PARENTING
12 November 2019

Peran Penting Ayah dalam Hidup Anak Perempuan

Ayah mengambil peran penting dalam membentuk citra diri sang putri
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kita mungkin sudah sering mendengar bahwa memiliki sosok pria yang kuat penting dalam kehidupan anak laki-laki, namun hal ini juga sama pentingnya bagi anak perempuan untuk memiliki sosok ini.

Hubungan ayah-anak yang positif akan membawa efek yang besar pada kehidupan seorang anak perempuan, bahkan menentukan apakah ia akan berkembang menjadi wanita yang kuat dan percaya diri atau tidak.

Seorang ayah, memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan putrinya, dalam membentuk harga diri, citra diri, kepercayaan diri, dan pendapat pria.

Baca Juga: Ternyata, Menjadi Ayah Keren Itu Mudah!

Peran Penting Ayah dalam Hidup Anak Perempuan

"Bagaimana seorang ayah menghadapi kehidupan akan menjadi contoh baik bagi putrinya untuk membangun kehidupannya sendiri, bahkan jika dia memiliki pandangan yang berbeda," kata Michael Austin, profesor filsafat di Eastern Kentucky University dan editor Fatherhood - Philosophy for Everyone: The Dao of Daddy.

Apa peran penting ayah untuk anak perempuan yang lainnya?

1. Ayah Memengaruhi Citra Diri Anak Perempuannya

peran penting ayah

Keterlibatan seorang ayah dalam kehidupan putrinya memegang peran penting dalam pengembangan harga diri seorang perempuan muda.

Michael mengidentifikasi unsur-unsur positif dari pengasuhan. Dalam hal ini ditemukan bahwa peran penting ayah dapat membantu anak perempuannya dalam membentuk citra diri dan mencegah kemungkinan tumbuh rasa rendah diri.

Baca Juga: 4 Cara Membesarkan Balita Dengan Citra Diri Positif

Caranya sangat mudah, dengan memberikan dorongan verbal yang konsisten, waspada dan peka terhadap perasaan anak, juga meluangkan waktu untuk mendengarkan pikirannya, dan terlibat pada hobi anak.

Peran penting ayah ini dengan memberikan dorongan langsung akan meningkatkan rasa aman pada anak. Tidak hanya itu, dukungan dari ayah pun bisa meningkatkan kepercayaan diri buah hati pada kemampuannya sendiri.

2. Memengaruhi Hubungan Asmara Anaknya

peran penting ayah

Peran penting seorang ayah juga berpengaruh pada hubungan asmara sang putri nantinya.

Tipe pria yang dikencani wanita secara langsung berkaitan dengan jenis hubungan yang dimiliki anak perempuan dengan ayahnya.

Jelas, harapannya adalah bahwa figur ayah dalam kehidupan seorang gadis akan dijadikan sebagai tolak ukur untuk menemukan pria yang tepat.

“Pria tersebut harus, pertama dan terutama, memperlakukan putrinya dengan hormat dan cinta. Juga penting untuk menunjukkan rasa hormat kepada ibunya, ” jelas Michael. Selain itu juga harus menghargai anak perempuannya sebagai manusia.

Baca Juga: Darius Sinathrya Bebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Anak perempuan akan melihat apa yang ayah mereka yakini tentang wanita dengan cara mereka menghargai dan menghormati wanita, atau dengan bagaimana mereka gagal melakukannya.

Jadi tidak hanya sosok ibu saja yang penting untuk tumbuh kembang buah hatinya, namun kehadiran dan sosok seorang ayah juga tidak kalah penting!

Artikel Terkait