RUPA-RUPA
18 November 2019

Bau Kaki, Ini Penyebab Utama dan 5 Cara Menghilangkannya

Usahakan untuk sering mengganti sepatu yang kita gunakan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, simak cara menghilangkan bau kaki berikut ini, serta penyebabnya yuk.

Seharian menggunakan sepatu dan beraktivitas, ketika melepaskan sepatu, pasti ada bau tidak sedap yang muncul. Meskipun telah memakai kaos kaki baru, tetap saja bau kaki tidak bisa dihindari.

Bau kaki ini bukanlah masalah medis, namun tetap saja keberadaannya tetap mengganggu, tidak hanya kita namun orang-orang di sekeliling kita juga.

Meskipun sepatu yang kita gunakan memiliki ventilasi pun masih memiliki kemungkinan untuk menimbulkan bau kaki. Dan seringkali baunya ini sangat menusuk.

Masalah bau kaki ini pada akhirnya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Dan enggan melepaskan sepatunya di tengah orang banyak. Lalu bagaimana cara mengatasi bau kaki?

Baca Juga: 2 Gangguan Kulit Mengganggu karena Sepatu Bayi

Penyebab Bau Kaki

Dikutip dari Canadian Journal of Microbiology, masalah bau kaki ini memiliki istilah medis. Istilah medisnya adalah bromodosis yang biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di kaki.

Memang sebenarnya hal ini merupakan hal yang normal karena semua orang memiliki bakteri yang hidup di bagian kaki. Namun jika jumlahnya berlebihan, biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

"Apa yang orang tidak ketahui adalah bahwa bau kaki sebenarnya disebabkan oleh bakteri, dan bakteri ini hidup di dalam kaus kaki, sepatu, dan di kaki kita," kata Luke Lombardo, pelatih lari bersertifikat RRCA dan triathlete Ironman.

Menurutnya tidak hanya penting untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di sepatu kita, tetapi juga penting untuk membunuh bakteri yang hidup di sepatu. Jika tidak, bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Kenapa Tangan dan Kaki Sering Berkeringat?

1. Sepatu yang Nyaman

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: zodeals.com

Jika masalahnya adalah keringat berlebih pada kaki, sebaiknya kita menggunakan sepatu yang memiliki ventilasi atau menyerap keringat. Hal ini akan membantu mengurangi timbulnya keringat pada kaki.

Jangan memilih sepatu yang tertutup, seperti sepatu yang terbuat dari bahan plastik, karena akan membuat kaki jadi mudah berkeringat dan tidak bisa diserap. Keringat inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan bau kaki.

2. Mengganti Kaos Kaki

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: socksaholic.com

Seperti yang sudah disebutkan, bakteri juga bisa tumbuh di kaos kaki. Jadi, tidak mengganti kaos kaki selama berhari-hari juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau kaki.

Karenanya, kita harus rutin mengganti kaos kaki ya. Jangan lupa juga untuk memakai bahan kaos kaki yang menyerap keringat untuk mengurangi bau.

Baca Juga: Sebenarnya Apa Penyebab Bau Kaki?

3. Gunakan Semprotan Sepatu

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: tokopedia.com

Biasanya sepatu yang sering digunakan juga akan menimbulkan bau jika tidak dijemur. Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan semprotan anti bakteri atau disinfektan untuk digunakan pada sol bagian dalam sepatu.

4. Mengganti Sepatu

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: purelyb.com

Sebisa mungkin, gantilah sepatu setiap hari. Jangan menggunakan sepatu yang sama selama seinggu berturut-turut. Gunanya agar sepatu diistirahatkan dan mendapat kesempatan untuk bernapas.

5. Rendam Kaki dengan Air Garam

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: healthextremist.com

Selain itu, penting juga bagi kita untuk merawat kaki. Caranya dengan merendam kaki dengan air garam. Hal ini berguna untuk mengelupas kulit mati pada kaki dan mehilangkan bakteri pada kaki.

Caranya siapkan ember dengan air hangat, lalu masukan garam secukupnya. Rendam kaki kita selama 10-20 menit.

Ikuti cara-cara di atas ya Moms. Meski bau kaki tidak pergi 100 persen, setidaknya akan berkurang bau tidak sedapnya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait