GAYA HIDUP
10 Februari 2020

Penyebab-Penyebab Vertigo yang Terkadang Tidak Disadari, Waspada!

Vertigo umumnya disebabkan adanya gangguan pada bagian dalam telinga
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, pernah mengalami pusing berputar-putar atau terasa seperti gempa? Itu dinamakan vertigo. Ada orang yang tidak menyadari sedang mengalami vertigo, ada pula yang gejalanya sangat parah sampai berdiri saja jadi tidak seimbang.

"Gejala ini sangat umum terjadi pada semua usia, tapi lebih sering terjadi pada usia senja. Ciri vertigo sangat spesifik, yaitu sensasi seperti berputar-putar hebat yang berlangsung selama 30 detik dan kemudian hilang dengan sendirinya. Biasanya terjadi ketika pasien berbaring dan membalikkan badan," ujar dr. Douglas Paauw, Profesor di Departemen Kedokteran Bagian Dalam dan Direktur Program Mahasiswa Kedokteran Bagian Dalam di University of Washington, Seattle.

Serangan vertigo bisa menyerang tiba-tiba dan bertahan selama beberapa detik atau menit. Apabila Moms mengalami vertigo yang parah, gejalanya mungkin bisa sampai berhari-hari hingga bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari Jurnal Aging and Disease, vertigo bisa dialami oleh seua kelompok usia, namun umumnya paling banyak menyerang kelompok usia 65 tahun ke atas.

Penyebab Vertigo yang Tidak Disadari

Lantas, apa sebenarnya penyebab vertigo? Yuk cari tahu penyebab vertigo di bawah ini Moms!

Baca Juga: Pusing Berputar-Putar, Hati-Hati Vertigo! Kenali Gejala dan Cara Penanganannya!

1. BPPV

penyebab vertigo6.jpg

Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau vertigo posisional paroksismal benigna merupakan gangguan keseimbangan perifer paling umum. Ini menjadi salah satu penyebab vertigo yang paling umum. BPPV terjadi ketika partikel-partikel kalsium kecil (canaliths) menggumpal di kanal telinga bagian dalam.

Telinga bagian dalam ini berfungsi mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh sesuai gravitasi sehingga Moms bisa menjaga keseimbangan setiap harinya. Dengan adanya partikel-partikel kecil yang menggumpal di bagian telinga dalam, vertigo bisa menyerang tiba-tiba tanpa pandang usia.

2. Penyakit Meniere

penyebab vertigo 1.jpg

Penyebab vertigo selanjutnya adalah penyakit meniere. Penyakit ini merupakan gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan di telinga.

Adanya kondisi ini bisa menyebabkan serangan vertigo yang disertai denging di telinga (tinnitus) dan gangguan pendengaran. Penyakit Meniere tergolong jarang karena menyerang kurang dari 150 ribu orang per tahunnya.

Meski begitu, penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Pengobatan bisa dilakukan, tapi sifatnya hanya untuk meminimalisir gejala.

Baca Juga: Telinga Berdenging, Waspada 6 Penyakit Ini!

3. Neuritis Vestibular

penyebab vertigo3.jpg

Penyebab vertigo selanjutnya adalah neuritis vestibular. Neuritis vestibular adalah kondisi adanya masalah di telinga bagian dalam yang biasanya berhubungan dengan infeksi (biasanya virus). Infeksi ini menyebabkan peradangan di telinga bagian dalam, tepatnya di sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan indera tubuh.

Neuritis vestibular bisa menyebabkan vertigo akut, baik pada perempuan dan laki-laki khususnya usia dewasa yang disertai mual dan muntah.

4. Labirinitis

penyebab vertigo4.jpg

Labirinitis adalah penyebab vertigo lainnya. Pada bagian dalam telinga terdapat struktur bernama labirin yang berfungsi membantu tubuh mengatur keseimbangan.

Apabila labirin mengalami iritasi, labirin akan memberi sinyal yang salah ke otak tentang keseimbangan tubuh. Labirinitis merupakan peradangan pada telinga bagian dalam yang bisa menyebabkan vertigo.

5. Kolesteatoma

penyebab vertigo5.jpg

Kolesteatoma adalah tumor jinak yang tumbuh di area telinga tengah atau di belakang gendang telinga. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi pada telinga tengah secara berulang kali.

Namun ada pula yang mengalaminya karena cacat lahir. Bila pertumbuhannya dibiarkan jadi lebih besar bisa dan tidak diobati maka bisa merusak telinga. Kondisi ini juga menjadi penyebab vertigo.

Baca Juga: Kenapa Telinga Berdenyut Seperti Ditusuk-tusuk?

Penyebab Vertigo Lainnya

penyebab vertigo2.jpg

Selain poin-poin di atas, berikut ini beberapa hal yang bisa juga menjadi penyebab vertigo pada Moms:

  • Migrain atau sakit kepala sebelah
  • Cedera atau trauma di kepala
  • Minum obat tertentu
  • Operasi telinga
  • Terlalu lama tidur
  • Sindrom Ramsay Hunt, infeksi virus akut herpes zoster atau cacar api dekat dengan telinga sehingga memengaruhi saraf wajah
  • Otosclerosis, pertumbuhan tulang abnormal di bagian telinga tengah, menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Sipilis
  • Pukulan hebat
  • Penyakit otak kecil atau batang otak
  • Penyakit pada otak seperti stroke atau tumor

Itulah beberapa penyebab vertigo, Moms. Bila vertigo menyerang, usahakan untuk duduk tegak dan bernapas dalam-dalam. Jangan melakukan gerakan mendadak seperti berdiri tiba-tiba atau menggelengkan kepala karena akan memperparah kondisi vertigo.

Jika dirasa sudah sangat menganggu sampai menghambat aktivitas Moms sehari-hari, segera konsultasikan ke dokter, ya.

(SR/ERN)

Artikel Terkait