BALITA DAN ANAK
16 September 2019

Ini Perawatan Luka Bakar yang Tepat Dilakukan untuk Si Kecil

Ini dia penanganan yang harus dilakukan untuk obati luka bakar Si Kecil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Balita memang sedang berada dalam masa aktif yang membuatnya banyak melakukan aktivitas. Walau sudah menjaganya dengan benar, terkadang ada saja aktivitasnya yang begitu cepat sampai membuat Moms tidak mampu memantaunya, contohnya, saat Si Kecil terkena knalpot motor atau semburan api..

Saat orang dewasa terkena luka bakar, rasa sakit dan perih sangat terasa, begitu pun pada Si Kecil. Luka bakar pasti akan sangat sakit dan bisa membuatnya rewel tidak ada henti.

Oleh karena itu, Moms perlu menangani luka bakar tersebut dengan cepat dan tepat untuk mengurangi rasa sakit dan kerusakan pada kulit Si Kecil. Simak tips perawatan luka bakar Si Kecil yang bisa Moms lakukan ini, yuk!

Ketahui Penyebab Dan Tingkat Keparahannya

Perawatan Luka Bakar pada Si Kecil

Foto: Children mercy

Menurut jurnal Children’s Hospital Colorado, mengetahui jenis luka bakar amat penting untuk mengetahui langkah untuk penanganan selanjutnya. Disebutkan ada tiga jenis luka bakar yang bisa diklasifikasikan.

Luka bakar tingkat pertama

Luka bakar jenis ini terjadi pada lapisan kulit paling luar. Umumnya jenis luka ini menyebabkan kulit kemerahan, bengkak, atau kulit menjadi kering. Walaupun hanya di bagian luar, luka ini tetap menimbulkan rasa sakit.

Luka bakar tingkat kedua

Luka bakar jenis ini tentunya lebih serius dibanding jenis luka bakar tingkat pertama. Selain ciri pada tingkat pertama, luka bakar tingkat kedua bisa membuat kulit melepuh.

Luka bakar tingkat ketiga

Jenis luka bakar ini paling serius, Moms. Luka bakar ini bisa membuat kulit menjadi kering, memutih, atau hangus. Tidak jarang menyebabkan area pada luka bakar mati rasa.

Baca Juga : Ini Cara Mengatasi Gelembung Air Pada Luka Bakar

Pertolongan Pertama

Perawatan Luka Bakar pada Si Kecil

Foto: dermatology times

Hal yang harus dilakukan setelah Moms mengetahui jenis luka Si Kecil adalah segera basahi kulit yang terbakar dengan air mengalir. Ini berfungsi untuk mendinginkan kulit.

Kompres area yang terbakar dengan air biasa 3-5 menir untuk membantu Si Kecil menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan.

Setelah itu oleskan obat khusus luka bakar. Ingat, mengoleskan pasta gigi di luka bakar itu amat sangat salah, Moms. Kandungan dalam pasta gigi justru bisa membuat kulit mengalami iritasi dan memperparah luka bakar.

Baca Juga : Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan yang Harus Diketahui

Perawatan Penyembuhan

Perawatan Luka Bakar pada Si Kecil

Foto: baby center

Walau sudah memberikan obat atau mengoleskan salep khusus luka bakar, Moms juga perlu memberikan Si Kecil makanan berprotein tinggi. Makanan dengan protein tinggi membantu mempercepat penyembuhan luka bakar. Jenis makanannya seperti susu, daging, dan kacang-kacangan.

Selain itu, pastikan Si Kecil menggunakan pakaian yang lembut, guna menghindari timbulnya luka tambahan atau gesekan di area luka bakar, ya, Moms.

Baca Juga : Balita Tercebur Panci Air Panas di Ponorogo, Ini 5 yang Harus Dilakukan Saat Anak Mengalami Luka Bakar

(NA/KM)

Artikel Terkait