KEHAMILAN
23 Juli 2020

Wajah Moms Kusam saat Hamil? Yuk Cari Tahu di Sini!

Apakah kulit wajah Moms mendadak kusam saat hamil? Apa penyebab kulit menjadi kusam serta apa yang harus dilakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu hamil mengalami berbagai perubahan fisik dan emosional selama kehamilan. Sebagian besar tersembunyi dari pandangan tapi sebagian lagi terlihat terutama untuk perubahan fisik di daerah wajah.

Untuk di daerah wajah, beberapa Moms ada yang mengalami kulit bersinar tapi ada juga yang mengalami kusam.

Baca Juga: Rambut Kusam? Coba DIY Hair Mask Avokad Agar Rambut Sehat Berkilau!

Kusam tersebut membuat kulit menjadi lebih gelap dari biasanya dan terkadang muncul bercak atau bintik hitam pada saat hamil. Padahal, Moms jarang keluar rumah dan jarang pula terkena sinar matahari.

Dilansir dari American Pregnancy Association, Kondisi kulit gelap itu biasanya berada di dahi, pipi, dan leher Anda dikenal sebagai melasma, atau chloasma, atau topeng kehamilan. Hingga tiga perempat calon ibu diperkirakan mengalami hal ini dalam kehamilan.

Penyebab Wajah Kusam saat Hamil

Perubahan hormon

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin bertanya-tanya apa yang jadi penyebab wajah Moms kusam saat hamil. Nah, jika masih penasaran apa penyebab wajah kusam saat hamil, yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Peningkatan Produksi Melanin

Wajah kusam saat hamil ternyata dipengaruhi peningkatan produksi melanin. Moms, yang mengalami wajah kusam serta cenderung gelap saat hamil hal ini disebabkan oleh hiperpigmentasi dari peningkatan produksi melanin di kulit Anda.

Tapi, tak perlu cemas karena hal tersebut bisa hilang setelah kadar hormon kehamilan turun.

Akan tetapi, paparan sinar matahari dapat memperburuknya. Sehingga, ada baiknya Moms mengenakan tabir surya setiap hari untuk mencegah hal ini.

2. Mual dan Muntah

Siapa sangka, mual muntah juga membuat wajah Moms kusam saat hamil. Dikutip dari Babycentre, mual dan muntah sering terjadi selama kehamilan sehingga menyebabkan beberapa ibu hamil tidak mendapatkan kulit cerah yang seharusnya dimiliki selama kehamilan.

Tak hanya itu, mual dan muntah juga menyebabkan kekurangan air yang berdampak pada kulit.

Beberapa wanita juga mendapatkan lebih banyak jerawat dan mungkin memiliki kulit gelap di sekitar atau di bawah pusar.

Baca Juga: 5 Langkah Bebas Masalah Kulit Kusam di Musim Hujan

Mencegah Wajah Kusam saat Hamil

mual saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tidak banyak yang dapat Moms lakukan untuk mencegah perubahan hormon yang berakibat wajah kusam saat hamil. Berdasarkan situs Whatstoexpect.com, ada beberapa langkah cerdas yang Anda ambil untuk melindungi kulit:

  • Jaga kulit Moms tetap tertutupi. Paparan sinar matahari tampaknya membuat perubahan warna kulit lebih gelap, bahkan jika Anda menggunakan tabir surya. Kenakan topi dengan pelindung yang menaungi wajah Anda, dan tarik lengan panjang itu jika tidak terlalu panas di luar.
  • Jika Anda memiliki melasma, oleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi pada kulit Anda setiap hari, bahkan jika Anda tidak pergi keluar. Banyak sinar matahari masuk melalui jendela dan dapat mempengaruhi kulit Anda.
  • Dapatkan asam folat yang cukup. Beberapa ahli percaya bahwa perubahan warna terkait dengan kekurangan asam folat. Pastikan Anda mendapatkan cukup melalui diet dan/atau dalam suplemen pranatal Anda.

Baca Juga: Bye Wajah Kusam! Ini 5 Cara Mudah Mencerahkan Wajah

Mengatasi Wajah Kusam saat Hamil

kulit kusam saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak cara untuk mengatasi kulit kusam saat hamil, semuanya bisa dimulai dengan menggunakan sabun wajah yang bebas pewangi untuk menghindari mual. Ingat, hal yang sering dialami oleh Moms saat tengah mengandung pada trimester awal adalah morning sickness, ditandai dengan mual dan muntah. Sehingga, penting sekali untuk memerhatikan produk pembersih wajah yang dipakai.

Bersihkan wajah setiap malam dan pagi hari, serta hindari terlalu sering membersihkan wajah karena bisa menjadikan kulit menjadi lebih kering. Gunakan astrigen untuk menghilangkan sisa minyak. Selanjutnya, tetap gunakan pelembap yang bebas minyak.

“Hindari produk perawatan wajah yang mengandung tretinoin dan isotretinoin, serta menjauhkan dari antibiotik tetrasiklin dan accutane. Sedangkan penggunaan tentang produk mengandung asam azelaic harus mendapat persetujuan terlebih dulu dari dokter kandungan,” ungkap Dr. Jessica Wu, ahli kulit dari Los Angeles.

Cara mengatasi kulit kusam dengan produk yang tepat memang baik untuk dilakukan, namun jangan lupakan juga perawatan dari dalam tubuh. Salah satu caranya dengan menjaga pola makan yang tepat.

“Pilih makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Jenis makanan tersebut bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau, tahu, kacang kenari, dan biji chia. Hindari makanan manis yang mengandung gula berlebihan,” ujar Dr. Jessica, menjelaskan.

Ibu hamil memang terkadang ingin mencoba berbagai jenis makanan termasuk makanan yang manis-manis. Namun, hal tersebut dapat dikurangi dengan tetap mengutamakan pola makan yang sehat. Ingat, pola makan yang tepat juga memengaruhi kesehatan kulit secara menyeluruh, ya, Moms.

Skincare Aman untuk Mencerahkan Wajah Kusam saat Hamil

kulit kusam saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Berikut beberapa skincare aman untuk mencerahkan kulit ibu hamil. Moms bisa coba lho.

1. Serum Vitamin C

Skincare aman untuk mengatasi wajah kusam saat hamil yang pertama adalah serum vitamin C. Moms mungkin memiliki produk anti-penuaan yang digunakan sebelum memasuki masa kehamilan. Sayangnya, mayoritas produk anti-penuaan punya kandungan retinoid yang dianggap berbahaya dipakai saat hamil.

Dalam jurnal Canadian Family Physician, disebutkan bahwa setidaknya ada 4 laporan kasus yang dipublikasikan tentang cacat lahir terkait dengan penggunaan tretinoin topikal.

Sebagai alternatif produk pencerah kulit yang aman saat hamil, Moms dapat menggunakan produk anti-penuaan dengan kandungan vitamin C.

"Cari serum dengan bahan-bahan alami seperti vitamin C dan enzim buah, yang akan membantu memudarkan bintik-bintik wajah," jelas Shereene Idriss, MD, seorang dermatologis, mengutip Refinery29.

Tetapi, untuk wanita dengan kulit sensitif, penggunaan kandungan vitamin C dapat mengiritasi kulit. Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya ya, Moms.

2. Asam Glikolat

Skincare aman untuk mengatasi wajah kusam saat hamil yang selanjutnya adalah asam glikolat. Asam glikolat merupakan kandungan pada produk pencerah yang aman digunakan di masa kehamilan. Bahan ini berasal dari AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang ada di berbagai produk makanan seperti tebu, susu, buah jeruk, dll.

Jurnal Canadian Family Physician menjelaskan, bahwa asam glikolat banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengatasi jerawat.

Selain itu, asam glikolat mempercepat pergantian sel kulit sehingga dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Bahan ini juga membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan dari wajah.

Baca Juga: 4 Produk Skincare Bayi untuk Traveling, Jangan sampai Ketinggalan!

3. Ekstrak Jeruk

Skincare aman untuk mengatasi wajah kusam saat hamil yang selanjutnya adalah ekstrak jeruk. Jika Moms ingin menggunakan skincare yang aman saat hamil dengan pendekatan lebih alami, coba gunakan produk yang mengandung ekstrak jeruk.

Produk pencerah kulit dengan kandungan ekstrak buah jeruk dapat menjadi pilihan yang aman untuk memutihkan wajah.

Tidak hanya mencerahkan, buah jeruk punya banyak kandungan vitamin C yang dapat memproduksi serat kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kuat dan kencang.

Baca Juga: Mencegah Penyebaran Moluskum Kontagiosum di Kulit Anak

4. Ekstrak Licorice

Skincare aman untuk mengatasi wajah kusam saat hamil yang selanjutnya adalah ekstrak licorice. Pilihan kandungan produk pencerah alami yang aman saat hamil adalah ektrak licorice, yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Kandungan licorice memiliki senyawa glabridin, yang dapat menjadi bahan pemutih kulit.

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, glabridin memiliki potensi untuk menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang bertanggung jawab untuk produksi melanin yang menyebabkan pigmentasi kulit.

Ekstrak licorice tidak merusak sel-sel kulit, sehingga selain aman mencerahkan wajah, tetapi dapat mengatasi masalah jerawat karena sifat anti-inflamasi yang menenangkan kulit dengan peradangan.

Perawatan Alami untuk Wajah Kusam saat Hamil

kulit kusam saat hamil

Moms juga bisa lho melakukan perawatan wajah alami saat hamil. Perawatan wajah alami ini terdiri dari masker yang bisa digunakan oleh Moms yang memiliki jerawat di masa kehamilan, atau sekadar ingin menutrisi kulit agar lebih cerah dan terawat.

1. Peeling Kulit Jeruk untuk Wajah Cerah

Bahan:

  • Kulit jeruk kering
  • Susu
  • Air mawar

Cara Membuat:

  1. Sisihkan kulit jeruk dari satu buah jeruk, jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  2. Saat benar-benar kering, giling kulitnya menjadi bubuk kulit jeruk.
  3. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan susu untuk membuat pasta kental.
  4. Pada wajah yang sudah dibersihkan dan dikeringkan, oleskan di wajah dan tunggu sampai kering. Bilas dengan air mawar.
  5. Masker peeling ini akan membuat kulit agar tampak lebih cerah tanpa membuat wajah tambah kering.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

2. Masker Pembersih Mentimun dan Semangka

Bahan:

  • 2 sdm jus mentimun
  • 2 sdm jus semangka
  • 1 sdt yogurt
  • 1 sdt susu bubuk

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan menjadi satu.
  2. Cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun muka, lalu keringkan wajah dengan handuk.
  3. Oleskan masker pada wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  4. Bilas masker dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Skincare Aman untuk Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

3. Masker Jerawat dari Oat dan Tree Tea Oil

Bahan:

  • 2 sdm oatmeal, tumbuk halus hingga tekstur seperti tepung
  • 2 sdm madu
  • 4 tetes minyak pohon teh

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan bersama-sama dalam mangkuk pencampur yang bersih.
  2. Dengan sendok atau garpu, campur bahan sampai membentuk pasta kental.
  3. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas wajah dengan air hangat, dan lakukan tiga langkah perawatan rutin kulit (cuci wajah, pakai toner, dan pelembap).

Sebagian besar bercak kulit gelap Moms akan mulai memudar setelah melahirkan, tetapi beberapa mungkin tetap.

Cobalah menganggapnya sebagai tanda kecantikan, tetapi bicarakan dengan dokter kulit Anda jika itu benar-benar mengganggu. Dan jangan khawatir perubahan warna kulit ini tidak akan berpengaruh pada bayi Anda.

Artikel Terkait