KESEHATAN
14 Agustus 2019

Ketahui Perbedaan Radang Tenggorokan dan Infeksi Tenggorokan

Radang tenggorokan dan infeksi tenggorokan? Kenali perbedaannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms atau Dads, pasti pernah kan saat bangun tidur mengalami tenggorokan gatal, kering, susah menelan, dan meradang? Pasti kita langsung berpikir kalau itu adalah radang tenggorokan.

Tapi, benarkah Moms, Dads, atau bahkan Si Kecil sedang mengalami radang tenggorokan? Nyatanya, gejala-gejala pada infeksi tenggorokan pun mirip dengan gejala radang tenggorokan.

Baca Juga: Apa Merk Obat Batuk Pilek yang Aman untuk Ibu Menyusui?

Nah, Moms dan Dads sendiri sudah tahu belum nih apa perbedaan radang tenggorokan (sore throat) dan infeksi tenggorokan (strep throat)? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Gejala Radang Tenggorokan (Sore Throat)

radang tenggorokan vs infeksi tenggorokan 1.jpg

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh alergi, seperti alergi bubuk atau debu, makanan dan kadang-kadang infeksi bakteri.

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah infeksi flu dan virus. Berikut beberapa gejala yang akan dialami jika Moms dan Dads mengalami radang tenggorokan:

  • Tenggorokan bengkak dan gatal
  • Demam dengan suhu sedang atau tidak terlalu tinggi
  • Sakit telinga
  • Benjolan di leher karena kelenjar yang bengkak
  • Hidung berair
  • Batuk atau pilek
  • Hidung mampet
  • Sulit bernapas

Radang tenggorokan memang sangat menyiksa, Moms. Tapi, tidak lebih menyiksa bila dibandingkan dengan infeksi tenggorokan.

Menurut dr. Daniel Allan, M.D. dari Cleveland, penderita infeksi tenggorokan tidak akan batuk. Jika Moms dan Dads mengalami batuk, biasanya itu bukanlah infeksi tenggorokan melainkan radang tenggorokan.

Jika radang tenggorokan berujung pada flu biasa yang biasanya disebabkan oleh virus, maka penggunaan antibiotik tidak diperlukan.

Baca Juga: 7 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, Moms dan Dads bisa melakukan beberapa pengobatan seperti konsumsi makanan dan minuman hangat seperti air jahe, teh madu dan lemon, atau sup ayam.

Bisa juga berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi pembengkakan di area tenggorokan atau mengonsumsi obat penghilang sakit.

Jika gejala-gejala radang tenggorokan di atas sudah berlangsung selama lebih dari seminggu, Moms dan Dads mengalami dehidrasi, suara hilang, dan membuat khawatir, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter, ya.

Gejala Infeksi Tenggorokan (Strep Throat)

radang tenggorokan vs infeksi tenggorokan 2.jpg

Infeksi tenggorokan disebabkan oleh bakteri strep. Bila tidak segera ditangani, infeksi tenggorokan pun bisa menyebabkan demam rematik yakni demam yang bisa menyebabkan masalah persendian, jantung, kulit, dan otak yang parah.

Nah, gejala pada infeksi tenggorokan mirip dengan radang tenggorokan, Moms. Tetapi, ada beberapa hal yang membedakan untuk infeksi tenggorokan, yakni:

  • Terdapat bercak putih pada amandel atau tenggorokan belakang
  • Kelenjar getah bening membengkak (tepat di bawah daun telinga)
  • Terdapat bintik-bintik merah kecil di langit-langit mulut
  • Kesulitan menelan dan bernapas
  • Sakit kepala
  • Infeksi telinga
  • Ruam ekstrim atau biasa disebut Scarlet Fever
  • Demam rematik

Baca Juga: Radang Tenggorokan Pada Busui, Apakah Berpengaruh Pada Bayi?

Tanda dan gejala infeksi tenggorokan pada orang dewasa dan anak tidak berbeda. Radang tenggorokan tak butuh antibiotik, sedangkan infeksi tenggorokan justru harus segera ditangani dengan antibiotik.

Jika tidak, Moms atau Dads pun bisa dengan mudah menularkan penyakit ini pada orang lain.

Menurut dr. Allan, strep dapat menyebar dengan mudah dengan berbagi barang-barang pribadi dengan orang yang terinfeksi, kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, atau bahkan melalui udara dengan bersin atau batuk.

Infeksi tenggorokan bisa menyebar lewat kontak langsung, terutama kontak mulut seperti lendir.

Maka, orang yang terinfeksi perlu membatasi diri untuk tidak berbagi peralatan makan atau sikat gigi dengan orang yang sehat. Kontak fisik seperti berciuman pun harus dihindari.

Nah, Moms dan Dads itulah perbedaan radang tenggorokan dan infeksi tenggorokan. Jika memang merasa khawatir dan tidak tenang, jangan ragu untuk segera pergi memeriksakan diri ke dokter, ya.

Jangan tunda-tunda apalagi yang berhubungan dengan kesehatan. Semoga lekas sembuh!

(SR/ERW)

Artikel Terkait