PROGRAM HAMIL
30 September 2019

Perhatikan, 4 Rutinitas Kecantikan Ini Perlu Diubah Sebelum Hamil

Beberapa kandungan dalam produk kecantikan, tidak aman diaplikasikan sebelum dan saat hamil.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak hanya saat sedang hamil, ada beberapa rutinitas kecantikan yang sebaiknya dihindari oleh Moms yang sedang merencanakan kehamilan.

Itu karena ada beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang bisa berbahaya bagi calon bayi atau tidak sepenuhnya aman untuk diaplikasikan pada ibu hamil.

Berikut ini beberapa rutinitas kecantikan yang perlu Moms perhatikan saat sedang merencanakan kehamilan.

1. Cek Kulit

1 Cek Kulit.jpg

Foto: rd.com

Tahi lalat dapat berubah menjadi lebih gelap dan bertambah besar saat sedang hamil.

Ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter kulit untuk melihat kemungkinan tahi lalat mencurigakan yang Moms miliki berpotensi menjadi kanker kulit melanoma.

Dikutip dari parents.com, sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang didiagnosis melanoma ganas selama kehamilan atau dalam waktu satu tahun setelah melahirkan, lima kali lebih mungkin menyebabkan kematian dan tujuh kali lebih mungkin kanker menyebar ke bagian tubuh lain.

Mesti tidak diketahui pasti penyebabnya, namun para peneliti melihat kemungkinan perubahan hormonal, seperti peningkatan estrogen yang dapat memicu keganasan kanker.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

2. Selamat Tinggal Retinoid

2 Selamat Tinggal Retinoid.jpg

Foto: blog.reneerouleau.com

Sebagian besar rutinitas kecantikan yang berhubungan dengan anti penuaan pasti memasukkan retinoid sebagai kandungannya.

Namun saat ingin menjalankan program hamil, ada baiknya berhenti memasukkan retinoid ke dalam rutinitas kecantikan Moms.

“Pastikan untuk berhenti menggunakan segala jenis retinoid: resep Retin-A, Differin, atau Tazorac, dan retinol yang dijual bebas,” ungkap dokter kulit Karyn Grossman dari Grossman Dermatology, Los Angeles dan New York City, seperti dikutip dari parents.com.

Meskipun hanya sejumlah kecil retinoid yang terserap ke dalam kulit, namun retinoid topikal dapat berbahaya bagi janin.

Berdasarkan studi di tahun 2011, asam retinoid tretinoin dihubungkan dengan cacat lahir pada bayi.

Bagi Moms yang tetap ingin memasukkan anti penuaan dalam rutinitas kecantikan, dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan penggunaan seru antioksidan setiap hari atau penggunaan kandungan anti penuaan lainnya yang lebih aman bagi Moms yang sedang menjalankan program hamil atau sedang hamil.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

3. Kandungan Anti Jerawat

3 Kandungan Anti Jerawat.jpg

Foto: allure.com

Hydroxy acids dan benzoyl peroxide merupakan bagian dari rutinitas kecantikan bagi wanita yang ingin mencegah jerawat, membersihkan pori-pori dan eksfoliasi kulit mati.

Namun kandungan ini tidak direkomendasikan bagi kulit yang sangat sensitif, termasuk Moms yang akan hamil atau sedang hamil.

Karena biasanya kehamilan akan membuat segala sesuatunya menjadi lebih sensitif, termasuk juga jika memasukkan asam salisilat dalam rutinitas kecantikan.

"Asam salisilat adalah beta hydroxy acid (BHA) paling umum yang biasa ditemui dalam daftar kandungan bahan dan satu-satunya BHA yang telah diteliti pada Ibu hamil,” ungkap pendiri dan CEO Blu Skin Care, Zondra Wilson, seperti dikutip dari dermstore.com.

Tingginya kandungan bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan cacar lahir dan berbagai komplikasi kehamilan.

Baca Juga: 4 Tips Perawatan Wajah Kulit Berminyak Saat Liburan

4. Gunakan Sunblock

4 Gunakan Sunblock.jpg

Foto: rd.com

Tabir surya tentu tetap penting untuk dioleskan setiap hari, baik saat menjalani program hamil atau sedang hamil.

Karena tabir surya bermanfaat mencegah paparan sinar ultraviolet yang dapat memicu dan memperburuk melasma.

Moms bisa menggunakan sunblock dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide, serta pastikan untuk memiliki SPF 50 saat memasukkan sunblock ke dalam rutinitas kecantikan.

Aplikasikan ulang sunblock setiap dua jam jika Moms sedang beraktivitas di bawah sinar matahari langsung dan gunakan topi untuk menambah perlindungan dari sinar matahari.

Itulah beberapa rutinitas kecantikan yang perlu Moms perhatikan ulang agar program hamil dapat lebih aman bagi calon bayi.

(GS)

Artikel Terkait