BALITA DAN ANAK
4 Agustus 2020

Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Ini yang Bisa Moms Lakukan!

Mudah dan praktis, ini cara yang bisa Moms coba untuk perawatan rambut Si Kecil lebih lebat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Rambut lebat dan sehat pasti jadi impian setiap orang tua. Namun, tahukah Moms kalau rambut Si Kecil tumbuh rata-rata sekitar seperempat hingga setengah inci setiap bulan, dengan rata-rata tahunan sekitar lima hingga enam inci?

Meskipun sulit untuk mempercepat dan membuatnya lebih lebat, Moms bisa mencoba beberapa tindakan perawatan rambut yang dapat membantu agar rambut bayi tumbuh lebat dan terhindar dari kerusakan.

10 Perawatan Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat

1. Gunakan Sampo yang Tepat

Anak, tips, rambut, lebat

Foto: freepik.com

MenurutAmerican Academy of Dermatology, untuk merawat agar rambut bayi tumbuh lebat, Moms harus memastikan sampo yang digunakan benar-benar dapat memberikan nutrisi dan perlindungan pada rambut bayi.

Sampo yang baik akan membuat rambut Si Kecil tetap halus, lurus, dan menjaga rambut serta kulit kepalanya dari kulit kepala berminyak dan debu daru udara. Selain itu, pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut bayi, ya.

Sampo bayi diproduksi khusus menggunakan konsentrasi yang lembut dan tidak pedih di mata. Beberapa merek sampo bayi biasanya juga mengandung minyak organik dan pewangi seperti lavender dan chamomile yang mampu menenangkan bayi.

Moms cukup oleskan 2 tetes sampo bayi pada kulit kepala bayi ketika mandi. Kemudian bilas dengan air hangat. Tidak perlu terlalu sering mencuci rambut bayi menggunakan sampo ya Moms, karena itu hanya akan membuatnya sangat kering.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

2. Perawatan dengan Yoghurt

Anak, tips, rambut, lebat

Foto: freepik.com

Yoghurt adalah produk perawatan alami agar rambut bayi tumbuh lebat. Dengan mengaplikasikan yoghurt ke rambut Si Kecil secara berkala maka rambutnya lebih mudah untuk mendapatkan protein penting seperti kasein dan whey.

Ini karena sebagian besar rambut terdiri dari protein, sehingga makronutrien ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatannya.

"Protein susu adalah nilai biologis tinggi yang berarti mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh manusia," jelas dokter Carrie Ruxton, ahli gizi dan penulis di Guild of Health Writers and the Medical Journalists' Association.

Cara mengaplikasikannya ambil secangkir yogurt kental, kocok, dan oleskan ke rambut Si Kecil. Biarkan selama setengah jam dan cuci dengan air dingin.

3. Sesuaikan Sisir yang Digunakan

Anak, tips, rambut, lebat

Foto: freepik.com

Untuk perawatan agar rambut bayi tumbuh lebat, hindari penggunaan sisir yang tidak tepat.

Jika rambut Si Kecil termasuk jenis yang lurus gunakan sisir seperti paddle brush yang memiliki bantalan karet yang lebar, rata, dan juga ukurannya jauh lebih besar dibandingkan sisir lain.

Jika rambut Si Kecil termasuk bergelombang atau pendek ada baiknya menggunakan sisir jenis denman brush.

Jika Si Kecil memiliki rambut dengan tipe keriting maka sebaiknya Moms menggunakan sisir berbahan nilon dan bergigi lebar seperti pick comb dan sisirlah ketika rambut bayi masih basah agar lebih mudah diatur.

Baca Juga: 4 Penyebab Rambut Anak Rontok

4. Mengonsumsi Ikan

Anak, tips, rambut, lebat

Foto: consumerreports.org

Moms dapat membandingkan pertumbuhan bayi yang rajin makan ikan dengan yang kurang makan ikan.

Untuk membuat agar rambut bayi tumbuh lebat, sangat penting untuk memberi Si Kecil makan ikan karena ikan penuh dengan protein, asam lemak omega 3, lemak jenuh, dan lemak trans yang sangat penting untuk rambut sehat.

"Jika tidak memiliki protein yang cukup, maka Anda akan memiliki rambut yang kering dan lebih tipis. Protein adalah bahan pembangun penting untuk keratin rambut,” kata dokter Debra Wattenberg, ahli kulit NY Skin Rx di New York City.

5. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah Perhatikan XX Tips Ini 4.jpeg

Foto: unicef.org

“Diet yang baik dan seimbang yang menyediakan protein, kalori, zat besi, zinc, asam lemak esensial, dan biotin yang cukup diperlukan agar rambut bayi lebat dan sehat,” kata Dr Chan Yuin Chew dari Dermatology Associate di Gleneagles Medical Center, sebagaimana dikutip dari Smart Parents Singapura.

Di mana biotin dapat ditemukan pada daging tinggi protein, susu, serta biji-bijian.

Setelah bayi mulai mengonsumsi MPASI, dr.Chan merekomendasikan untuk memberikan makanan seperti bayam dan jagung yang kaya vitamin E untuk merangsang pertumbuhan rambut dan agar rambut bayi tumbuh lebat.

Vitamin B di dalam buah pisang dan telur, juga mengandung keratin yang akan membuat rambut kuat dan mencegahnya dari kerusakan. Sementara makanan yang mengandung kalsium juga tidak kalah penting dalam mendukung pertumbuhan rambut.

Selain itu, Moms harus memastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan air Si Kecil supaya rambutnya tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 7 Anak Artis Ini Punya Rambut yang Tebal, Menggemaskan!

6. Rutin Memijat Kulit Kepala

Anak, tips, rambut, lebat

Foto: johnsonsbaby.com

Memijat kulit kepala akan membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala Si Kecil.

Gunakan minyak hangat untuk perawatan rambut yang ringan dan pijatlah kulit kepalanya dengan lembut.

Ini juga akan membantu mengeluarkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala dan membiarkan kulit kepala bernapas.

7. Mengeringkan Rambut dengan Handuk Lembut

Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah Perhatikan XX Tips Ini 2.jpg

Foto: todaysparent.com

FirstCry Parenting menyebutkan bahwa mengeringkan rambut bayi dengan handuk kasar atau handuk untuk orang dewasa dapat merusak folikel, yang mengakibatkan terjadinya penipisan rambut dan rambut rontok.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menggunakan handuk bayi atau handuk lembut ketika mengeringkan rambut bayi setelah dicuci.

Gosok perlahan rambut bayi yang masih basah, supaya menghindari kerusakan pada kulit dan rambut Si Kecil.

Baca Juga: Rambut Bayi Rontok? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

8. Lakukan Tummy Time secara Rutin

Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah Perhatikan XX Tips Ini 3.jpg

Foto: bundoo.com

Tummy time tidak hanya mempunyai manfaat bagi otot-otot tubuh, tetapi juga bermanfaat agar rambut bayi tumbuh lebat.

“Bayi yang terus-menerus berbaring telentang dapat mengembangkan kepala peyang dan kehilangan rambut karena kontak dengan kasur. Hindari masalah ini dengan memulai tummy time 3-4 minggu setelah dilahirkan. Posisikan bayi tengkurap selama sekitar 15 detik setiap harinya,” kata Dr. Stephen, associate director of Clinical Services di General and Community Pediatrics, Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, seperti dikutip dari How to Adult.

9. Gunakan Kondisioner Alami dari Minyak Kelapa

Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah Perhatikan XX Tips Ini 5.jpg

Foto: hairbuddha.net

Mengutip The Asian Parent Singapura, minyak kelapa mengandung protein dan asam lemak yang tinggi, sehingga ampuh digunakan agar rambut bayi tumbuh lebat

Menambahkan avokad dan madu dengan minyak kelapa, juga dapat membantu memelihara dan melindungi rambut bayi agar tetap sehat.

Moms, hanya perlu mencampurkan 1 cangkir minyak kelapa, 1 buah avokad, dan 1 sendok madu. Lalu, oleskan pada rambut bayi yang sudah bersih dan pijat dengan lembut.

Tutupi rambut bayi dengan handuk hangat selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Baca Juga: 6 Model Rambut Anak Laki-laki yang Stylish dan Menggemaskan

Selain memberikan nutrisi, Moms juga harus melakukan perawatan agar kulit kepala dan rambutnya agar rambut bayi tumbuh lebat dan tetap sehat. Ini yang bisa Moms lakukan:

  1. Kepang rambut atau bentuk kuncir kuda longgar dengan karet gelang berbahan lembut.
  2. Saat menggunakan alat yang panas pada rambut, turunkan temperaturnya.
  3. Setelah Si Kecil berenang, pastikan untuk mencuci bersih rambutnya dari bahan kimia kolam renang. Jika rambut Si Kecil normal atau berminyak, cukup cuci dengan shampo. Tapi, jika rambutnya keriting kecil atau kering maka sebaiknya bilas dengan baik dan gunakan kondisioner.
  4. Gunakan sisir sesuai jenis rambut.
  5. Saat berada di luar ruangan, pastikan Si Kecil menggunakan topi yang cukup lebar untuk melindungi kulit kepala dan rambut dari sinar matahari.

Tak sulit, bukan? Lindungi rambut sehatnya sejak dini agar rambut bayi tumbuh lebat dan sehat ya, Moms!

Artikel Terkait