KEHAMILAN
25 Desember 2019

Perdarahan saat Hamil, Normalkah?

Agar tidak khawatir, baca penjelasannya di bawah ini ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Perdarahan tidak melulu disebabkan oleh hal yang serius, tetapi sangat penting untuk memastikan dan mencari tahu penyebabnya terjadinya perdarahan, terutama ketika hamil.

Pada awal kehamilan, kita mungkin mengalami perdarahan ringan, yang disebut 'bercak', ketika janin menempel sendiri di dinding rahim. Ini juga dikenal sebagai 'perdarahan implantasi' dan sering terjadi sekitar waktu periode pertama setelah pembuahan.

Baca Juga: Perjuangan ketika Hamil Muda dengan Rahim Retro dan Mengalami Pendarahan

Umumkah Perdarahan di Awal Kehamilan?

pendarahan saat hamil

Foto: babycenter.com

Dilansir dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, perdarahan di awal kehamilan merupakan hal yang umum terjadi. Dalam banyak kasus, hal ini tidak menandakan masalah besar.Bahkan perdarahan di akhir kehamilan bisa lebih serius.

Perdarahan saat hamil di trimester pertama terjadi pada sekitar 15-25% wanita hamil. Perdarahan ringan atau bercak dapat terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan ketika sel telur yang dibuahi ditanamkan pada lapisan rahim.

Serviks mungkin lebih mudah berdarah selama kehamilan karena lebih banyak pembuluh darah berkembang di daerah tersebut. Tidak jarang ada bercak atau perdarahan ringan setelah melakukan hubungan seksual atau setelah tes Pap atau pemeriksaan panggul.

Penyebab Perdarahan di Akhir Kehamilan

pendarahan saat hamil

Foto: emedicinehealth.com

Masalah umum yang dapat menyebabkan perdarahan saat hamil di akhir kehamilan termasuk peradangan atau pertumbuhan pada serviks.

Perdarahan sata hamil berat adalah tanda yang lebih serius. Perdarahan hebat mungkin disebabkan oleh masalah dengan plasenta. Jumlah perdarahan apa pun juga bisa menandakan persalinan prematur.

Baca Juga: Catat, Begini Cara Membedakan Kram Perut Menstruasi dengan Tanda Awal Kehamilan

Jika Moms mengalami perdarahan di akhir kehamilan, segera hubungi dokter kandungan Moms atau segera pergi ke rumah sakit.

Apakah Perdarahan saat Hamil Tanda Kelahiran Prematur?

pendarahan saat hamil

Foto: newatlas.com

Di akhir kehamilan, perdarahan vagina mungkin merupakan tanda persalinan. Jika persalinan dimulai sebelum 37 minggu kehamilan, itu disebut persalinan prematur.

Tanda-tanda persalinan prematur lainnya meliputi:

  • Perubahan keputihan (menjadi berair, seperti lendir, atau berdarah) atau peningkatan jumlah keputihan
  • Tekanan perut atau perut bagian bawah
  • Sakit punggung konstan, rendah, kusam
  • Kejang perut ringan, dengan atau tanpa diare
  • Kontraksi teratur atau sering atau pengetatan uterus, sering tidak nyeri (empat kali setiap 20 menit atau delapan kali dalam satu jam selama lebih dari 1 jam)
  • Selaput yang pecah (air Anda pecah-entah gush atau tetesan)

Baca Juga: 9 Fakta Penyebab dan Risiko yang Terjadi Pada Bayi Prematur

Bagaimana persalinan prematur dikelola didasarkan pada apa yang dianggap terbaik untuk kesehatan kita dan kesehatan janin. Dalam beberapa kasus, obat-obatan dapat diberikan.

Ketika persalinan prematur terlalu jauh untuk dihentikan atau ada alasan bahwa bayi harus dilahirkan lebih awal, mungkin bayi memang harus segera diberikan.

Artikel Terkait