FASHION & BEAUTY
17 Oktober 2019

8 Perawatan yang Tepat untuk Rambut Kering

Untuk menjadi rambut lebih lembap dan berkilau, sebaiknya lakukan beberapa perawatan berikut ini
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Seperti halnya kulit, rambut juga memiliki jenisnya masing-masing, lho, Moms. Mungkin sebagian besar dari Moms juga mempunyai jenis rambut kering.

Tanda-tandanya adalah rambut mudah mengembang, kusut, dan terlihat kusam. Jika salah menggunakan sampo atau perawatan rambut lainnya, tipe rambut kering ini mudah terasa kasar.

Sebenarnya, rambut terdiri dari tiga lapisan. Jika rambut Moms sehat dan jenisnya normal, maka minyak alami di lapisan luar rambut membantu melindungi lapisan dalam. Hasilnya, rambut akan terlihat indah dan berkilau. Itulah ciri-ciri rambut sehat.

Sebaliknya dari rambut kering, jenis rambut berminyak biasanya memroduksi terlalu banyak sebum pada kulit kepala, yang tidak jarang membuat rambut mudah terlihat lepek. Rambut berminyak juga rentan berketombe dan menjadi rontok.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Penyebab Rambut Kering

8 Perawatan yang Tepat untuk Rambut Kering-1.jpg

Setiap jenis rambut mempunyai perawatan yang berbeda-beda. Bagi Moms yang memiliki rambut kering, kondisi rambut dapat bertambah parah jika dipengaruhi beberapa faktor pemicu, yaitu di antaranya:

  • Kondisi lingkungan dan cuaca terlalu panas;
  • Menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari atau daerah berangin;
  • Kebiasaan menggunakan alat styling rambut yang bersuhu panas
  • Perawatan rambut yang salah;
  • Sering gonta-ganti warna rambut;
  • Kebiasaan berenang di air yang mengandung klorin.

Baca Juga: Ini 4 Perawatan Rambut yang Boleh Dilakukan Selama Hamil

Menurut Corrine Adams, penata rambut dari Serge Normant mengungkapkan penyebab rambut kering juga dipengaruhi karena cara keramas yang salah. Kebiasaan keramas dengan menggunakan air hangat berpotensi sebabkan rambut menjadi kering.

“Mandi air hangat tidak hanya bisa sebabkan kulit kering melainkan juga dapat memengaruhi kutikula rambut. Hasilnya, rambut menjadi lebih mudah kering dan warnanya memudar. Untuk itu, lebih baik bilas rambut dengan menggunakan air dingin,” ujar Corrine.

Begini Cara Merawat Rambut Kering

plus minus dry shampoo - rambut kering.jpg

Cara menjaga rambut kering agar lebih mudah diatur dan tidak terlalu kusam yaitu dari perawatan yang dilakukan hingga pola makan juga berpengaruh, Moms. Beberapa cara ini bisa Moms lakukan untuk merawat rambut kering, yaitu:

  1. Hindari keramas setiap hari. Moms bisa keramas sebanyak dua kali seminggu atau melihat kembali seberapa banyak aktivitas yang dilakukan.
  2. Memilih jenis sampo yang tepat. Jika rambut Moms kering dan mengembang, pastikan sampo yang dipakai mengandung pelembap sehingga mampu melembutkan dan menutrisi rambut secara mendalam.
  3. Jangan lupakan memakai kondisioner. Kondisioner akan membantu untuk menjaga kelembapan rambut. Perhatikan penggunaan kondisioner, hanya dari setengah bagian rambut sampai ke ujung rambut. Hindari menggunakan sampai kulit kepala.
  4. Hindari menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia karena dapat membuat rambut menjadi lebih kusam.
  5. Menggunakan alat catokan atau pengeriting rambut sesekali saja tidak masalah. Untuk menjaga agar rambut tetap sehat, sebaiknya gunakan serum atau pelindung rambut dari suhu panas sebelum memakai alat styling.
  6. Tidak hanya kulit, rambut juga membutuhkan masker, lho! Moms bisa memakai masker rambut paling tidak 2-3 kali seminggu untuk merawat rambut agar tetap lembap dan sehat.
  7. Moms juga bisa memakai hair oil sebagai salah satu jenis produk perawatan rambut. Hair oil berfungsi menjaga kelembapan rambut secara mendalam dan menjadikan rambut terlihat lebih halus.
  8. Konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Pastikan juga mengonsumsi cukup air agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Nah, apabila Moms harus beraktivitas di luar ruangan dan berada di bawah sinar matahari, cara menjaga agar rambut tidak semakin kering adalah memakai topi.

Baca Juga: Ini 5 Masalah Kesehatan yang Jadi Penyebab Rambut Rontok Setiap Hari

Tapi, perlu diketahui, rambut yang terlalu kering bisa menjadi gejala dari beberapa masalah kesehatan, seperti anorexia nervosa, hipotiroidisme, atau hipoparatiroid. Namun, untuk memastikan hal tersebut dibutuhkan diagnosis langsung dari dokter.

Jadi, rawat rambut kering Moms dengan cara-cara yang tepat untuk menjadikannya jauh lebih lembap dan sehat, ya!

(DG)

Artikel Terkait