DI ATAS 5 TAHUN
27 Februari 2019

Ternyata, Masak Bareng Efektif Mendekatkan Hubungan dengan Anak

Selama dalam pengawasan, mengajak anak ke dapur bisa mendekatkan hubungan Mama dan si kecil, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Agak susah dekat dengan anak? Mama mulai kebingungan bagaimana agar bisa akrab dengan si kecil? Mama bisa mengajaknya memasak. Kegiatan tersebut bisa mempererat hubungan antara ibu dan anak, lho!

Ibu memang memiliki kecenderungan untuk menjauhkan anak dari bahaya. Salah satunya dengan membatasi si kecil untuk mampir ke dapur. Namun, meski di dapur banyak peralatan yang membahayakan seperti pisau, sebaiknya Mama jangan melarangnya begitu saja. Justru dapur bisa jadi tempat terbaik untuk mengakrabkan diri dengan anak.

Baca juga: 5 Cara Mendekatkan Hubungan Mama dengan Anak Perempuan

Dalam tulisannya yang berjudul ‘What Are The Benefits of Cooking With Kids?’, Amanda Davis, seorang ahli nutrisi dan pelatih kebugaran di Amerika Serikat, menjelaskan bahwa dapur adalah 'laboratorium' untuk anak. Mama bisa memanfaatkan 'laboratorium' itu sebagai sarana untuk membangun ikatan lebih jauh dengan anak, lewat memasak bersama.

Salah satu yang bisa Mama lakukan adalah menyiapkan makanan bersama si kecil. Ini membantu ia dan Mama untuk belajar membagi waktu yang sangat berharga bersama-sama.

Selain itu, memasak bersama anak juga melatih si kecil untuk baik dalam berkomunikasi. Sambil memasak, Mama bisa mengajaknya ngobrol tentang apa saja. Misalnya, tentang kehidupannya di sekolah, hubungan dengan teman, atau meluapkan apa yang dirasakannya selama ini. Tentu saja, ini sangat membantu anak mengekspresikan dirinya.

Bukan hanya itu, si kecil juga bisa belajar melatih sensor motoriknya dengan memasak bersama. Mama bisa minta bantuan anak untuk mengoles selai di atas roti, mencuci sayuran, atau menumbuk bumbu. Tentu, ini akan sangat menyenangkan! Mama perlu belajar membebaskan gerak si kecil agar dia bisa berekspresi namun tetap dalam pengawasan.

Kreativitas anak bisa hadir dari dapur, lho! Misalnya, saat momen hari raya, Mama bisa mengajaknya untuk membuat kue bersama. Berikan dia cetakan kue dengan aneka bentuk. Bisa bintang, bulat, bunga, atau tokoh-tokoh kartun kesukaannya.

Disadari atau tidak, kegiatan tersebut akan melekat dalam memori anak yang akan diingatnya seumur hidup. Mamapun punya kenangan baik saat memasak bersama orang tua saat masih kecil, kan? Tidak ada salahnya membentuk memori yang sama dengan si kecil.

(ICA)

Artikel Terkait