2-3 TAHUN
31 Januari 2020

4 Perawatan Kulit untuk Balita yang Dibutuhkan Si Kecil

Kulit balita juga perlu mendapat perlindungan yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Merawat kulit tidak hanya dibutuhkan orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan termasuk balita.

Karena kulit Si Kecil juga belum dapat memberikan perlindungan maksimal, maka perlu melakukan perawatan kulit untuk balita.

Dalam jurnal Advances in Wound Care, disebutkan bahwa fungsi penghalang kulit bayi masih berkembang, sehingga kulitnya lebih rentan terhadap iritasi kimia dan infeksi lokal dibandingkan orang dewasa.

Baca Juga: 6 Langkah Jitu Perawatan Luka Pada Kulit Bayi, Moms Wajib Tahu

Perawatan Kulit untuk Balita

Ada beberapa tips perawatan kulit balita yang dapat Moms lakukan untuk membantu melindungi kulitnya. Cari tahu lebih lanjut berikut ini ya, Moms.

1. Memandikan Balita

perawatan kulit untuk balita-mandi

Foto: Orami Stock Photos

Salah satu bentuk perawatan kulit balita yang perlu dilakukan adalah memandikan Si Kecil.

"Balita mandi setiap hari baik-baik saja, dan tidak akan mengeringkan kulit. Ketika balita berkeringat dan kotor, cuci seluruh tubuh dengan sabun. Jika tidak memiliki banyak kotoran, cuci saja bagian-bagian yang bau, jelas dokter anak dan dokter kulit bersertifikat Dr. Tsippora Shainhouse, mengutip Fatherly.com.

Ketika memandikan balita, pastikan suhu airnya berada pada tingkat hangat atau suam-suam kuku dan jangan menggunakan air panas ya, Moms.

2. Jangan Gunakan Produk Beraroma

perawatan kulit untuk balita-produk balita

Foto: Orami Stock Photos

Tentunya, karena kulit balita yang masih sensitif maka tidak disarankan menggunakan produk perawatan kulit untuk balita yang beraroma.

Lebih baik Moms memilih produk perawatan Si Kecil seperti sampo, sabun, baby oil, dan losion, dengan klaim "bebas aroma" atau "bebas pewangi" untuk Si Kecil, ya.

Studi Indian Pediatrics juga mengatakan untuk menghindari pemakaian sabun dan sampo yang mengandung aroma, warna dan pengawet. Idealnya, agen pembersih balita harus tanpa aroma dan warna untuk menghindari iritasi.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Dibutuhkan oleh Bayi

3. Menggunakan Pelembap

perawatan kulit untuk balita-pelembap balita

Foto: Orami Stock Photos

Pelembap penting dimiliki,apalagi jika udara sedang kering dan membuat kulit Si Kecil tidak cukup lembap. Penggunaan pelembap untuk merawat kulit balita paling baik dioleskan 3 menit setelah mandi.

"Pelembap harus diaplikasikan dalam 3 menit pertama setelah mandi dan sebelum memakai piyama, untuk membantu mengunci kelembapan dari bak mandi," terang Dr. Shainhouse.

Salah satu pelembap yang baik digunakan adalah baby oil. Menurut Journal of The Society of Cosmetic Chemists, baby oil sangat efektif untuk memperlambat kehilangan air, bahkan di lingkungan dengan kelembapan rendah yang ekstrem.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Sunscreen untuk Bayi

4. Memakai Tabir Surya

perawatan kulit untuk balita-sunscreen balita

Foto: Orami Stock Photos

Perlu dicatat, penggunaan sunscreen atau tabir surya bisa dilakukan ketika Si Kecil berusia di atas enam bulan. Karena menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi di bawah enam bulan juga tidak boleh terpapar sinar matahari langsung.

Sebagai perawatan kulit balita yang tepat, pilih tabir surya dengan kandungan zinc oxide, setidaknya SPF 15 yang sangat efektif memberikan perlindungan ekstra pada hidung, pipi, bagian atas telinga dan di bahu balita.

"Untuk kulit sensitif, cari produk dengan bahan tabir surya fisik seperti seng oksida dan titanium dioksida," kata Dr. Shainhouse.

Itu dia Moms, tips perawatan kulit untuk balita yang bisa dilakukan agar kulit Si Kecil tetap terlindungi setiap saat.

Artikel Terkait