TRIMESTER 2
6 November 2019

Urutan Perawatan Kulit yang Aman Saat Hamil

Yuk, rutin merawat kulit bahkan di masa kehamilan
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Meskipun banyak jenis bahan skincare yang tidak aman digunakan selama kehamilan, bukan berarti Moms juga berhenti melakukan perawatan kulit.

Ada bahan skincare alternatif lain dengan manfaat yang sama dan aman digunakan selama kehamilan.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Perawatan Kulit Saat Hamil

Bahkan saat hamil, Moms juga harus tetap melakukan regimen perawatan kulit yang aman di masa kehamilan. Yuk, cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

1. Pembersih Wajah

amankah mencuci muka dengan baking soda 3.jpg

Tahap pertama dalam perawatan kulit saat hamil adalah membersihkan wajah dengan sabun muka.

Gunakan sabun muka yang aman digunakan selama kehamilan. Untuk Moms dengan kulit berminyak, bisa diawali dengan micellar water berbahan lembut.

Mulailah dengan menggunakan kapas untuk menghapus sisa skincare di malam hari. Lalu, cuci menggunakan sabun muka sesuai dengan jenis kulit.

"Saya ingin menghapus produk apa saja yang digunakan pada malam sebelumnya untuk memulai rejimen untuk hari itu," jelas Dendy Engelman, M.D., ahli bedah kulit berbasis di New York City, mengutip Women's Health Magazine.

2. Menggunakan Pelembap

pelembap

Menjaga kulit tetap lembap saat hamil cukup rumit, tetapi hal ini penting dilakukan.

Pilih pelembap aman untuk ibu hamil dengan bahan-bahan alami seperti peptida dan ceramide untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, ceramide berguna untuk melindungi lapisan luar kulit agar tidak dehidrasi dan kasar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pelembap Lokal di Bawah 100 Ribu

3. Memakai Serum Vitamin C

skincare saat hamil-1.jpg

Lebih lanjut, Dr. Dendy juga tidak lupa memakai serum vitamin C yang aman digunakan saat hamil sebagai bagian dari regimen perawatan kulitnya.

"Serum vitamin C dapat menangkal hiperpigmentasi kulit selama kehamilan tanpa menggunakan hidrokuinon," terang Dr. Dendy.

Usai memakai serum vitamin C, Dr. Dendy melapisi serum asam hialuronat untuk menghidrasi dan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.

Baca Juga: 5 Serum Lokal di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

4. Sunscreen Bahan Mineral

Berbahaya Bagi Kulit Hindari Bahan Ini Dalam Produk Skincare Anda -3.jpg

Langkah terakhir yang tidak kalah penting dalam regimen perawatan kulit aman saat hamil, adalah memakai sunscreen. Dr. Dendy pun melakukan hal ini.

"Sunscreen berbahan mineral, seperti titanium dioksida dan seng oksida, jauh lebih efektif daripada sunscreen bahan kimia," katanya.

Itu dia Moms, regimen perawatan kulit yang aman selama kehamilan. Jangan sampai Moms jadi abai untuk merawat kulit saat hamil, ya!

Artikel Terkait