KESEHATAN
23 Februari 2019

Tangan Sering Berkeringat? Ini Penjelasannya!

Apakah benar indikasi penyakit lemah jantung?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Keringat merupakan hasil dari tubuh yang bermetabolisme yang membuang zat tidak berguna untuk tubuh melalui pori-pori.

Saat keringat keluar, terjadi detoksifikasi racun yang keluar bersamaan dengan keringat.

Saat berkeringat juga menjadi tanda bahwa tubuh sedang membakar kalori karena aktivitas fisik.

Sehingga semakin banyak berkeringat, kalori yang dibakar akan semakin banyak dan ini baik untuk menjaga berat badan tubuh tetap stabil.

Tapi Moms, apa jadinya kalau keringat yang keluar hanya pada titik tertentu? Apa betul ini merupakan indikasi tubuh mengidap suatu penyakit?

Keringat Berlebihan di Suatu Titik Tubuh

shutterstock 577573636

Kemungkinan besar penderita mengalami primary focal hyperhidrosis. Primary focal hyperhidrosis adalah keadaan tubuh yang mengeluarkan keringat berlebihan, tapi hanya berada di titik tertentu saja.

Misalnya telapak tangan, ketiak, wajah, pangkal paha, atau telapak kaki.

Biasanya saat mengalami keringat tersebut bukan hanya satu sisi tangan yang berkeringat, tapi keduanya atau bisa bergantian dalam jangka waktu beberapa lama.

Saat tubuh mengalami hyperhidrosis, syaraf yang memicu kelenjar keringat merespon secara berlebihan atau overaktif sehingga keringat keluar pada saat tubuh sedang tidak membutuhkan atau dalam suhu tubuh yang normal.

Penderita hyperhidrosis akan mengeluarkan keringat justru bukan karena aktivitas fisik, tapi karena pengaruh dari emosi si penderitanya.

Bisa karena terlalu bersemangat, saat merasa gugup, saat menahan marah, atau saat merasa cemas.

Saat syaraf yang merangsang munculnya keringat bereaksi maka keringat akan muncul secara berlebihan pada titik tertentu termasuk telapak tangan.

Kebanyakan, penderita hyperhidrosis berada di rentang usia remaja sampai 25 tahun. Kondisi seperti ini ternyata bisa juga terjadi karena faktor genetik, karena kondisi hormon orang tua bisa diturunkan kepada anaknya.

Baca Juga: Balita Sering Berkeringat di Malam Hari, Apa Penyebabnya?

Tangan Berkeringat Berarti Lemah Jantuh?

shutterstock 571837021

Terdapat mitos yang berkembang dalam masyarakat bahwa saat tangan yang sering berkeringat merupakan tanda bahwa penderita mengalami penyakit lemah jantung.

Moms perlu identifikasi dahulu ciri-ciri umum penderita jantung lemah. Apakah penderita sering mengalami jantung yang berdebar, kaki yang membengkak, atau sering mengalami rasa tidak nyaman seperti ditekan di bagian dada?

Jika tidak, maka gejala tangan berkeringat tersebut bukanlah merupakan indikasi penderita mengalami lemah jantung.

Karena hyperhidrosis bukan termasuk penyakit yang serius, jadi tidak perlu khawatir, Moms. Hanya saja, keringkanlah segera keringat di tubuh untuk menghindari menempelnya bakteri dan virus yang bisa memicu penyakit yang lain.

(LMF)

Artikel Terkait