SELEBRITI
14 Oktober 2019

Perempuan Tanah Jahanam dan 6 Film Joko Anwar yang Wajib Ditonton

Joko Anwar juga kerap menjadi penulis naskah
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Orami

Film horor terbaru dari sutradara Joko Anwar yang berjudul "Perempuan Tanah Jahanam" rencananya akan dirilis pada 17 Oktober 2019 nanti.

Film ini diperankan oleh Tara Basro, Christine Hakim, Marissa Anita, Asmara Abigail, dan Ario Bayu.

"Perempuan Tanah Jahanam" telah mendapat banyak respon positif dari para kritikus film.

Joko Anwar telah aktif berkecimpung di industri film sejak tahun 2003. Tidak hanya menjadi sutradara, Joko juga terkadang terlibat sebagai penulis naskah dan aktor.

Selain Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar juga membuat film-film Indonesia yang tidak kalah menarik dan patut untuk ditonton.

Berikut rekomendasi film Joko Anwar yang patut untuk ditonton!

Baca Juga: Akui Sempat Menyesal Terjun ke Dunia Akting, 7 Rekomendasi Film Dian Sastro Ini Patut Ditonton!

1. Arisan! (2003)

film arisan.jpg

"Arisan" merupakan film yang cukup kontroversial kala itu. Film ini diperankan oleh Cut Mini, Tora Sudiro, Aida Nurmala, Surya Saputra, dan Rachel Maryam.

Film ini kontroversial, karena menceritakan Sakti (Tora Sudiro), arsitek sukses yang tidak yakin tentang seksualitasnya. Lalu, ia bertemu Nino (Surya Saputra) yang gay, dan Sakti menyadari bahwa ia lebih suka laki-laki.

Di film ini, Joko Anwar terlibat sebagai penulis naskah, bersama dengan Nia Dinata. Meski kontroversial, film ini dianggap sebagai salah satu film Indonesia terbaik yang pernah dibuat.

2. Janji Joni (2005)

janji joni.jpg

Film "Janji Joni" merupakan film drama komedi yang ditulis dan diarahkan oleh Joko Anwar, dirilis pada tahun 2005.

Film ini bercerita tentang Joni (Nicholas Saputra), seorang pengantar roll film yang tidak pernah telat mengantar roll film antar bioskop.

Suatu hari, ia bertemu dengan seorang wanita cantik (Mariana Renata) dan Joni menanyakan namanya.

Namun, perempuan itu hanya akan memberitahukannya kalau Joni dapat mengantarkan roll-roll film tepat waktu, hingga film yang ditonton tidak putus di tengan jalan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Komedi Romantis Untuk Mengisi Akhir Pekan

3. Kala (2007)

kala.jpg

Nama Joko Anwar semakin melambung ketika ia menyutradarai "Kala" yang dirilis pada 2007. Film ini adalah film Indonesia pertama dengan gaya noir.

Film Kala mengisahkan dua orang polisi yang menginvestigasi kasus pembakaran lima orang oleh massa karena kelima orang itu diteriaki maling.

Dari sini, mulai muncul cerita berlatar lain yang semakin mengungkapkan berbagai rahasia. Kala diperankan oleh Fachry Albar, Ario Bayu, Shanty, Fahrani.

4. Modus Anomali (2012)

modus anomali.jpg

Film "Modus Anomali" disutradarai oleh Joko Anwar, dan ditayangkan pada 26 April 2012.

Beberapa pemeran pada film ini termasuk Rio Dewanto, Hannah Al Rasyid, Izzati Amara, Surya Saputra, Sadha Triyudha, dan Marsha Timothy.

Modus Anomali menceritakan seorang pria yang sedang berlibur dengan istri dan kedua anaknya di sebuah kabin di hutan. Mereka dikejutkan dengan kedatangan tamu yang tak diundang.

Baca Juga: 4 Sutradara Terkenal Hollywood dan Ciri Khasnya

5. Pintu Terlarang (2009)

Pintu terlarang.jpg

"Pintu Terlarang" adalah film yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar, dirilis pada tahun 2009. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Sekar Ayu Asmara.

Film ini dibintangi oleh Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, dan Henidar Amroe.

Pintu Terlarang mengisahkan Gambir (Fachri Albar), seorang pematung yang sukses dengan kehidupan sempurna. Namun, dibalik semua itu, tersimpan rahasia gelap dalam diri Gambir.

6. Gundala (2019)

gundala.jpg

Film "Gundala" adalah film pahlawan super dengan gaya neo-noir yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar. Film ini dirilis pada 29 Agustus 2019.

Film ini berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969, Gundala, yang dibuat oleh Harya Suraminata.

Karakter utamanya yaitu Gundala, diperankan oleh aktor Abimana Aryasatya. Film ini akan menjadi awal dari Jagat Sinema Bumilangit (JSB).

Nah, itu dia Moms rekomendasi film Joko Anwar yang bisa menjadi tontonan menarik.

Artikel Terkait