KEHAMILAN
29 Juni 2020

Sulit Hamil Anak Kedua, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Bisa jadi karena faktor usia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Setelah melahirkan anak pertama, Moms mungkin sempat berpikir bahwa hamil anak kedua adalah hal yang mudah.

Sayangnya, itu tidak selalu benar. Karena tidak sedikit wanita yang sulit hamil anak kedua atau mengalami infertilitas sekunder.

Penyebab Sulit Hamil Anak Kedua

Infertilitas sekunder adalah ketidakmampuan untuk hamil atau melahirkan anak kedua, ketiga, dan seterusnya yang umumnya disebabkan beberapa hal di bawah ini:

Baca Juga: Penuh Bahagia, Ini 6 Artis yang Sedang Hamil Anak Kedua Mereka

1. Berusia Di Atas 35 Tahun

Sulit Hamil Anak Kedua, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya 1

Foto: pexels.com

“Wanita berusia pertengahan hingga akhir 30-an dan lebih tua sangat mungkin mengalami infertilitas sekunder karena sel telur mulai berkurang seiring bertambahnya usia,” kata OB/ GYN Cynthia Austin, MD, seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

Selain itu, perubahan hormon dan risiko penyakit tertentu juga meningkat seiring bertambahnya usia. Di mana menurut Dr. Austin, keduanya juga turut berdampak kesuburan.

“Tetapi, hanya karena Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil, bukan berarti Anda tidak bisa hamil lagi. Itu hanya berarti Anda memiliki lebih sedikit kesempatan untuk melakukannya,” kata Dr. Austin.

2. Pernah Menjalani Operasi Caesar

Sulit Hamil Anak Kedua, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya 2

Foto: pexels.com

Persalinan caesar pada kehamilan sebelumnya diketahui dapat menjadi faktor risiko lainnya yang dapat mengembangkan infertilitas sekunder pada wanita, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Department of Community Medicine and Department of Epidemiology, National Institute of Preventive and Social Medicine.

Hal tersebut diduga karena operasi caesar dapat menyebabkan infeksi panggul serta meninggalkan jaringan parut dan adhesi yang memicu terjadinya kerusakan tuba.

Baca Juga: Tantri Kotak Hamil Anak Kedua, Ini Foto-Foto Harmonis Keluarga Kecilnya

3. Kelebihan Berat Badan

Sulit Hamil Anak Kedua, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya 3

Foto: pexels.com

Baik pada pria maupun wanita, kelebihan berat badan dapat menyebabkan kesulitan hamil.

Sebagaimana disebutkan pada sebuah studi dalam jurnal Reproductive Biology and Endocrinology, wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat mengalami perubahan hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi dan ovulasi, yang kemudian meningkatkan risiko sulit hamil anak kedua.

4. Kondisi Medis Tertentu

Sulit Hamil Anak Kedua, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya 4

Foto: pexels.com

Hal lain yang sangat mungkin menyebabkan infertilitas sekunder menurut Very Well Family adalah adanya kondisi medis tertentu, baik yang sebelumnya sudah ada ataupun muncul tanpa disadari.

Ini dapat termasuk PCOS subklinis, endometriosis, penyakit radang panggul, atau karena cadangan ovarium yang sudah semakin menurun.

Baca Juga: Infertilitas Sekunder, Gangguan yang Menyebabkan Sulit Hamil Anak Kedua

5. Infertilitas Faktor Pria

Sulit Hamil Anak Kedua, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya 5

Foto: unsplash.com

“Meskipun pasangan wanita yang lebih sering dirujuk ke spesialis dan melakukan konsultasi, alasan infertilitas dapat berasal dari pasangan pria,” kata Dr. Jeanne O’Brien, MD, seorang ahli urologi yang berspesialisasi dalam infertilitas pria di University of Rochester Medical Center, seperti dikutip dari New York Times. Di mana ini juga dapat berlaku pada kasus infertilitas sekunder.

Menurutnya, masalah infertilitas faktor pria yang paling umum adalah jumlah sperma yang rendah, yang dapat disebabkan oleh perubahan suhu ekstrem (seperti berendam di bak mandi air panas), penggunaan steroid (termasuk beberapa jenis suplemen) dan kelebihan berat badan.

Nah, itulah berbagai faktor yang dapat menyebabkan pasangan sulit hamil anak kedua atau mengalami infertilitas sekunder. Konsultasikan dengan dokter jika Moms mencurigai adanya masalah di atas yang menyebabkan hingga saat ini belum berhasil hamil anak kedua.

Artikel Terkait