcreationsinc.com

Efek samping dari penanganan medis tertentu juga bisa menyebabkan suara balita serak berkepanjangan lho, Moms.

Contohnya saja, pemasangan selang udara saat operasi yang bisa melukai pita suara atau operasi pada dada atau leher yang bisa merusak sebagian atau seluruh saraf laring Si Kecil.

4. Sleep Apnea

Penyebab Suara Balita Serak Dan Cara Mengatasinya 4.jpeg

Foto: blueberrypediatrics.com

Bila suara balita serak berkepanjangan meski tidak sakit, berteriak, atau banyak bicara, ada baiknya Moms mengecek gejala sleep apnea saat Si Kecil tidur di malam hari.

Menurut Mayo Clinic, yang dimaksud dengan sleep apnea adalah gangguan tidur serius dimana pernapasan sering terhenti selama tidur.

Bila mengalami sleep apnea, balita seringkali harus bernapas melalui mulut saat tidur. Akibatnya, suara menjadi serak karena pita suara kering dan meradang.

Suara balita yang serak sementara bisa dipulihkan kembali di rumah dengan cukup istirahat, minum air hangat, serta tidak banyak bicara atau menangis dengan suara keras.

Sedangkan serak yang tidak kunjung menghilang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat setelah diketahui penyebab pastinya.

Apa Moms punya pengalaman dalam menghadapi suara balita yang serak?

(WA)

Artikel Terkait